IDENTIFIKASI KERUSAKAN DIRECTIONAL VALVE PADA STEERING GEAR DI KM. PEKAN FAJAR

BUKIT, RAMADHAN (2020) IDENTIFIKASI KERUSAKAN DIRECTIONAL VALVE PADA STEERING GEAR DI KM. PEKAN FAJAR. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155763T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155763T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155763T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155763T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Bukit Ramadhan, 52155763.T, 2020,”Identifikasi Kerusakan Directional Valve Pada Hydraulic Steering Gear Di KM. Pekan Fajar”, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing (1): Febria Surjaman, M.T dan Pembimbing (2): Budi Joko Raharjo, M.M., M.Mar.E. Dalam mesin electro-hydraulic steering gear terdapat komponen-komponen penting yang dapat mempengaruhi sistem kerja olah gerak kemudi kapal, terutama directional valve yang berfungsi sebagai pengalihan atau pengatur tekanan oli hidrolik, yang mengakibatkan oli hidrolik dapat menekan plunyer dalam hydraulic cylinder yang menimbulkan efek rudder blades dapat bergerak ke kanan dan ke kiri. Peran directional valve sangatlah penting dalam steering gear, bila terjadi gangguan pada komponen tersebut, akan mengakibatkan gangguan juga pada saat membelokkan daun kemudi. Kita mengetahui bahwa peran penting permesinan bantu sangatlah dibutuhkan di atas kapal, dimana untuk mengidentifikasi bahwa permesinan tersebut selalu bekerja secara optimal kita selalu melakukan perawatan dan pengecekan pada seluruh permesinan secara periodik serta meningkatkan kinerja dari permesinan tersebut harus tetap terjaga sesuai dengan instruction manual book di KM. Pekan Fajar. Dalam skripsi ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode Fishbone dan SHEL. Dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian mengambil sampel/data dan data-data direduksi untuk kemudian disusun secara terpadu dan mudah dipahami, lalu penulis menarik kesimpulan dari berbagai temuan data yang akan menjadi jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyebab terjadinya kerusakan directional valve pada hydraulic steering gear di KM. Pekan Fajar adalah diantaranya spring sebagai pendorong spool grove dan sebagai penyetabil pergerakan tidak dapat bekerja dengan baik karena kerusakan pada bahan tersebut yang menyebabkan spring tidak dapat melakukan gaya pegas. Cara mengantisipasi agar tidak kerusakan directional valve adalah melakukan perawatan pada mesin sesuai prosedur instruction manual book, memastikan adanya spare part di atas kapal agar perbaikan dapat dilakukan dengan cepat apabila terjadi kerusakan. Cara menangani jika terjadi steering failure adalah melakukan pengecekan pada setiap komponen mesin ada apabila mengalami kerusakan/abnormal segera lakukan adanya penggantian komponen dengan cepat sehingga tidak mengganggu proses manouver berlayar pada kapal. ABSTRACK Bukit Ramadhan, 52155763. T, 2020 " Identification Of Directional Valve Damage On Hydraulic Steering Gear In KM. Pekan Fajar ", Diploma IV progam, Engineering study progam, Merchant Marine Polytechnic Semarang, Supervisor (1); Febria Surjaman, M.T. And Supervisor (2): Budi Joko Raharjo, M.M., M.Mar.E. In the electro-hydraulic steering gear engine there are important components that can affect the working system of the ship's steering, especially the directional valve that functions as a diverting or regulating hydraulic oil pressure, which causes the hydraulic oil to press the plunyer in the hydraulic cylinder which causes the rudder blades can move right and left. The role of directional valve is very important in steering gear, if there is a disturbance in the component, it will also cause interference when turning the steering wheel. We know that the important role of machining aids is really needed on the ship, which is to identify that the machinery is always working optimally we always carry out maintenance and checking on all machinery periodically and improve the performance of these machinery must be maintained in accordance with the instruction manual book in KM. Pekan Fajar. In this thesis, the research method used is the Fishbone and SHEL methods. By observing, interviewing and documenting, then taking samples / data and reducing the data to be arranged in an integrated and easily understood manner, the authors draw conclusions from various data findings that will be the answers to the problem formulation. The results of the study concluded that the cause of directional valve damage in the hydraulic steering gear in KM. Pekan Fajar is among other things spring as a spool grove booster and as a stabilizer the movement cannot work properly because of damage to the material which causes the spring to not be able to force a spring. The way to anticipate directional valve damage is not to perform maintenance on the engine according to the instruction manual book procedure, ensuring there are spare parts on the ship so that repairs can be done quickly if damage occurs. The way to handle if there is a steering failure is to check every component of the engine if there is damage / abnormal immediately do the component replacement quickly so it does not interfere with the sailing manouver process on the ship.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Directional Valve Steering Gear, KM. Pekan Fajar Keywords : Directional valve steering gear, KM. Pekan Fajar
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:03
Last Modified: 24 Aug 2020 07:03
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2567

Actions (login required)

View Item View Item