ANALISIS KERUSAKAN EXHAUST VALVE YANG BERPENGARUH TERHADAP TEMPERATUR GAS BUANG MESIN INDUK DI MT. KAKAP

FIRMAN, YULIAN ARNANDA (2020) ANALISIS KERUSAKAN EXHAUST VALVE YANG BERPENGARUH TERHADAP TEMPERATUR GAS BUANG MESIN INDUK DI MT. KAKAP. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155739T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155739 T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155739T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155739 T_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Arnanda, Firman Yulian. 2020, NIT : 52155739 T, “Analisis Kerusakan Exhaust Valve Yang Berpengaruh Terhadap Temperatur Gas Buang Mesin Induk Di MT. Kakap”, Skripsi Program Studi Teknika, Progran Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Tony Santiko,S.ST.,M.Si dan Pembimbing II: Darul Prayoga, M.Pd. Katup gas buang adalah salah satu katup yang terdapat pada mesin diesel empat langkah, katup ini berfungsi sebagai pintu keluarnya gas hasil pembakaran di dalam silinder. Terjadinya kerusakan pada exhaust valve mesin induk sangat berpengaruh terhadap temperatur gas buang mesin induk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kerusakan exhaust valve pada mesin induk, untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari kerusakan exhaust valve pada mesin induk dan untuk mengetahui upaya apa yang perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan pada exhaust valve mesin induk di MT. Kakap. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitaf, dengan menggunakan pendekatan metode Fishbone Analysis dan SHELL (Softwere, Hardwere, Environment, Livewere). Pendekatan metode Fishbone Analysis digunakan untuk mengidentifikasi faktor penyebab kerusakan exhaust valve dan pendekatan metode SHELL (Softwere, Hardwere, Environment, Livewere) digunakan untuk menguatkan faktor yang diperoleh dari metode Fishbone Analysis. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukan bahwa faktor penyebab kerusakan exhaust valve pada mesin induk di MT. Kakap adalah tidak terlaksananya PMS (Planned Maintenance System), kurangnya pengetahuan dari crew mesin. Dampak yang ditimbulkan adalah naiknya temperatur gas buang akibat adanya pengendapan kerak pada pinggiran katup dan dudukan katup, pengaturan celah katup tidak tepat. Upaya yang harus dilakukan adalah dengan melaksanakan perawatan exhaust valve sesuai dengan PMS (Planned Maintenance System), pengaturan celah katup sesuai dengan instruction manual book WARTSILA W6L32. ABSTRACT Arnanda, Firman Yulian. 2020, NIT : 52155739 T, “Analysis of Exhaust Valve Damage That Influences the Temperature of the Main Engine Exhaust in MT. Kakap", Thesis of Engineering Program Study, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Advisor I: Tony Santiko, S.ST., M.Si and Advisor II: Darul Prayoga, M.Pd. Exhaust gas valve is one of the valves contained in a four-stroke diesel engine, this valve serves as the exit of combustion gas in the cylinder. Damage to the main engine exhaust valve is very influential on the main engine exhaust gas temperature. The purpose of this study is to determine the factors that cause exhaust valve damage to the main engine, to determine the impact caused by damage to the exhaust valve on the main engine and to find out what efforts need to be made to prevent damage to the main engine exhaust valve in MT. Kakap. The research method used is descriptive quality, using the approach of Fishbone Analysis and SHELL methods (Softwere, Hardwere, Environment, Livewere). The Fishbone Analysis method approach is used to identify the factors that cause exhaust valve damage and the SHELL method approach (Softwere, Hardwere, Environment, Livewere) is used to strengthen the factors obtained from the Fishbone Analysis method. The data collection method used is observation, interview, documentation study and literature study. Based on the research results obtained, it shows that the factors causing damage to the exhaust valve on the main engine in MT. Kakap is not implemented PMS (Planned Maintenance System), lack of knowledge from the engine crew. The impact is the increase in exhaust gas temperature due to the deposition of scale on the valve edges and valve seat, improper valve gap settings. Efforts that must be done are to carry out exhaust valve maintenance in accordance with PMS (Planned Maintenance System), valve gap settings in accordance with the instruction manual WARTSILA W6L32.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kerusakan, Exhaust valve, Temperatur gas buang, Mesin induk. Keywords: Damage, Exhaust valve, Exhaust gas temperature, Main engine
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2020 06:35
Last Modified: 14 Aug 2020 06:35
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2520

Actions (login required)

View Item View Item