IDENTIFIKASI PENYEBAB KERUSAKAN MECHANICAL SEAL PADA CARGO OIL PUMP DI MT. BALONGAN

NANANG, NANANG TAQIYA (2020) IDENTIFIKASI PENYEBAB KERUSAKAN MECHANICAL SEAL PADA CARGO OIL PUMP DI MT. BALONGAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155776T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155776 T_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (4MB)
[img] Pdf (52155776T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155776 T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Nanang Taqiya, 2020, NIT: 52155776.T, “Identifikasi Penyebab Kerusakan Mechanical Seal pada Cargo Oil Pump di MT. Balongan”, skripsi Program Studi Teknika, Progran Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Achmad Wahyudiono, MM, M.Mar.E dan Pembimbing II: Ria Hermina Sari, SS., M.Sc Cargo oil pump adalah suatu permesinan bantu di atas kapal yang berfungsi untuk melakukan proses bongkar muatan yang berupa fluida dengan cara mendorong fluida dengan arah tegak lurus dari poros impeller pompa. Impeller pompa sentrifugal akan menciptakan gaya sentrifugal untuk mendorong fluida dari sisi tengah pompa (inlet) ke bagian luar impeller. Sehingga impeller berputar dengan energi mekanis yang dihasilkan oleh sumber penggerak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kerusakan mechanical seal pada cargo oil pump, dampak yang ditimbulkan dari kerusakan mechanical seal pada cargo oil pump dan upaya yang dilakukan untuk mencegah penyebab kerusakan mechanical seal pada cargo oil pump di MT. Balongan. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitaf dengan menggunakan pendekatan fishbone dan SHEL untuk mempermudah dalam teknik analisis data. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor kerusakan mechanical seal pada cargo oil pump di MT. Balongan adalah penerapan PMS (Plan Maintenance System) yang tidak dijalankan sesuai ketentuan, kondisi ball bearing yang sudah aus, adanya endapan karat pada filter suction pump, serta human error karena kinerja masinis kurang optimal. Dampak yang ditimbulkan adalah terjadinya penurunan tekanan pada saat discharge cargo dan salah satu bagian pompa mengalami kebocoran serta proses discharge cargo menjadi terhambat. Untuk mencegah faktor-faktor penyebab kerusakan mechanical seal pada cargo oil pump, maka upaya yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan PMS (Plan Maintenance System) harus sesuai dengan ketentuan, pengecekan dan pemberian pelumasan untuk ball bearing secara berkala, membersihkan endapan karat pada filter suction cargo oil pump, serta pengawasan secara intensif terhadap pekerjaan para masinis. ABSTRACT Nanang Taqiya, 2020, NIT: 52155776.T, "Identify the Cause of Mechanical Seal Damage to the Cargo Oil Pump on MT. Balongan", Thesis Study Program, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Advisor I: Achmad Wahyudiono, MM, M.Mar.E and Advisor II: Ria Hermina Sari, SS., M.Sc Cargo oil pump is an auxiliary machinery on the ship that functions to carry out the process of loading and unloading fluid by pushing the fluid perpendicular to the pump impeller shaft. Centrifugal pump impellers will create centrifugal force to push fluid from the center side of the pump (inlet) to the outside of the impeller. So that the impeller rotates with mechanical energy generated by the driving source. The purpose of this study was to determine the factors causing mechanical seal damage to the cargo oil pump, the impact caused by mechanical seal damage to the cargo oil pump and efforts made to prevent the cause of mechanical seal damage to the cargo oil pump in MT. Balongan The research method used by the author in the preparation of this thesis is descriptive quality using a fishbone and SHEL approach to facilitate data analysis techniques. The method of collecting data that the authors do is by observation, interview and literature study. Based on the results of research that the author has done, it can be concluded that the mechanical seal damage factor on the cargo oil pump in MT. Balongan is the application of PMS (Plan Maintenance System) which is not carried out according to the provisions, the condition of the worn ball bearings, the presence of rust deposits on the suction pump filter, and human error because the engineers performance is less than optimal. The impact is a decrease in pressure during the discharge cargo and one part of the pump has a leak and the discharge cargo process is hampered. To prevent the factors that cause mechanical seal damage to the cargo oil pump, the effort must be made is to apply a PMS (Plan Maintenance System) must comply with the provisions, check and provide lubrication for ball bearings periodically, clean the rust deposits on the suction cargo filter oil pump, and intensive supervision of the work of engineers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Mechanical seal, Cargo oil pump, PMS. Keywords: Mechanical seal, Cargo oil pump, PMS.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:44
Last Modified: 24 Aug 2020 06:44
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2559

Actions (login required)

View Item View Item