OPTIMALISASI PERAWATAN EMERGENCY SHUT DOWN SYSTEM (ESDS) DI MT. GAS ONE

WIHDAH, NUR MUHAMMAD (2020) OPTIMALISASI PERAWATAN EMERGENCY SHUT DOWN SYSTEM (ESDS) DI MT. GAS ONE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155698N_SKRIPSI_FULTEXT)
52155698N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155698N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155698N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (12MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Muhammad, Wihdah Nur, 52155698 N, 2020, “Optimalisasi Perawatan Emergency Shut Down System (ESDS) di MT. Gas One”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Tri Kismantoro, M.M., M.Mar, Pembimbing II: Febria Surjaman, M.T., M.Mar.E. ESDS merupakan metode untuk menghentikan proses operasi dan mengisolasi dari saluran atau arus masuk untuk mengurangi kemungkinan terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan dengan cepat. ESDS didesain untuk menutup katup muat tangki jika level cairan meningkat di atas keadaan yang sudah ditentukan dan adanya bahaya tangki akan meluap. Kasus yang terjadi di MT. Gas One adalah kegagalan bekerjanya ESDS pada saat pengetesan sebelum proses bongkar muat. Ketika pengetesan didapati manifold starboard side, valve tank 1, dan valve tank 2 pada kapal tidak otomatis tertutup dan hanya manifold port side saja. Hal ini dapat menimbulkan keadaan darurat yang membahayakan keselamatan kapal dan kru kapal di kemudian hari jika ESDS tidak bekerja secara optimal. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti mengambil judul optimalisasi perawatan Emergency Shut Down System (ESDS) di MT. Gas One, dengan mengetahui cara meningkatkan kemampuan kru kapal dalam mengoptimalisasi perawatan ESDS, dan mengetahui optimalisasi pelaksanaan prosedur penanganan perlengkapan ESDS. Metode penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian yang diambil adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan riset lapangan serta studi pustaka dan dokumentasi, sehingga didapatkan teknik keabsahan data triangulasi. Teknik analisa data menggunakan fishbone analysis. Hasil dari penelitian ini adalah kegagalan bekerjanya ESDS terjadi karena kerusakan pada peralatan ESDS yaitu kerusakan pada solenoid valve yang menyebabkan tidak dapat bekerjanya ESDS secara optimal. Cara mengatasi kerusakan pada solenoid valve yaitu dengan melakukan perbaikan dari faktor manusia serta perbaikan permanen pada solenoid valve dengan cara menggantinya dengan yang baru. Peneliti menyarankan agar lebih giat dalam melakukan pencegahan dan perawatan ESDS berdasarkan sistem perawatan yang terencana sehingga dapat menunjang berjalannya SOP bongkar muat dengan aman. Perusahaan diharapkan peduli terhadap laporan yang diberikan oleh perwira di kapal mengenai kondisi peralatan yang ada di kapal sehingga dapat tersedianya suku cadang sesuai dengan kebutuhan kapal dengan tepat waktu. Perusahaan juga harus melaksanakan penyuluhan dan latihan tentang safety culture terhadap pekerjaan serta dedikasi terhadap perusahaan bagi setiap kru kapal yang akan bergabung di kapal. ABSTRACTION Muhammad, Wihdah Nur, 52155698 N, 2020, "Optimizing Care Emergency Shut Down System (ESDS) in MT. Gas One ", Diploma IV, Nautical Studies Program, Sailing Science Polytechnic Semarang, Supervisor I: Capt. Tri Kismantoro, MM, M.Mar, Supervisor II: Febria Surjaman, MT, M.Mar.E. ESDS is a method to stop the process and isolating the operation of the channel or the inflow to reduce the likelihood of undesirable events quickly. ESDS is designed to close the valve and unloading the tank if liquid level rises above a predetermined state and the danger of the tank will overflow. The case in MT. Gas One is the failure of the operation of ESDS at the time of testing before loading and discharging process. When testing found starboard side manifold, valve tank 1, and the tank valve 2 on the ship are not automatically closed and only manifold port side. This case can lead to emergencies that endanger the safety of the ship and the crew later if ESDS does not work optimally. Based on this, the researchers took the title optimization of treatmentEmergency Shut Down System (ESDS) in MT. Gas One, by knowing how to improve the ability of the crew to optimize the treatment ESDS, and knowing optimization implementation of handling procedures and equipment of ESDS. This research method is qualitative and descriptive research design. Source of research data is taken from primary and secondary data. Data collection techniques with field research and literature and documentation, so we get the data validity technique of triangulation. Data analysis technique using fishbone analysis. Results of this study is the failure of ESDS operation occurred because damage of ESDS equipment, it is the damage to the solenoid valve that cause can not operate ESDS optimally. How to cope with damage to the solenoid valve is to make improvements of the human factor as well as a permanent repair on the solenoid valve by replace it with a new one. The researchers suggested that more active in the prevention and treatment of ESDS based on treatment systems are planned so as to support the passage of SOP unloading safely. Companies are expected to care about the reports given by the officer on the ship about the condition of existing equipment on board so as to the availability of spare parts in accordance with the needs of the ship on time . The company must also conduct counseling and training on safety culture for work and dedication to the company for each crew who will join the ship.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: solenoid valve, ESDS, safety culture Keywords: solenoid valve, ESDS, safety culture
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 03 Aug 2020 02:39
Last Modified: 03 Aug 2020 02:39
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2451

Actions (login required)

View Item View Item