WISNU, MEDIYANTO (2020) ANALISIS ROBEKNYA CONTAINER DI IN HOLD KAPAL MV WARIH MAS PADA SAAT PROSES BONGKAR MUAT DI PELABUHAN AMBON. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (52155699N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155699N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (52155699N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155699N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Mediyanto, Wisnu.2020. “Analisa Robeknya Container Di In Hold Kapal MV. Warih Mas Pada Saat Proses Bongkar Muat Di Pelabuhan Ambon “. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Capt. Tri Kismantoro M.M, M.Mar., Pembimbing II: Romanda Annas Amrullah S.ST., M.M. Robeknya container merupakan hal yang kerap terjadi pada saat melakukan kegiatan bongkar muat. Pada dasarnya bila terjadi insiden robeknya container akan menyebabkan kerugian yang cukup banyak baik dari segi waktu dimana proses bongkar muat dapat tertunda maupun segi finansial dimana perlunya ongkos tambahan untuk memperbaiki container tersebut dan biaya tambahan untuk mengangkat container tersebut. Perlu mengertinya faktor-faktor penyebab insiden tersebut, mengetahui tindakan-tindakan pencegahan dan upaya yang harus dilakukan bila terjadi insiden tersebut merupakan hal yang wajib diketahui oleh seseorang yang bekerja di atas kapal dan menangani bongkar muat container. Dalam penulisan skripsi ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara dan studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan data yang relevan. analisis data diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk mengubah data hasil dari sebuah penelitian menjadi informasi yang nantinya bisa dipergunakan untuk mengambil sebuah kesimpulan. Analisis data menghasilkan simpulan bahwa terjadinya kerobekan container disebabkan oleh berbagai faktor seperti faktor kurangnya keahlian dan tanggung jawab seseorang dalam melakukan tugas mereka masing-masing dalam proses bongkar muat yang terjadi. Faktor lainnya juga disebabkan oleh faktor alat bongkar muat yang kurang baik sehingga mengakibatkan pengayunan muatan pada saat di hive up oleh crane berlebih dan menyebabkan tersangkutnya container yang sedang dibongkar di dalam sela-sela cell guide dalam palka. Dengan mengetahui faktorfaktor tersebut, maka kerusakan container dapat diminimalisir dengan mengurangi kesalahan daripada orang-orang yang sedang melakukan operasi bongkar muat dan juga melakukan evaluasi pekerjaan yang telah dilakukan dengan cara mengadakan safety meeting secara rutin. ABSTRACT Mediyanto, Wisnu.2020. “The Analysis of The Damage Container in MV. Warih Mas On Loading And Discharging Process At Ambon Port“.Thesis. Diploma IV Program. Nautical Studies. Semarang Merchant Marine Polytechnic. 1 Supervisor: Capt. Tri Kismantoro M.M, M.Mar., 2 st Supervisor: Romanda Annas Amrullah S.ST., M.M. nd Torn of the container is a common thing when loading and unloading activities happen. When this happens, the torn container will cause a considerable loss in time like the loading and unloading process can be delayed and the financial aspect where we need additional costs to repair the container and additional costs for lifting container. It is necessary to uncover the factors that cause the emergence, study the actions to evade it and actions that must be done if the the emergence occurs is something that must be known by someone who works on the ship and container loading and unloading handling. In write of this thesis, researchers used a qualitative descriptive method. Observations, interviews and literature studies conducted to collect relevant data. Data analysis is defined as the activities carried out to transform data resulting from research into information that can be used to make a conclusions. The data analysis produces conclusions that the torn of containers caused by various factors such as factors that affect a person's expertise and responsibility in carrying out their respective duties in the loading and unloading process that occurs. Other factors also cause by the worse of loading and unloading machine so it caused the excessive swing when container was hiving up with crane and it make the container get stuck on gap of in hold’s cell guide. By knowing these factors, container damage can be minimized by reducing the errors of people who are carrying out loading and unloading operations and also evaluating the work done by held the safety meetings regularly.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kerusakan container, container robek, bongkar muat Keywords: Container damage, torn of container, loading and unloading |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 03:08 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 03:08 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2431 |
Actions (login required)
View Item |