ANALISIS PENURUNAN TEKANAN MINYAK LUMAS DIESEL GENERATOR PADA MV. KT02

RIFQY, HAFIZ (2020) ANALISIS PENURUNAN TEKANAN MINYAK LUMAS DIESEL GENERATOR PADA MV. KT02. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155784T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155784T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155784T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155784T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Rifqy Hafiz, 2020, NIT : 52155784.T, “Analisis Penurunan Tekanan Minyak Lumas Diesel Generator Pada MV. KT 02 ”, skripsi Program Studi Teknika, Progran Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Amad Narto, M.Mar.E, M.Pd dan Pembimbing II: Andy Wahyu Hermanto, MT. Diesel generator adalah mesin diesel di kapal yang berfungsi sebagai penyedia listrik di atas kapal. Sehingga perawatan dan perbaikan pada diesel generator harus dilakukan sesuai dengan prosedur dalam buku manual. Komponen yang rusak pada diesel generator akan mempengaruhi kinerja diesel generator dan fungsi utama pada diesel generator. Oleh karena banyaknya kemungkinan kerusakan yang terjadi pada diesel generator, maka peneliti mengambil salah satu kerusakan yang terjadi saat melaksanakan penelitian yaitu turunnya tekanan minyak lumas pada diesel generator . Kerusakan yang terjadi sangat fatal pada diesel generator . Jenis metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan fishbone dan SHEL untuk mempermudah teknik analisis data. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperkuat dalam analisis data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab menurunnya tekanan minyak pelumas pada diesel generator, dampak yang ditimbulkan dari menurunnya tekanan minyak pelumas pada diesel generator dan upaya yang dilakukan untuk mencegah faktor penyebab turunnya tekanan minyak pelumas pada diesel generator di MV.KT 02. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab menurunnya tekanan minyak pelumas pada diesel generator di MV.KT 02 adalah, 1) kotornya filter minyak lumas yang disebabkan filter minyak lumas sudah tidak layak 2) Ketidaksesuaian Plan Maintenance System(PMS) yang dilakukan. Dampak yang ditimbulkan adalah 1) Mempercepat keausan komponen-komponen diesel generator. 2) Terjadinya trip atau blackout. 3) Terganggunya proses olah gerak pada kapal. 4)Mengganggu proses bongkar muat. Untuk mencegah faktor-faktor penyebab menurunnya tekanan minyak pelumas pada diesel generator, upaya yang harus dilakukan adalah dengan, 1) Membersihkan saluran pelumasan minyak lumas pada diesel generator secara berkala. 2) Melakukan pembersihan filter minyak lumas secara berkala. 3) Melakukan pengecekan sesuai instruction manual book. ABSTRACT Rifqy Hafiz, 2020, NIT: 52155784.T, "Analysis of Oil Pressure Decrease in Diesel Generators at MV. KT 02", thesis of Engineering Study Program, Diploma IV Program, Semarang Shipping Polytechnic, Advisor I: H. Amad Narto, M.Mar.E, M.Pd and Supervisor II: Andy Wahyu Hermanto, MT. Diesel generator is a diesel engine on board that functions as a provider of electricity on board. So maintenance and repairs to the Diesel Generator must be done in accordance with the procedures in the manual. Damaged components on the Diesel Generator will affect the performance of the Diesel Generator and the main function of the Diesel Generator. Because of the large number of possible damages that occur in Diesel Generators, the researchers took one of the damages that occurred while carrying out the study, namely the decrease in lubricating oil pressure on the Diesel Generator. Damage that occurs very fatal to the Diesel Generator. The type of research method that the author uses in the preparation of this thesis is descriptive using the fishbone and SHEL approaches to facilitate data analysis techniques. The method of collecting data that the authors do is by observation, interview and study documentation to strengthen the data analysis. The purpose of this study is to determine the factors that cause the decrease in lubricating oil pressure on diesel generators, the impact caused by the decrease in lubricating oil pressure on diesel generators and the efforts made to prevent the factors causing the decrease in lubricating oil pressure on diesel generators in MV.KT 02. Based on the results of research that the author has done, it can be concluded that the factors causing the decrease in lubricating oil pressure on the diesel generator in MV.KT 02 are, 1) the dirty oil filter caused by the oil filter is not feasible 2) Nonconformance Plan Maintenance System (PMS) which is conducted. The impact is 1) Accelerating the wear of diesel generator components. 2) Trip or blackout occurred. 3) Disruption of the motion process on the ship. 4) Interrupt the loading and unloading process. To prevent the factors that cause a decrease in lubricating oil pressure on the diesel generator, efforts must be made are by, 1) Cleaning the lubricating oil lines on the diesel generator periodically. 2) Perform regular cleaning of oil filters. 3) Check according to the instruction manual book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Diesel Generator, sistem pelumasan, Plan Maintenanca System. Keywords: Diesel Generator, lubrication system, Plan Maintenance System
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2020 06:33
Last Modified: 14 Aug 2020 06:33
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2518

Actions (login required)

View Item View Item