KEGAGALAN ASTERN MEMPENGARUHI START MESIN INDUK DI KAPAL MT. SANGA SANGA

RICO, SYAH PUTRA (2020) KEGAGALAN ASTERN MEMPENGARUHI START MESIN INDUK DI KAPAL MT. SANGA SANGA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155725T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155725 T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155725T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155725 T_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Putra, Rico Syah 2015, NIT: 52155725 T, “Kegagalan Astern Mempengaruhi Start medin Induk di Kapal MT. Sanga Sanga”, Program D IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing (1) H. Rahyono, SP1, MM, M.Mar.E , Pembimbing (2) Ir. Fitri Kensiwi MT. Sanga Sanga adalah kapal tanker milik PT. Pertamina Perkapalan dengan jalur pelayaran tramper (tidak tetap) seluruh Indonesia. Dengan kecepatan dinasnya adalah 12 knot (kecepatan kapal). Dalam rangka menunjang mobilitas kebutuhan minyak dalam negeri MT. Sanga Sanga menggunakan main engine (mesin induk) IHI SULZER 6 RLB 66 – 6 CYL sebagai penggerak utama kapal. Main engine (mesin induk) harus mendapatkan perlakuan sesuai project guide (panduan rancangan), untuk itu dibutuhkan keahlian dari seorang ahli mesin kapal dalam melakukan perawatan dan perbaikan sebuah mesin induk diatas kapal. Pada umumnya mesin induk sebuah kapal menggunakan air pressure (tekanan agin) untuk proses start awal. air pressure tersebut dihasilkan oleh kompresor. Dengan jalur pelayaran tramper (tidak tetap) dan kebutuhan minyak dalam negeri ini mengakibatkan kapal sering keluar masuk pelabuhan, tentunya kapal akan sering melakukan manouvering (olah gerak). Dari seringnya kapal melakukan olah gerak terkadang main engine (mesin induk) kurang mendapatkan perbaikan dan perawatan dan akibatnya dalam melakukan olah gerak mesin induk gagal dalam melakukan start. Dalam studi ini akan dianalisa apakah penyebab dari kegagalan astern starting pada engine tersebut. Metode yang digunakan dalam proses analisa ini adalah fishbone. fishbone merupakan suatu metode untuk menganalisa suatu permasalahan berdasarkan pemikiran secara logis. Dari analisa yang dilakukan dan adanya informasi real di kapal maka akan didapatkan hal-hal yang menyebabkan kegagalan start mundur pada diesel engine di MT. Sanga Sanga. Dengan menggunakan metode fishbone ini didapatkan beberapa penyebab kemungkinan kegagalan berdasarkan analisa secara kualitatif penyebab kegagalannya astern starting yang terjadi di MT. Sanga Sanga adalah air distributor valve yang kotor dan kurang maintenance. ABSTRACT Putra, Rico Syah 2015, NIT: 52155725 T, “Kegagalan Astern Mempengaruhi Start medin Induk di Kapal MT. Sanga Sanga”, Program D IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing (1) H. Rahyono, SP1, MM, M.Mar.E , Pembimbing (2) Ir. Fitri Kensiwi MT. Sanga Sanga is a tanker owned by PT. Pertamina Shipping with tramper shipping lines (non-permanent) throughout Indonesia. With service speed is 12 knots (ship speed). In order to support the mobility of domestic oil needs, MT. Sanga Sanga uses the main engine (main engine) IHI SULZER 6 RLB 66 - 6 CYL as the main driver of the ship. The main engine (main engine) must be in accordance with the project guidelines (design guide), for that expertise is required from a ship's engineer in performing maintenance and repair of the main engine of the ship. In general, the main engine using the ship uses air pressure (agin pressure) for the initial start process. The air pressure is generated by the compressor. With tramper shipping lines (not fixed) and needing domestic oil, ships often come in and out, ships will often do manouvering (motion). From the frequency of the ship's main engine movements (main engine) it lacks repairs and maintenance and as a result the main engine movement fails to start. In this section will be analyzed whether the causes of astern start on the engine. The method used in this analysis process is fishbone. fishbone is a method for analyzing. From the analysis done and the information on the ship, things that cause failures will start to reverse in the diesel engine in MT. Sanga Sanga. By using this fishbone method, several causes of failure are obtained based on an analysis of the causes of qualitative failures that began in MT. Sanga Sanga is a dirty and poorly maintained air distributor valve.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kegagalan astern starting system, metode fishbone, penyebab kegagalan astern starting, diesel engine. Keywords: start system start failure, fishbone method, cause of start start failure, diesel engine
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2020 07:19
Last Modified: 14 Aug 2020 07:19
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item