ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENYANDARAN KAPAL ASING YANG DIAGENI OLEH PT. ADI BAHARI NUANSA DI PELABUHAN BANTEN

DIMAS, AHMAD (2020) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENYANDARAN KAPAL ASING YANG DIAGENI OLEH PT. ADI BAHARI NUANSA DI PELABUHAN BANTEN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Text (531611306252K_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611306252K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611306252K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611306252K_SKRIPSI_OPENACCES.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Dimas Ahmad Alimuddin, 2020, NIT: 531611306252 K, “Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyandaran Kapal Asing Yang Diageni Oleh PT. Adi Bahari Nuansa di Pelabuhan Banten”. Skripsi, Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Okvita Wahyuni, S.ST., M.M., Pembimbing II: Abdi Seno, M.Si., M.Mar.E PT. Adi Bahari Nuansa bertanggung jawab dalam mengatur proses kegiatan kapal sandar menjadi lancar dan tepat waktu dalam proses kegiatan operasional di pelabuhan. Dalam penyampaian informasi menjadi penting serta pengaturan dalam kegiatan penyandaraan yang baik dan sesuai jasa keagenan yang telah ditawarkan perusahaan terhadap aturan SOP penyandaran kapal asing di pelabuhan Banten harus sesuai guna menjamin kelancaran penyandaran tersebut, akan tetapi pada kenyataannya di lapangan semua hal yang berkaitan dengan penyandaran kapal khususnya kapal asing terkadang tidak sesuai aturan yang menyebabkan terlambatnya kegiatan penyandaran dan membuat kegiatan selanjutnya terhambat dan tertunda. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor apa saja yang disebabkan oleh beberapa permasalahan yang ada serta dampak yang ditimbulkan dari faktor tersebut dan upaya apa yang dilakukan guna meminimalisir dan mengantisipasi adanya keterlambatan penyandaran kapal. Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik analisa pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan saat penulis melakukan praktek saat 25 Maret 2019 sampai 16 Agustus 2019 di PT. Adi Bahari Nuansa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak agen mengurusi segala kegiatan berkaitan jasa keagenan yang dimulai dari kapal sebelum sandar, kapal ketika sandar, hingga kapal keluar dari area pelabuhan. Ada beberapa permasalahan faktor penyebab keterlambatan salah satunya karena faktor non teknis seperti trouble engine kapal dan keadaan cuaca berpengaruh dalam proses penyandaran kapal asing, faktor lainnya juga dapat disebabkan oleh kesalahan atau kurang lengkapnya penyampaian informasi oleh pihak principal maupun pihak kapal sebelum kegiatan sandar di pelabuhan tujuan. Hal ini berdampak langsung pada pergantian jadwal dan tempat sandar kapal sehingga Estimate Time Arrival mengalami perubahan, serta terhambatnya kegiatan selanjutnya seperti bongkar muat menjadi tertunda tidak sesuai jadwal. Selaku pihak agen atau pihak kapal tidak bisa terkena klaim dari consignee, dikarenakan faktor tersebut disebabkan kehendak alam (Act of God) dan kejadian yang tidak dapat diprediksi kapan terjadinya. Upaya pengoptimalan penanganan oleh agen dengan mengajukan permohonan langsung ke pihak KSOP secepatnya dan mendiskusikan kepada pihak pilot pandu terkait adanya cuaca buruk terkait kegiatan penyandaran guna permasalahan tersebut segera diatasi oleh pihak terkait dan kegiatan kapal kembali berjalan normal walaupun dalam jangka waktu yang tidak sama dengan jadwal. ABSTRACT Dimas Ahmad Alimuddin, 2020, NIT: 531611306252 K, " Analysis of Factor Causes for Delay of Foreign Ships Berthing Process on PT. Adi Bahari Nuansa agency service’s at Banten Port ". Mini Thesis of Port And Shipping Department, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine of Polytechnic, 1 th Advisor : Okvita Wahyuni, S.ST., M.M., 2 nd Supervisor : Abdi Seno, M.Si., M.Mar.E PT. Adi Bahari Nuansa is responsible for manage the process of ship berthing activities to be fluent and on time for operational activities at the Port of Banten. In the case of information delivery that’s important, and the arrangements in ship berthing activities must be suitable with agency services which have been offered by the company, refer to the SOP rules for foreign ship berthing in the port of Banten it’s must be suitable in order to guarantee the fluency of the ship berthing activities, but in reality on the field, all matters to relate the ship berthing especially foreign ships, sometimes do not compatible with the rules which causes delay in ship berthing activities and makes further activities obstructed and delayed. The purpose of this research is to find out what are the factor causes of some the existing problems and what are the impacts of these factors and what efforts are made to minimize and anticipate any delays in ship berthing activities. The writing of this thesis uses a descriptive research method with a qualitative approach, in accordance with data collection analysis techniques based on observation, interview and documentation in the field when the authors has practice of Land Project from March 25th , 2019 to August 16th , 2019 at PT. Adi Bahari Nuansa. The results that’s representative the agent has perform all activities related to agency services starting from the ship before berthing, the ship when berthing at the Port, until the ship leaves the Port area. There are several problems that factor cause ship berthing delays, one of which is due to nontechnical factors such as ship trouble engine and because weather conditions that affect to foreign ship berthing, other factors can also be caused by fault or incomplete delivery of information by the principal or the ship crew previous to berthing activities at the port of destination. This has a direct impact on changing schedule and berth of ship so that the Estimate Time Arrival (ETA) must be change, and further activities such as loading and unloading being delayed and do not match on schedule. As the agent or the ship can not be affected by claims from the consignee, because these factors are caused by the will of nature (Act of God) and these events can not be predicted when they occur. Handling optimization efforts by the agency to apply directly to the KSOP immediately and discuss with the problem on the field related to the pilot about bad weather before actualize foreign ship berthing activities related to these problems be solved by the parties concerned and the ship returned to normal activity again

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penyandaran, kapal asing, keterlambatan, agen Keywords: Berthing, foreign ship, delay, agent
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2020 03:02
Last Modified: 29 Sep 2020 03:02
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2616

Actions (login required)

View Item View Item