OPTIMALISASI SISTEM PELUMASAN PADA MESIN DIESEL GENERATOR UNTUK MENUNJANG PENGOPERASIAN KAPAL DI MT. KRASAK

ADEN, FATAH HILLAH (2020) OPTIMALISASI SISTEM PELUMASAN PADA MESIN DIESEL GENERATOR UNTUK MENUNJANG PENGOPERASIAN KAPAL DI MT. KRASAK. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155701T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155701T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155701T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155701T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Aden Fatah Hillah.2020, NIT : 52155701. T, “Optimalisasi sistem pelumasan pada mesin Diesel Generator untuk menunjang pengoperasian kapal di MT. Krasak”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Agus Hendro Waskito, M.M., M.Mar.E, Pembimbing II : Irma Shinta Dewi, S.S., M.Pd Mesin Diesel Generator terdiri dari komponen-komponen logam (metal parts) yang bergerak seperti poros engkol, batang torak, dan bagian mekanisme katup yang membutuhkan sistem pelumasan. Tekanan minyak pelumas yang menurun dipengaruhi berbagai faktor, dan akan berdampak pada mesin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta daftar pustaka dengan teknik analisis data Fishbone Analysis dan SHEL untuk menentukan kemungkinan faktor, dampak dan upaya masalah berdasarkan material, manusia, mesin, prosedur dan kemudian untuk menentukan masalah yang menjadi prioritas. Hasil peneitian disimpulkan penyebab sistem pelumasan pada mesin Diesel Generator tidak optimal yaitu kotornya minyak pelumas, kebocoran pada pompa minyak lumas, perawatan yang tidak sesuai dengan PMS (Plan Maintenance System) serta Kurangnya pengetahuan dan pengalaman engineer tentang sistem pelumasan mesin Diesel Generator. Dampak yang di timbulkan adalah minyak pelumas kotor akan menghambat proses pelumasan, kebocoran pada pompa minyak pelumas akan berdampak melemahnya tekanan minyak pelumas sehingga terjadi gesekan antara torak dengan cylinder liner dan crank shaft dengan crankpin bearing, prosedur perawatan yang tidak sesuai dengan PMS (Plan Maintenance System) akan menyebabkan penurunan kerja minyak pelumas pada mesin Diesel Generator, Pengetahuan dan pengalaman engineer yang kurang tentang sistem pelumasan pada mesin Diesel Generator akan berdampak pada pengoperasian dan perawatan yang salah. Untuk mengatasi faktor-faktor tersebut dapat dilakukan dengan membersihkan atau mengganti komponen yang rusak dengan spare part yang baru, pengoperasian yang benar sesuai prosedur yang ada di manual book, perawatan dan pengecekkan yang berkala terhadap sistem pelumasan, memerikan training dan ujian serta familiarisasi kepada engineer tentang sistem pelumasan mesin Diesel Generator dikapal. Saran yang dapat diambil yaitu sebaiknya lebih ditingkatkan ketelitian dalam memeriksa dan menjaga sistem pelumasan, penggunaan minyak pelumas yang sesuai jam kerja dan perawatan yang lebih intensif terhadap mesin Diesel Generator. ABSTRACT Aden Fatah Hillah.2020, NIT : 52155701. T, “Optimization of Lubrication System in Auxiliary Engine to Support Operation in MT. Krasak”, Thesis of Technical Department, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Supervisor I: Agus Hendro Waskito, M.M., M.Mar.E, Supervisor II : Irma Shinta Dewi, S.S., M.Pd The Diesel Generator engines consist of moving metal components such as crankshafts, piston rods, and valve mechanism parts that require lubrication systems. Lubricating oil pressure decreases influenced by various factors, and will have an impact on the engine. The method used in this research is data collection through observation, interviews, and bibliography with Fishbone Analysis and SHEL. Analysis techniques to determine possible factors, impacts and problem efforts based on material, human, machine, procedure and then to determine priority problems. The results of the study concluded that the cause of the lubrication system on the Diesel Generator engine was not optimal, namely dirty oil lubricants, leaks at the lubricating oil pump, maintenance that was not in accordance with the PMS (Plan Maintenance System) and Lack of knowledge and experience of engineers about the Diesel Generator engine lubrication system. The impact caused by dirty lubricating oil will inhibit the lubrication process, leakage in the lubricating oil pump will result in weakening the lubricating oil pressure resulting in friction between piston with cylinder liner and crank shaft with crankpin bearing, maintenance procedures that are not in accordance with PMS (Plan Maintenance System) ) will cause a decrease in the lubricating oil work on the Diesel Generator engine, lack of knowledge and experience of engineers about the lubrication system on the Diesel Generator engine will have an impact on the operation and maintenance of the wrong. To overcome these factors can be done by cleaning or replacing damaged components with new spare parts, correct operation according to the procedures in the manual book, maintenance and periodic checks on the lubrication system, giving training and examinations and familiarization to engineers about Diesel Generator engine lubrication system on board the ship. Suggestions that can be taken that should be improved accuracy in checking and maintaining the lubrication system, the use of lubricating oil according to working hours and more intensive care of the Diesel Generator engine.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Mesin Diesel Generator, sistem pelumasan, Fishbone Analysis, SHEL Keywords: Diesel Generator engine, lubrication system, Fishbone Analysisl, SHEL
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2020 07:02
Last Modified: 12 Aug 2020 07:02
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2508

Actions (login required)

View Item View Item