Pengaruh Menurunnya Performa Turbocharger Pada Main Engine di MV. KT 06

KRISNANDA, IMAWAN (2020) Pengaruh Menurunnya Performa Turbocharger Pada Main Engine di MV. KT 06. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155744T_PROSIDING_FULLTEXT)
52155744T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Intisari- Turbocharger adalah pesawat induksi paksa yang digerakkan oleh turbin untuk meningkatkan efisiensi dan keluaran daya mesin pembakaran dalam dengan memaksa udara lebih ke dalam ruang bakar. Peningkatan atas keluaran daya mesin yang disedot secara alami ini disebabkan oleh kenyataan bahwa kompresor dapat memaksa lebih banyak udara dan secara proporsional lebih banyak bahan bakar ke dalam ruang bakar daripada tekanan atmosfer saja. Penurunan kinerja turbocharger pada mesin utama menyebabkan gangguan pada proses produksi uap di kapal. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitaf dengan menggunakan pendekatan SHEL untuk mempermudah analisis data. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperkuat dalam analisis data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab menurunnya performa turbocharger pada main engine, dampak yang ditimbulkan dari menurunnya performa turbocharger pada main engine dan upaya yang dilakukan untuk mencegah faktor penyebab turunnya performa turbocharger pada main engine di MV.KT 06. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab menurunnya performa turbocharger pada main engine di MV.KT 06 adalah, turbine blade yang sudah aus disebabkan jam kerja yang melebihi ketentuan dan tidak adanya perawatan pada komponen; kotornya saringan udara turbocharger; tingginya suhu udara disekitar turbocharger .Dampak yang ditimbulkan adalah, tidak maksimalnya putaran rpm turbocharger; tekanan udara scavenging air trunk rendah; proses pembakaran di silinder tidak sempurna. Untuk mencegah faktor-faktor penyebab menurunnya performa turbocharger pada main engine, upaya yang harus dilakukan adalah dengan, menganti turbine blade dengan yang baru , melakukan pembersihan filter udara secara berkala, menganti mur dan baut pada penutup exhaust manifold yang menyebabkan bocornya gas buang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Turbocharger, turbine blade, aus, SHEL
Subjects: Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2020 00:49
Last Modified: 23 Sep 2020 00:49
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item View Item