Kerusakan Exhaust valve Mesin Induk Di MT. Kakap

FIRMAN, YULIAN ARNANDA (2020) Kerusakan Exhaust valve Mesin Induk Di MT. Kakap. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155739T_PROSIDING_FULLTEXT)
52155739 T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Intisari, Katup gas buang adalah salah satu katup yang terdapat pada mesin diesel empat langkah yang berfungsi sebagai pintu keluarnya gas hasil pembakaran di dalam silinder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kerusakan exhaust valve pada mesin induk, untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari kerusakan exhaust valve pada mesin induk dan untuk mengetahui upaya apa yang perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan pada exhaust valve mesin induk di MT. Kakap. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitaf, dengan menggunakan pendekatan metode Fishbone Analysis dan SHELL (Softwere, Hardwere, Environment, Livewere). Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukan faktor penyebab kerusakan exhaust valve pada mesin induk di MT. Kakap adalah tidak terlaksananya PMS (Planned Maintenance System). Dampak yang ditimbulkan adalah naiknya temperatur gas buang akibat adanya pengendapan kerak pada pinggiran katup dan dudukan katup. Upaya yang harus dilakukan adalah dengan melaksanakan perawatan exhaust valve sesuai dengan PMS (Planned Maintenance System).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kerusakan, Exhaust valve, Temperatur gas buang, Mesin induk.
Subjects: Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2020 06:35
Last Modified: 14 Aug 2020 06:35
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2521

Actions (login required)

View Item View Item