ANALISIS TERJADINYA OVERFLOW PADA SAAT BUNKER MDO DI MT. DAEHO SUNSHINE

EDWIN, FIRDAUS (2020) ANALISIS TERJADINYA OVERFLOW PADA SAAT BUNKER MDO DI MT. DAEHO SUNSHINE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155710T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155710T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (6MB)
[img] Pdf (52155710T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155710T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Edwin Firdaus, 2020, NIT: 52155710.T, “Analisis Terjadinya Overflow pada saat Bunker MDO di MT. Daeho Sunshine.”, skripsi Program Studi Teknika, Progran Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Agus Hendro Waskito., M.M., M.Mar, E dan Pembimbing II: Slamet Riyadi, M.Si. Bunker adalah sebuah kegiatan yang dilakukan diatas kapal yang melibatkan kapal tongkang dan pelabuhan, kegiatan bunker bertujuan untuk mengisi bahan bakar kapal agar kapal siap untuk berlayar. Aspek yang paling penting dari proses bunker adalah “komunikasi” yang merupakan bagian dari suatu pekerjaan. Sebagai seorang engineer saat proses bunker harus memahami dan mengerti petunjuk proses kerja bunker di kapal. Seorang Chief Engineer berperan penting saat proses bunker berlangsung karena sebagai pemimpin suatu tim. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui penyebab, dampak serta upaya yang terjadi pada proses bunker sehingga dapat mencegah terjadinya overflow pada saat bunker diatas kapal MT. Daeho Sunshine. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fishone analysis sebagai teknik analisis data dan SHEL untuk menentukan faktor, dampak dan upaya yang menjadi prioritas utama. Metode fishbone analysis berbentuk menyerupai kepala dan tulang ikan. Diagram fishbone juga disebut dengan diagram cause dan effect (sebab dan akibat) karena diagram tersebut menunjukkan hubungan antara sebab dan akibat dari faktor penyebab permasalahan, dampak yang ditimbulkan serta upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya overflow pada saat bunker di MT. Daeho Sunshine. Metode SHEL lebih menekankan pada seseorang (Center Liveware) dan empat komponen lain dari pada komponennya sendiri. SHEL adalah singkatan dari Software, Hardware, Environtment, dan Liveware Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa analisis terjadinya overflow pada saat bunker MDO di MT. Daeho Sunshine disebabkan oleh keteledoran Chief Engineer dalam melaksanakan bunker, pemasangan flange tidak optimal, kurangnya persiapan dalam mengatur dokumen ketika bunker, kurangnya persiapan peralatan keselamatan saat bunker. Faktor-faktor tersebut akan berdampak pada laporan dari loading master, overflow pada sambungan pipa flange bahan bakar, timbul masalah baru dalam proses bunker, menganggu proses bunker. Untuk mencegah faktor-faktor tersebut dapat dilakukan upaya dengan cara mematuhi peraturan dan taat saat melaksanakan bunker, mengencangkan pipa flange bahan bakar, memeriksa sounding periodic tangki, mempersiapkan peralatan keselamatan saat bunker. ABSTRACT Edwin Firdaus, 2020, NIT: 52155710 T, Analysis of Overflow at the MDO Bunker in MT. Daeho Sunshine ", thesis study Program Teknika, Diploma IV Programme, Polytechnic of the Semarang sailing sciences, Supervisor I: Agus Hendro Waskito., M.M., M.Mar, E and supervisior II: Slamet Riyadi, M.Si. Bunker is an activity carried out on a ship that involves a barge and a port, bunker activity aims to refuel the ship so that the ship is ready to sail. The most important aspect of the bunker process is "communication" which is part of a job. As an engineer when the bunker process must understand and understand the bunker work process instructions on the ship. A Chief Engineer plays an important role during the bunker process because he is the leader of a team. This study aims to determine the causes, impacts and efforts that occur in the bunker process so as to prevent overflow when bunkers aboard the MT. Daeho Sunshine. The research method that the author uses in the preparation of this thesis is a descriptive qualitative research method using the fishone analysis approach as a data analysis technique and SHEL to determine the factors, impacts and efforts that are the top priority. Fishbone analysis method is shaped like a fish's head and bones. Fishbone diagrams are also called cause and effect diagrams because they show the relationship between the causes and effects of the problem causing factors, the impacts they cause and the efforts made to prevent overflows during bunkers in MT. Daeho Sunshine. The SHEL method emphasizes a person (Center Liveware) and four other components rather than the components themselves. SHEL stands for Software, Hardware, Environment, and Liveware The results of research that have been done, it can be concluded that the analysis of overflow at the MDO bunker in MT. Daeho Sunshine is caused by negligence of Chief Engineer in carrying out bunkers, installation of flanges is not optimal, lack of preparation in managing documents when bunkers, lack of preparation of safety equipment when bunkers. These factors will have an impact on reports from the loading master, overflow in the fuel flange pipe connection, new problems arise in the bunker process, disrupt the bunker process. To prevent these factors efforts can be made by complying with regulations and obeying when implementing bunkers, tightening fuel flange pipes, checking periodic tank sounding, preparing safety equipment when bunkers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : bunker, overflow, chief engineer Keywords: bunkers, overflow, chief engineer
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:04
Last Modified: 11 Aug 2020 04:04
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2496

Actions (login required)

View Item View Item