ANALISA MENURUNNYA PERFORMA TURBOCHARGER PADA MAIN ENGINE DI MV. KT 06

IMAWAN, IMAWAN (2020) ANALISA MENURUNNYA PERFORMA TURBOCHARGER PADA MAIN ENGINE DI MV. KT 06. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155755T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155744T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155744T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155744T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Krisnanda Imawan, 2020, NIT : 52155744.T, “Analisa Menurunnya Prforma Turbocharger pada Main Engine di MV.KT 06 ”, skripsi Program Studi Teknika, Progran Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Abdi Seno, M.Sc., M.Mar.E dan Pembimbing II: R.A.J Susilo Hadi Wibowo, S.IP.,M.M. Turbocharger adalah pesawat induksi paksa yang digerakkan oleh turbin untuk meningkatkan efisiensi dan keluaran daya mesin pembakaran dalam dengan memaksa udara lebih ke dalam ruang bakar. Peningkatan atas keluaran daya mesin yang disedot secara alami ini disebabkan oleh kenyataan bahwa kompresor dapat memaksa lebih banyak udara dan secara proporsional lebih banyak bahan bakar ke dalam ruang bakar daripada tekanan atmosfer saja. Penurunan kinerja turbocharger pada mesin utama menyebabkan gangguan pada proses produksi uap di kapal. Jenis metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitaf dengan menggunakan pendekatan SHEL untuk mempermudah dalam teknik analisis data. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperkuat dalam analisis data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab menurunnya performa turbocharger pada main engine, dampak yang ditimbulkan dari menurunnya performa turbocharger pada main engine dan upaya yang dilakukan untuk mencegah faktor penyebab turunnya performa turbocharger pada main engine di MV.KT 06. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab menurunnya performa turbocharger pada main engine di MV.KT 06 adalah, turbine blade yang sudah aus disebabkan jam kerja yang melebihi ketentuan dan tidak adanya perawatan pada komponen; kotornya saringan udara turbocharger; tingginya suhu udara disekitar turbocharger .Dampak yang ditimbulkan adalah, tidak maksimalnya putaran rpm turbocharger; tekanan udara scavenging air trunk rendah; proses pembakaran di silinder tidak sempurna. Untuk mencegah faktor-faktor penyebab menurunnya performa turbocharger pada main engine, upaya yang harus dilakukan adalah dengan, menganti turbine blade dengan yang baru , melakukan pembersihan filter udara secara berkala, menganti mur dan baut pada penutup exhaust manifold yang menyebabkan bocornya gas buang ABSTRACT Krisnanda Imawan, 2020, NIT: 52155744.T, " Analysis of decrease the turbocharger performance on the main engine in MV.KT 06", Thesis Study Program, Diploma IV Program, Semarang Shipping Science Polytechnic, Advisor I: Abdi Seno, M.Sc., M.Mar.E. and Advisor II: R.A.J Susilo Hadi Wibowo, S.IP.,M.M. Turbocharger is a turbine-driven forced induction device that increases an internal combustion engine’s efficiency and power output by forcing extra air into the combustion chamber. This improvement over a naturally aspirated engine’s power output is due to the fact that the compressor can force more air—and proportionately more fuel—into the combustion chamber than atmospheric pressure alone.. The decrease the turbocharger performance on the main engine caused a disruption in the steam production process on the ship. The type of research method that the author uses in the preparation of this thesis is descriptive qualitative using a SHEL approach to simplify data analysis techniques. The author also uses data collection methods that the author does is by way of observation, documentation and interviews to strengthen the data analysis. The purpose of this study was to find out the causes of decrease the turbocharger performance on the main engine , the impact of the decrease factors on the turbocharger on the main engine and efforts were made to prevent the decrease factor on the turbocharger performance on the main engine in MV. KT 06. Based on the results of the author's research, it can be concluded that the decrease factor on the turbocharger performance on the main engine in MV. KT 06 is, the turbine blade wear which can be caused by over running hours the component or no measurement for the component, dirty of air filter turbocharger, too high air temperature around turbocharger . The impact is , no maximum turbocharger rpm, low air pressure on scavenging air trunk, combustion process on cylinder not perfect. To prevent the economic factors causing decrease performance to be done is, replace the turbine blades, clean the air filter, renew the nuts and bolts of cover exhaust manifold that caused the gas leakage.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Turbocharger, turbine blade, aus, SHEL. Keywords: Turbocharger, turbine blades, worn out, SHEL.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2020 00:49
Last Modified: 23 Sep 2020 00:49
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2590

Actions (login required)

View Item View Item