OPTIMALISASI PENANGANAN MUATAN PETI KEMAS MV. MERATUS MANADO

ATHA NUR, SYAHFANI HAKIM (2020) OPTIMALISASI PENANGANAN MUATAN PETI KEMAS MV. MERATUS MANADO. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155615N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155615 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155615N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155615 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Nur Syahfani Hakim,Atha, NIT: 52155615 N, ”Optimalisasi Penanganan Muatan Peti Kemas MV. Meratus Manado”, skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Dr. Capt. SUWIYADI, M.Pd., M.Mar, Pembimbing II: BUDI JOKO RAHARJO, M.M., M.Mar.E Keadaan geografis Indonesia yang sangat strategis dapat menjadi suatu kekuatan dan kesempatan bagi perkembangan perekonomian Indonesia. Perkembangan perekonomian tersebut adalah dengan melakukan kegiatan eksporimpor. Kegiatan tersebut tidak lepas dari peranan jasa kapal, salah satunya dengan menggunakan peti kemas dalam kegiatan tersebut. Peti kemas atau disebut juga container merupakan sarana yang penting dalam kegiatan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain yang menggunakan jasa kapal. Berdasarkan latar belakang di atas penulis merumuskan beberapa permasalahan, yang pertama adalah penanganan muatan peti kemas KM. Meratus Manado, kendala yang mempengaruhi penanganan muatan peti kemas KM. Meratus Manado dan ketiga adalah upaya optimalisasi penanganan muatan peti kemas KM. Meratus Manado. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apa saja factor-faktor yang menjadi penyebab kurangnya alat-alat yang digunakan untuk pelasingan muatan di KM. Meratus Manado. Meratus Manado tersebut dan memberikan saran untuk menanggulangi kendala-kendala di KM. Meratus Manado. Dalam skripsi ini, Metode penelitian yang digunakan dalam penyampaian adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan beberapa aspek seperti pengumpulan data, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisa data penulis menggunakan metode FTA atau Fault Tree Analysis. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa faktor, antara lain, Alat untuk pengikat container yang tidak sesuai, dari manusia yaiitu kurangnya merawatan alat-alat bongkar muat dan kondisi alat-alat yang seadannya baik pada saat bongkar muat. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya penambahan alat-alat lashing dikapal harus sesuai. Selain itu untuk menghindari kerusakan container beserta isinya dalam situasi cuaca buruk maka dalam penanganan muatan container sebaiknya pihak kapal dan pihak perusahaan, serta otoritas pelabuhan melakukan koordinasi yang matang, baik itu dalam persiapan alatnya dan pelaksanaan bongkar muat container. ABSTRACT Nur Syahfani Hakim, Atha, NIT: 52155615 N, ” Optimizing the handling of container on MV. Meratus Manado”, The essay of study program of Diploma IV Nautical, Merchant Marine Polytechnic of Semarang. Lecturer I: Dr. Capt. SUWIYADI, M.Pd, Lecturer II: BUDI JOKO RAHARJO, M.M., M.Mar.E Indonesia's strategic geographical condition can be a strength and opportunity for the development of the Indonesian economy. The economic development is by carrying out export-import activities. These activities cannot be separated from the role of ship services, one of them is by using containers in these activities. Container or also called container is an important means of shipping goods from one place to another using ship services. Based on the background above, the writer formulated several problems, the first is the handling of MV. Meratus Manado. Meratus Manado, an obstacle which influences the handling of MV.Meratus Manado and third is an effort to optimize the handling of container loads. Meratus Manado. The research objective is to find out what the factors are the cause of the lack of equipment used for the loading of cargo in the MV. Meratus Manado and provide advice for overcome obstacles in MV. Meratus Manado. In this thesis, Method research used in the delivery is descriptive research method by using several aspects such as data collection, interviews and documentation. For data analysis techniques the author uses the FTA method or FaultTreeAnalysis. From the results of the study found several factors, among others, tools to bind containers that are not appropriate, from humans, namely the lack of caring for the tools loading and unloading and improper condition of the equipment at the time of loading and unloading. Based on the results of the study, the addition of lashing equipment on the ship must be corresponding. In addition to avoiding damage to the container and its contents in a situation. In case of bad weather, in handling container loads, the ship and the company, as well as the port authority, do good coordination in the preparation of the equipment and the loading and unloading of containers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: container lashing, bongkar muat, penanganan muatan, optimalisasi Kata Kunci: container lashing, loading and unloading, cargo handling, optimization
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2020 07:16
Last Modified: 14 Aug 2020 07:16
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2538

Actions (login required)

View Item View Item