ANALISIS TURUNNYA TEKANAN KOMPRESI PADA MAIN AIR COMPRESSOR DI MT. KIRANA DWITYA

RAIKHAN, SALLIHIMA (2020) ANALISIS TURUNNYA TEKANAN KOMPRESI PADA MAIN AIR COMPRESSOR DI MT. KIRANA DWITYA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155781T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155781_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155781T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155781_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Sallihima, Raikhan.2020, “Analisis Turunnya Tekanan Kompresi pada Main Air Compressor di MT. Kirana Dwitya dengan metose Fishbone Analysis dan SHEL”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H.Amad Narto, M.Pd, M.Mar.E, Pembimbing II: Ria Hermina Sari, SS., M.Sc. Kompresor udara merupakan pesawat bantu yang dapat menghasilkan udara bertekanan yang harus mendapatkan perhatian dan perawatan secara berkala agar main air compressor tersebut dapat beroperasi dengan lancar. Jika main air compressor mengalami penurunan tekanan kompresi maka akan mengakibatkan terlambatnya pengisian angin pada botol angin dan akan berdampak pada lamanya proses olah gerak kapal, hal ini sangat merugikan pada perusahaan pelayaran pada umumnya. Mengingat pentingnya main air compressor di atas kapal maka diperlukan metode yang tepat untuk memecahkan masalah kerusakan yang terjadi pada main air compressor dengan menggunakan metode Fishbone Analysis dan SHEL, dan juga menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengetahui faktor penyebab, dampak yang terjadi, dan upaya yang dilakukan. Faktor penyebab turunya tekanan kompresi pada main air compressor adalah karena keausan pada ring piston (cincin torak), kurangnya perawatan filter udara (saringan udara), dan kebocoran pada katup isap dan katup tekan. Dampak turunnya tekanan kompresi pada main air compressor adalah gagalnya starting M/E, gagalnya starting A/E, dan menganggu proses olah gerak kapal. Upaya untuk mengatasi turunnya tekanan kompresi pada main air compressor adalah melakukan perawatan secara rutin filter udara, membersihkan katup isap dan katup tekan, dan melakukan pengukuran pada ring piston. ABSTRACT Sallihima, Raikhan.2020, “Analysis the decreasing of main air compressor in MT. Kirana Dwitya, by using Fishbone Analysis, and SHEL method”. Thesis. Program Diploma IV, Study Program Technica Semarang Merchant Marine Polytechnic, Supervisor I: H.Amad Narto, M.Pd, M.Mar.E, Supervisor II: Ria Hermina Sari, SS., M.Sc. Air compressor is an assist plane that can produce exerting air pressure that has to get attention and maintenance periodically, so that the compressor can be well operated. If the compressor runs into compression pressure decreasing, the air filling on air bottle will be late and cause the long period of vessel manouvering, this case is a big disadvantage for any shipping company in general. Remember main air compressor is very important at the vessel, and then needed appropriate methods to solve problem damage main air compressor with fishbone analysis and SHEL method, and also uses descriptive qualitative methods to determine the factors taht cause, the impact that occurs, and the effort made. Factors causing the decreasing of main air compressor is wear on the piston ring, the lack of care air filter, and leakage of suck valve. Impact the decreasing of main air compressor is failure starting M/E, failure starting A/E, and disruption of vessel manouvering. Effort to address the decreasing of main air compressor is performing routine maintenance air filter, cleaned suck valve, and take measurements pistong ring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: main air compressor, katup isap dan katup tekan, filter udara, ring piston. Keywords: main air compressor, suck valve, air filter, piston ring.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 12 Aug 2020 06:53
Last Modified: 12 Aug 2020 06:53
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2502

Actions (login required)

View Item View Item