ARIPIN, ARIPIN (2020) Penyebab masuknya air pendingin ke dalam ruang pembakaran mesin induk di kapal MV. Spil Hana. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (52155822T_PROSIDING_FULLTEXT)
52155822T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
Abstract
Abstraksi, Mesin induk merupakan mesin penggerak utama di kapal yang menjadi penggerak/pendorong kapal supaya kapal dapat berjalan maju atau mundur sesuai pengoperasian. Masuknya air pendingin ke dalam ruang bakar mempengaruhi kinerja mesin induk. Permasalahan tersebut diketahui saat akan melakukan test engine sebelum kapal melakukan manouver, mesin induk di blow up dan keluar air pendingin dari indicator valve silinder no. 3 mesin induk. Penelitian dilakukan dengan merangkum permasalahanpermasalahan dan mencoba mengidentifikasi masalah dengan menggunakan metode SHEL (Softwere, Hardwere, Environment, Livewere) dan menggunakan metode FISHNONE. Dari penelitian ini, penyebab utama masuknya air pendingin ke dalam ruang pembakaran silinder no 3 di MT. Medelin West adalah keretakan dinding cylinder head, karena perawatan yang tidak sesuai dengan PMS dan kelelahan bahan cylinder head tersebut. Keretakan cylinder head sangat mempengaruhi kinerja dari mesin induk. Untuk menangani masalah tersebut berdasarkan penelitian dapat dilakukan upaya perawatan secara rutin dan penggantian spare part sesuai dengan PMS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Cylinder Head, PMS, Kinerja Mesin Induk. |
Subjects: | Prosiding > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 09:23 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 09:23 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2570 |
Actions (login required)
View Item |