ANALISIS TERJADINYA KERETAKAN TORAK PADA DIESEL GENERATOR DI MT. FERY XVI

SUBANDRIYO, SUBANDRIYO (2020) ANALISIS TERJADINYA KERETAKAN TORAK PADA DIESEL GENERATOR DI MT. FERY XVI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155787T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155787T_skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155787T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155787T_SKRIPSI OPEN.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Subandriyo, 2020, NIT : 52155787.T, “Analisis Terjadinya Keretakan Torak Pada Diesel Generator Di MT. Fery XVI”, skripsi Program Studi Teknika, Progran Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dwi Prasetyo, M.M, M.Mar.E. dan Pembimbing II: Janny Adriani Djari, S.ST, M.M Torak adalah bagian dari mesin diesel yaitu penekan udara masuk dan penerima tekanan yang menghasilkan pembakaran pada ruang bakar yang menghasilkan tenaga atau usaha dengan memanfaatkan udara dan suhu yang tinggi. Pada penulisan penelitian ini terjadi masalah pada diesel generator yang ditemukan yaitu terjadi keretakan pada keretakan torak pada diesel generator. Kemudian dilakukan penelitian untuk mencari faktor penyebab terjadi keretakan pada torak tersebut, mengetahui dampak yang disebabkan terjadi keretakan torak pada diesel generator, dan mengetahui upaya yang dilakukan terjadi keretakan torak pada diesel generator tersebut, supaya dapat mencegah terjadi kerusakan yang sama pada diesel generator khususnya torak yang retak.. Jenis metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitaf dengan menggunakan pendekatan fishbone analysis dan SHELL untuk mempermudah dalam teknik analisis data. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara untuk memperkuat dalam analisis data dan pembahasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya keretakan torak pada diesel generator, dampak dari faktor penyebab terjadinya keretakan torak pada diesel generator dan upaya yang dilakukan untuk mencegah faktor penyebab terjadinya keretakan torak pada diesel generator di MT. Fery XVI. Berdasarkan hasil penelitian peneliti, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab terjadinya keretakan torak pada diesel generator di MT. Fery XVI adalah, 1)Tidak terlaksananya perawatan sesuai PMS 2) Kurang optimalnya pendingin dan pelumasan pada torak. 3) Masuknya air pada ruang bakar.4) kurangnya pengetahun terhadap torak. Dampak yang ditimbulkan adalah 1). Kinerja diesel generator menurun 2) Terjadinya overheat 3). Terjadi water hummer Upaya mencegah terjadinya keretakan torak pada diesel generator yang harus dilakukan adalah dengan, 1) Melaksanakan perawatan diesel genrator sesuai dengan PMS. 2) Melakukan perawatan sitem pelumasan. 3) Penggantian busing injector. 4) Memastikan spare part sesuai manual book. ABSTRACT Subandriyo, 2020, NIT: 52155787.T, "Analysis of the occurrence of piston cracks in diesel generators in MT. Fery XVI ", thesis of Engineering Study Program, Diploma IV Program, Semarang Shipping Polytechnic, Advisor I: Dwi Prasetyo, M.M, M.Mar.E. and Advisor II: Janny Adriani Djari, S.ST, M.M The piston is part of a diesel engine that is the inlet air pressure and pressure receiver that produces combustion in the combustion chamber that produces power or effort by utilizing high air and temperature. At the writing of this research, there was a problem in the diesel generator which was found that there was a crack in the piston crack in the diesel generator. Then a study was conducted to find the causes of cracks in the piston, to find out the impact caused by cracks in the diesel generator, and to find out the efforts made for cracks to occur in the diesel generator, so as to prevent the same damage to the diesel generator especially the piston cracked. The type of research method used by researchers in the preparation of this thesis is descriptive quality using fishbone analysis and SHELL approaches to facilitate data analysis techniques. Researchers also use data collection methods that researchers do is by observation, documentation and interviews to strengthen the data analysis and discussion. The purpose of this study was to determine the factors causing piston cracks in diesel generators, the impact of the factors causing piston cracks in diesel generators and efforts made to prevent factors causing piston cracks in diesel generators in MT. Fery XVI. Based on the research results of researchers, it can be concluded that the factors causing the black out of diesel generators in MT. Fery XVI is, 1) The maintenance is not in accordance with PMS 2) Less optimal cooling and piston lubrication. 3) Entry of water in the combustion chamber.4) lack of knowledge of the piston. The resulting impact is 1). Diesel generator performance decreases 2) Overheating occurs 3). Water hummer occurs Efforts to prevent cracks in the piston generator that must be done is by, 1) Carrying out diesel genrator maintenance in accordance with PMS. 2) Perform lubrication system maintenance. 3) Replacement of injector bushings. 4) Make sure the spare parts match the manual book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : diesel, torak, bushing, fishbone, SHELL. Kata kunci : diesel, torak, bushing, fishbone, SHELL.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:25
Last Modified: 10 Aug 2020 03:25
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2490

Actions (login required)

View Item View Item