IDENTIFIKASI SURGING PADA TURBOCHARGER YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA MAIN ENGINE DI MV.TELUK BERAU

BINTANG ANDREAN, PUTRA MARHENTINO (2020) IDENTIFIKASI SURGING PADA TURBOCHARGER YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA MAIN ENGINE DI MV.TELUK BERAU. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155734T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155734T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155734T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155734T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Marhentino, Bintang Andrean Putra. 2020. “Identifikasi surging pada turbocharger yang berpengaruh terhadap kinerja main engine di MV. Teluk Berau”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Tony Santiko, S.ST, M.Si., M.Mar.E, Pembimbing II: Budi Joko Raharjo, M.M. Turbocharger merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menghasilkan udara diatas 1 atmosfer, dimana maksud dan tujuan agar dalam proses pembakaran bahan bakar dalam silinder tersedia cukup oksigen sehingga akan terjadi pembakaran yang sempurna dan menghasilkan daya yang lebih besar pada mesin dibanding tanpa menggunakan turbocharger. Dalam hal ini penulis ingin menguraikan dan mengidentifikasi penyebab surging pada turbocharger yang berpengaruh terhadap kinerja main engine. Surging merupakan gangguan berkala dari suplai udara pada turbocharger. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya surging, pada kapal MV. Teluk Berau nozzle ring dan intercooler kotor yang menjadi penyebab utama terjadinya surging, hal ini berdampak pada putaran rotor yang berat dan juga kualitas udara yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Observasi, wawancara dan studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan data yang relevan. Dalam menulis skripsi, penulis menggunakan 2 metode analisi dan pengolahan data yaitu metode Fishbone dan Shel. Dimana Fishbone digunakan untuk mencari dan mendapatkan akar penyebab permasalahan dan metode Shel digunakan untuk mencari faktor penyebab dari masalah. Selain itu juga digunakan untuk upaya apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Pada bagian akhir skripsi ini dapat disimpulkan bahwa terjadinya surging pada turbocharger disebabkan oleh manual book yang tidak lengkap, nozzle ring dan intercooler yang kotor, faktor lingkungan air laut dan udara sekitar kamar mesin dan juga kesadaran dalam melaksanakan perawatan turbocharger. Saran untuk memecahkan masalah ini adalah meminta manual book lengkap ke perusahaan, mencegah dan membersihkan nozzle ring dan intercooler, memperhatikan faktor lingkungan dan perlunya kesadaran dari tiap-tiap engineer. ABSTRACT Marhentino, Bintang Andrean Putra. 2020. “Identification of Turbocharger Surging which Affects to Main Engine Performance in MV. Teluk Berau.” Undergraduate Thesis. Diploma IV Programme. Engineering Study Programme. Semarang Merchant Marine Polytechnic. Advisor I: Tony Santiko, S.ST, M.Sc., M.Mar.E, Advisor II: Budi Joko Raharjo, M.M. Turbocharger is a device that functions to produce air above 1 atmosphere, where the intent and purpose is that in the process of combustion of fuel in the cylinder available enough oxygen so that perfect combustion will occur and produce greater power to the engine than without using a turbocharger. In this study, the researcher wants to describe and identify the cause of turbocharger surging which affects to the performance of main engine. Surging is a periodic disturbance of the air supply in turbocharger. There are so many things which cause surging. In MV. Teluk Berau, the dirty nozzle ring and intercooler are the main cause of surging. It affects to the heavy rotor turning motion and the low air quality. This study uses a qualitative method. Observations, interviews and literature studies are conducted to collect relevant data. In writing this thesis, the researcher uses two methods of analysis and data processing, namely the Fishbone and Shel methods. Fishbone is used to find and get the main cause of the problem and Shel is used to find some factors which cause the problem. It is also used to find the solution to overcome the problem. At the end of this thesis, it can be concluded that the occurrence of surging on the turbocharger is caused by an incomplete manual book, dirty nozzle ring and intercooler, environmental factors such as sea water and air around the engine room and also awareness in maintaining the turbocharger. Suggestions to solve this problem are to ask for a complete manual book to the company, prevent and clean the nozzle ring and intercooler regularly, pay attention to environmental factors and increasing the awareness of each engineer to maintain it.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: turbocharger, nozzle ring, intercooler Keywords: turbocharger, nozzle ring, intercooler
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2020 06:40
Last Modified: 14 Aug 2020 06:40
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2528

Actions (login required)

View Item View Item