OPTIMALISASI PEMERIKSAAN KAPAL DOCKING OLEH MARINE INSPECTOR GUNA MEMINIMALISIR TERJADINYA KECELAKAAN KAPAL DI WILAYAH KSOP KELAS I BANTEN

NURUL, FITRI SUSANTY (2020) OPTIMALISASI PEMERIKSAAN KAPAL DOCKING OLEH MARINE INSPECTOR GUNA MEMINIMALISIR TERJADINYA KECELAKAAN KAPAL DI WILAYAH KSOP KELAS I BANTEN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611306212K_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611306267K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611306212K_SKRIPSI_OPEN-ACCESS)
531611306267K_SKRIPSI_OPEN-ACCESS.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Nurul Fitri Susanty, 2020, NIT : 531611306212 K : “Optimalisasi Pemeriksaan Kapal Docking Oleh Marine Inspector Guna Meminimalisir Terjadinya Kecelakaan Kapal Di Wilayah KSOP Kelas I Banten”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : R.A.J Susilo Hadi Wibowo, S.IP., M.M., Pembimbing II : Tony Santiko, S.ST., M.Si., M.Mar.E Kantor KSOP Kelas I Banten hadir sebagai regulator di Pelabuhan Banten yang bernaung pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) setingkat eselon II, untuk menjamin terselenggaranya kegiatan kepelabuhanan dan keselamatan pelayaran. Perkembangan angkutan laut dalam negeri cukup pesat yang ditandai dengan banyaknya permohonan dalam rangka sertifikasi kapal. Sebagaimana kita ketahui bahwa tuntutan para peyedia jasa angkutan laut berkembang dengan pesat pada tahun-tahun terakhir ini sehingga pemerintah perlu meningkatkan pelayanan dalam pemeriksaan kapal guna menjamin keselamatan kapal. Kecelakaan kapal terjadi lagi di perairan Indonesia melibatkan KMP Windu Karsa Dwitya dan KMP Virgo 18 di penyeberangan Merak-Bakaheuni. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pemeriksaan kapal yang benar dan sesuai prosedur dan mengetahui dampak jika pemeriksaan kapal oleh Marine Inspector di KSOP Kelas I Banten tidak optimal. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menjabarkan tentang teori-teori yang digunakan dalam pembuatan laporan penelitian dan sebagai landasan untuk memecahkan masalah yang ada dalam proses penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dalam hal ini penulis mengumpulkan data menggunakan beberapa metode pengumpulan data antara lain Observasi, Research Gap, Wawancara, Studi Dokumentasi dan Studi Pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan masalah mengenai prosedur pemeriksaan kapal yang benar dan sesuai prosedur yaitu sesuai dengan buku saku pemeriksaan kapal dan buku pedoman teknis keselamatan transportasi laut yang disahkan Direktorat Jendral Perhubungan Laut dan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan. Dampak yang dapat terjadi jika pemeriksaan kapal docking tidak optimal yaitu kapal bisa mengalami kecelakaan. Karena pemeriksaan sangat berpengaruh pada pemenuhan kelaiklautan kapal yang sedang docking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pemeriksaan, Docking, Marine Inspector
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2020 06:51
Last Modified: 05 Nov 2020 06:51
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item