PELAKSANAAN ATURAN COLREG SAAT BERLAYAR PADA BAGAN PEMISAH SELAT SHIMONOSEKI JEPANG DI LPG/C CIPTA DIAMOND

ILHAM, MAULANA MUZAKI (2020) PELAKSANAAN ATURAN COLREG SAAT BERLAYAR PADA BAGAN PEMISAH SELAT SHIMONOSEKI JEPANG DI LPG/C CIPTA DIAMOND. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155685N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155685 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155685N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155685 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI ILHAM MAULANA MUZAKI, 2020, NIT: 52155685 N, ‘‘Pelaksanaan Aturan Colreg saat Berlayar pada Bagan Pemisah Selat Shimonoseki Jepang di LPG/C Cipta Diamond”, Program Studi Nautika, program diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Arika Palapa, M. Si, M.Mar dan Pembimbing II: Poernomo Dwi Atmojo, M.H Berdasarkan aturan colreg 1972 yang terkait dengan selat tersebut dan fungsi dari Kanmon Martis sebagai badan penyedia pelayanan lalu lintas kapal yang sangat penting dalam menunjang kelancaran pelayaran di dalam bagan pemisah lalu lintas selat Shimonoseki Kanmon Jepang. Dalam hal itu pemahaman aturan-aturan tersebut sangat penting saat berlayar pada bagan pemisah lalu lintas tersebut, dan perlu mendapat perhatian khusus sehubungan dengan kondisi lalu lintas yang ramai dan kondisi perairan serta faktor-faktor alam yang terjadi di perairan tersebut. Landasan teori yang diambil dalam penulisan skripsi ini adalah berdasarkan adanya permasalahan yang sering timbul diatas kapal. Seperti terjadinya situasi darurat disebabkan karena kondisi lalu lintas yang ramai, terganggunya pengamatan yang disebabkan oleh kabut, dan adanya pasang dan surut yang tinggi didalam bagan pemisah lalu lintas perairan selat Kanmon Jepang, dan tidak kondisi mesin yang tidak prima saat kapal berolah gerak di pelayaran sempit selat kanmon. Dalam skripsi ini juga penulis menggunakan kaidah yang diambil dari teori yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Selain itu metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif, sedangkan untuk metode penyelesaian yang digunakan adalah fishbone. Pada analisa data dan hasil penelitian berisi pemaparan penulis tentang aturan dari Kanmon Martis dan Colreg 1972 yang ditemui saat melintasi selat tersebut, dan beberapa kendala yang dialami diantaranya faktor dari luar yaitu faktor alam, ramainya lalu lintas, kurangnya pemahaman berlalu lintas pada bagan pemisah, dan faktor dari dalam yaitu terdapat kendala dalam mesin utama yang tidak optimal menpengaruhi olah gerak dan laju kapal . Untuk itu, diperlukan kecakapan pelaut yang baik agar permasalahan tersebut dapat diatasi agar terwujudnya suatu pelayaran yang aman selama berlayar didalam bagan pemisah lalu lintas. ABSTRACT ILHAM MAULANA MUZAKI, 2020, NIT: 52155685 N, ‘‘Implementation of the Colreg Rules when Sailing on the Japan Shimonoseki Strait Separator scheme at LPG/C Cipta Diamond”, Nautical department, program of diploma IV, Merchant Marine Polythechnic of Semarang, Lecture I: Capt. Arika Palapa, M. Si, M.Mar dan Lecture II: Poernomo Dwi Atmojo, M.H Based on the 1972 colreg rules related to the strait and the function of Kanmon Martis as a provider of ship traffic services which is very important in supporting the smooth navigation of the Japan Shimonoseki Kanmon Strait traffic separation chart. In that case, understanding these rules is very important when sailing on the traffic separation chart, and special attention needs to be paid in relation to the busy traffic conditions and water conditions and natural factors that occur in these waters. The theoretical basis taken in writing this thesis is based on the problems that often arise on the ship. Such as an emergency situation caused by busy traffic conditions, disruption of observations caused by fog, and the presence of high tides and tides in the Japanese Kanmon Strait water separator flow chart, and not prime engine conditions when the ship is moving on a narrow cruise Kanmon strait. In this thesis the authors also use rules taken from theories related to the topics discussed. In addition, the research method used by the writer is qualitative, while the settlement method used is fishbone. In the analysis of the data and the results of the study contains the author's explanation of the rules of the Kanmon Martis and Colreg 1972 encountered when crossing the strait, and several obstacles experienced include external factors, namely natural factors, traffic congestion, lack of understanding of traffic on the dividing chart, and internal factors, namely that there are obstacles in the main engine that are not optimal affecting the motion and speed of the ship. For this reason, it is necessary to have good seafarers' skills so that these problems can be overcome so that a safe voyage is made while sailing in the traffic separation scheme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Colreg 1972, Kanmon Martis, Cuaca, Kondisi mesin Keywords: Colreg 1972, Kanmon Martis, Weather, Engine condition
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:06
Last Modified: 30 Jul 2020 03:06
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2427

Actions (login required)

View Item View Item