ANALISIS PENYEBAB TERCAMPURYA MINYAK LUMAS DENGAN BAHAN BAKAR PADA KARTER MESIN DISEL GENERATOR DI MV. KT02

AGUNG, HERMAWAN (2020) ANALISIS PENYEBAB TERCAMPURYA MINYAK LUMAS DENGAN BAHAN BAKAR PADA KARTER MESIN DISEL GENERATOR DI MV. KT02. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155792T_SKRIPSI_FULLTEXT)
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155792T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
OPEN ACCES.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Agung Hermawan, 2020, NIT : 52155792 T, “Analisis Penyebab Tercampurnya Minyak Lumas Dengan Bahan Bakar Pada Karter Mesin Diesel Generator di MV. KT02”, skripsi Program Studi Teknika, Progran Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dwi Prasetyo, M.M, M.Mar.E. dan Pembimbing II: Irma Shinta Dewi. M.Pd. Mesin Diesel generator berperan pneting di atas kapal untuk menghasilkan energy listrik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1)Apakah yang faktor yang menyebabkan tercampurnya minyak lumas dengan bahan bakar pada karter mesin Diesel Generator,2)Apakah dampak dari tercampurnya minyak lumas dengan bahan bakar pada kerter mesin Diesel Generator?, 3)Upaya apakah untuk mencegah tercampurnya minyak lumas dengan bahan bakar pada karter mesin Diesel Generator?. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan Fishbone dan SHEL untuk mempermudah dalam teknik analisis data. Penulis juga menggunakan metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara untuk memperkuat dalam analisis data dan pembahasan. Hasil penelitian ini adalah faktor penyebab tercampurnya minyak lumas dengan bahan bakar pada karter mesin disel generator di MV. KT02 adalah pengecekan 1)Ring Piston yang tidak terlaksana sesuai PMS, 2)pengecekan Cylinder Liner yang tidak terlaksana sesuai PMS, 3)Ring Piston dan Cylinder Liner aus, 4)Injector Nozzle Over Size, 5)minyak lumas kotor, 6)bahan bakar kotor, 7)Kurangnya pemahaman masinis tentang perawatan mesin Diesel Generator, 8)Kurangnya Control dari perusahaan, 9)Ring Piston yang digunakan bekas. Dampak yang ditimbulkan adalah 1)Kondisi Ring Piston tidak sesuai Manual Book, 2)Liner yang digunakan telah Oversize, 3)Lolosnya kompresi ke karter 4)Kegagalan pengabutan bahan bakar, 5)Pelumasan tidak sempurna, 6)Injector Nozzle kotor, 7)Tidak optimalnya perawatan mesin Diesel Generator, 8)Terlambatnya Suplly Spare Part mesin Diesel Generator, 9)Kinerja Ring Piston tidak maksimal. Upaya mencegah faktor penyebab tercampurnya minyak lumas dengan bahan bakar pada karter mesin Diesel Generator yang harus dilakukan adalah 1)Mengganti Ring Piston dengan yang baru, 2)mengganti Liner dengan yang baru, 3)Mengganti Injector Nozzle dengan yang baru 4)Membersihkan/mengganti minyak lumas, 5)Membersihkan bahan bakar dengan FO Purifier, 6)Mempelajari/memahami Manual Book, 7)Pihak perusahaan melaksanakan pengecekan rutin Untuk menghindari faktor-faktor penyebab tercampurnya minyak lumas dengan bahan bakar perlu dilakukan perawatan dan penggantian secara rutin agar mesin Diesel Generator selalu dalam kondisi normal. Hendaknya sebelum melakukan perawatan dan perbaikan dalam masalah tercampurnya minyak lumas dengan bahan bakar pada karter mesin Diesel Generator harus mempelajari dan memahami yang ada pada Manual Book ABSTRACT Agung Hermawan, 2020, NIT : 52155792 T, “Analysis of the causes of mixed lubricant oil with fuel oil in crankcase diesel engine Generator in MV. KT02”, technical study program essay, diploma IV program, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Mentor I : Dwi Prasetyo, M.M, M.Mar.E. Mentor II: Irma Shinta Dewi. M.Pd. On every ship to support the operational smoothness required the existence of a Diesel Generator engine. With the existence of a Diesel Generator engine can generate electricity and is needed on board. The formulation of the problem in this study are (1) what are the factors that cause mixing of lubricating oil with fuel in the Diesel Generator engine crankcase, (2) what is the impact of damage from mixing of lubricating oil with fuel on the Diesel Generator engine kerter ?, (3) efforts whether to prevent mixing of lubricating oil with fuel in the Diesel Generator engine crankcase ?. The research method used is descriptive qualitative using Fishbone Analysis and SHEL approaches to facilitate data analysis techniques. The author also uses data collection methods that the author does is by observation, documentation and interviews to strengthen the data analysis and discussion. The results of this study are factors that cause the mixing of lubricating oil with fuel in the diesel engine crankcase in MV. KT02 is checking 1) Piston Ring not implemented according to PMS, 2) Cylinder Liner checking that is not implemented according to PMS, 3) Piston Ring and Wear Cylinder Liner, 4) Injector Nozzle over size, 5) Dirty lubricating oil, 6) Fuel oil dirty, 7) Lack of machinist understanding about Diesel Generator engine maintenance, 8) Lack of Control from the company, 9) Used Piston Ring used. The impact is 1) Piston Ring Conditions not in accordance with the Manual Book, 2) The liner used has been oversized, 3) The passage of compression to the crankcase 4) Failure of fuel ignition, 5) Lubrication is not perfect, 6) Dirty injector nozzle, 7) Not optimal maintenance of Diesel Generator engines, 8) Late Supply of Diesel Generator Engine Parts, 9) Piston Ring Performance is not optimal. Efforts to prevent the causes of mixing of lubricating oil with fuel in the Diesel Generator engine crankcase must be done are 1) replacing the Piston Ring with a new one, 2) replacing the Liner with a new one, 3) Replacing the Injector Nozzle with a new 4) Cleaning or replacing oil lumas, 5) cleaning fuel with FO Purifier, 6) Studying / understanding the Manual Book, 7) The company carries out routine checks. To avoid the factors that cause mixing of lubricating oil with fuel, maintenance and replacement must be carried out continuously so that the Diesel Generator motor is always in normal conditions. Before conducting maintenance and repair, in the case of mixing lubricating oil with fuel in the Diesel Generator engine crankcase, you must study and understand what is in the Manual Book..

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Diesel Generator, Minyak Lumas, Fishbone, SHEL. Keywords: Diesel Generator, Lubricating Oil, Fishbone, SHELL.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2020 00:46
Last Modified: 23 Sep 2020 00:46
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item