OPTIMALISASI KEGIATAN PEMANDUAN TERHADAP KELUARNYA KAPAL SETELAH DOCK DI PT. JANATA MARINA INDAH

ASTUTI, EVA (2020) OPTIMALISASI KEGIATAN PEMANDUAN TERHADAP KELUARNYA KAPAL SETELAH DOCK DI PT. JANATA MARINA INDAH. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611306203K_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611306203K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611306203K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611306203K_SKRIPSI_OPENACCES.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Astuti, Eva Fitri, NIT: 531611306203.K, 2020. “Optimalisasi Kegiatan Pemanduan Terhadap Keluarnya Kapal Setelah DockDi PT. Janata Marina Indah”. Skripsi. Program Diploma IV , Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhananan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembiming I: Sri Suyanti, S.S., MM. pembimbing II: Capt. Eko Murdiyanto, M.Pd, M.Mar. Tidak ditetapkannya bea dan halangan non-bea pada proses ekspor-impor barang antar negara ASEAN membuat meningkatnya arus keluar masuk barang sehingga sumber daya manusia dan sarana prasarana penunjang kelancaran perkembangan ekonomi sangat dibutuhkan. Kapal laut merupakan sarana angkutan laut yang penting untuk memajukan perdagangan dari dalam dan luar negeri suatu Negara. Dalam memenuhi kebutuhan armada pelayaran maka kapal harus dalam kondisi baik laut dan layak untuk berlayar jauh. Untuk itu dibutuhkan perawatan dan perbaikan yang dilakukan secara berkelanjutan. Salah satu kegiatan dipelabuhan yang harus didukung dengan sumber daya manusia yang ahli dan berketerampilan khusus adalah kegiatan pemanduan kapal. kegiatan pemanduan ini disuatu alur pelayaran merupakan suatu upaya mewujudkan suatu keselamatan pelayaran dan perlindungan laut. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor penghambat dalam kegiatan kepanduan terhadap kelancaran keluarnya kapal setelah dock di PT. Janata Marina Indah serta Untuk mengetahui faktor penghambat dalam kegiatan kepanduan terhadap kelancaran keluarnya kapal setelah dock di PT. Janata Marina Indah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah riset lapangan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa yamg digunakan merupakan reduksi data. Hasil penelitian yang didapatkan ada beberapa dampak yang yang ditimbulkan akibat keterlambatan keluar masuk kapal di area docking PT. Janata Marina Indah antara lain adalah menghambat kinerja operasional di perusahaan untuk melakukan perbaikan maupun perawatan kapal, mesin kapal yang mengalami trouble setelah perbaikan dan perawatan kapal salah satu hambatan dalam kelancaran kegiatan kepanduan. ABSTRACT Astuti, Eva Fitri, NIT: 531611306203.K, 2020. “Optimization of the Guide to ship exit after Dock at PT. Janata Marina Indah. Skripsi. Thesis. Diploma IV Program, Port and Shipping Program, Semarang Merchant Marine Polytechnic. Advisor I: Sri Suyanti, S.S., MM. Advisor II: Capt. Eko Murdiyanto, M.Pd, M.Mar Not to be set up of non-customs duties and barriers on the export-import of goods between ASEAN countries makes an increase in the outflow of goods so that human resources and infrastructure support the smooth development of the economy is needed. Marine vessels are an important means of sea transportation to advance trade from the domestic and foreign countries. In fulfilling the needs of the fleet cruise then the vessel must be in good condition of the sea and worth to sail away. Therefore, maintenance and repairs are needed. One of the inperson activities that must be supported with skilled human resources and special skills is the ship's driving activity. This driving activity in a line of shipping is an effort to create a safety of shipping and marine protection. The purpose of this research is to know the inhibiting factor in the activity of guidance on the smooth discharge of the ship after the dock at PT. Janata Marina Indah and to find out the inhibitory factor in the activities of guidance on the smooth discharge of the vessel after the dock in PT. Janata Marina Indah. The research method used is qualitative descriptive. The data collection techniques used are field research, observation, interviews, and documentation. The technique of analysis is used as data reduction. The results of the research obtained there are some impacts caused by the delay of the entrance of the ship in the docking area of PT. Janata Marina Indah Among others is impeding operational performance in the company to perform repair and maintenance of vessel, vessel engine that suffered trouble after repair and maintenance of one of the obstacles in the smooth guidance activities.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemanduan; Dock; Perawatan; Kapal Keywords: scouting; Dock, Maintenance Ship
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2020 01:06
Last Modified: 29 Sep 2020 01:06
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2608

Actions (login required)

View Item View Item