IDENTIFIKASI TERKONTAMINASINYA BAHAN BAKAR DENGAN AIR LAUT DI DALAM TANGKI DOUBLE BOTTOM DI MT. MENGGALA

UMAR, SANTOSA (2020) IDENTIFIKASI TERKONTAMINASINYA BAHAN BAKAR DENGAN AIR LAUT DI DALAM TANGKI DOUBLE BOTTOM DI MT. MENGGALA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155788T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155788 T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155788T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155788 T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Santosa, Umar. 2020, NIT: 52155788 T, “Identifikasi Terkontaminasinya Bahan Bakar Dengan Air Laut di Tangki Double Bottom di MT. Menggala”, Skripsi Teknika, Program Diploma Program IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Nasri, M.T., M.Mar.E, Pembimbing II: Sri Suyanti, S.S., M.Si Mesin disel merupakan mesin induk penggerak utama di atas kapal, dan mesin disel menghasilkan tenaga penggerak melalui proses pembakaran antara bahan bakar, udara serta panas. Permasalahan yang penulis ambil dengan menggunakan rumusan masalah faktor apa saja yang mempenagruhi terkontaminasinya bahan bakar dengan air laut di dalam tangki double bottom?, dampak terkontaminasinya bahan bakar dengan air laut? serta upaya yang dilakukan terhadap terkontaminasinya bahan bakar dengan air laut?. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu Method, Machine, Measurement, Environment, Man, Material (Fishbone Analys) dan untuk pembahasan masalah dengan mengkategorikan ke dalam metode SHEL (Software, Hardware, Environment dan Livewere). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka dengan mengamati pada saat perawatan bahan bakar di MT. Menggala Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terkontaminasinya bahan bakar diakibatkan adanya kebocoran pada tangki double bottom serta sering terjadinya floading akibatnya berdampak pada proses pembakaran mesin diesel yang tidak sempurna, dan menurunnya tenaga mesin diesel. Upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi penyebab terkontaminasinya bahan bakar dengan air laut adalah melakukan penambalan pada plat tangki double bottom yang bocor, penggantian main sea water cooling pump. Simpulan dari penelitin ini adalah terdapat kebocoran tangki double bottom yang mengakibatkan air laut masuk ke tangki serta sering terjadinya flooding yang mengakibatkan lingkungan kamar mesin tergenang air laut dari faktor tersebut berdampak pada pembakaran di dalam silinder tidak sempurna serta berdampak pada tenaga mesin induk yang menurun. Saran untuk dari penilitian ini adalah selalu memperhatikan kondisi bahan bakar dan perusahaan terkait harus memperhatikan permasalahan yang ada di atas kapal meningkatkan pengetahuan masinis IV selaku penanggungjawab bahan bakar ABSTRACT Santosa, Umar, 2020 NIT: 52,155,788 T, "Identification of contaminated fuel oil with sea water on MT. Menggala Double Bottom tank ", Technical Mini Thesis, Diploma IV Program, Merchant Marine Polythecnic of Semarang, , Material Adviser (I): Nasri, M.T., M.Mar.E, Writing Adviser II: Sri Suyanti, S.S., M.Si. Diesel engine is a main engine power on the ship, and diesel engine can produce power force through the combustion process among with fuel oil, air and heat. In this problem author take a formulation of the problem with factor which affect contaminated fuel oil with sea water in the double bottom tank?, contaminated effects fuel oil with sea water? and efforts made to contaminate fuel oil with sea water?. This research using qualitative descriptive method by data analysis techniques. There are method, Machine, Measurement, Environment, Man, Material (Fishbone analys) and for a discussion of issues by categorizing into Shel method (Software, Hardware, Environment and Livewere). Data collected by observation, interviews, and literature review by observing during fuel oil treatment on MT. Menggala. This research results indicate that fuel oil contamination caused by leaks in the double bottom tank, and also often occur floading. Causing of impact in diesel engine combustion process that will not perfectly working , and also decreasing diesel engine power. Efforts have been made to handle the causes of fuel oil contamination with sea water, by patching on double bottom tank plat which are leaks, replacing of the main sea water cooling pump with a new one and fuel oil sampling for once every voyage.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Double bottom, bahan bakar, terkontaminasi, Fishbone Analys, SHEL Keywords: Double bottom, fuel, contaminated, Fishbone analys, Shel
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:03
Last Modified: 11 Aug 2020 04:03
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2492

Actions (login required)

View Item View Item