ASTRI LINDA, NOVIYANTI (2020) UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA BACK PRESSURE PADA SAAT PROSES BONGKAR DI KAPAL LPG/C GAS WALIO. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (52155588N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155588 N_Skirpsi_Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (43MB) | Request a copy |
|
Pdf (52155588N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155588 N_Open_Access.pdf Download (16MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Astri Linda Noviyanti, 2020. NIT: 52155588 N, “Upaya Pencegahan Terjadinya Back Pressure Pada Saat Proses Bongkar Di Kapal LPG/C Gas Walio”, Program Diploma IV, Program studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc., Pembimbing II: Latifa Ika Sari S.Psi, S.Pd, M.Pd Pengangkutan LPG dalam bentuk cair pada kapal membutuhkan teknologi yang maju karena sifat LPG yang mempunyai titik didih yang rendah dan mudah terbakar. Penanganan muatan dengan sungguh-sungguh sangat diperlukan karena resiko yang dihadapi cukup besar. Oleh karena sifat muatan yang mudah terbakar, maka diperlukan keterampilan dan pengetahuan yang baik bagi awak kapal tentang penanganan muatan LPG yang baik. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui resiko yang mungkin menjadi penyebab terjadinya back pressure pada saat proses bongkar di kapal LPG/C Gas Walio dan upaya pencegahannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode analisis data fishbone digunakan untuk menentukan faktor penyebab terjadinya masalah dan menemukan pemecahan masalah tersebut. Sumber data dari penelitian ini berasal dari hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi selama peneliti di atas kapal, kemudian dianalisa menjadi sebuah temuan yang diberikan pemecahan masalahnya dan menjadi sebuah tulisan penelitian yang bermanfaat bagi pembacanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya back pressure saat proses bongkar meliputi faktor manusia, faktor cuaca, faktor metode penanganan muatan, dan faktor material. Dari faktor-faktor tersebut dapat dihindari dengan upaya antara lain meningkatkan pemahaman dan pengetahuan awak kapal tentang sifat muatan dan cara penanganannya. Serta awak kapal harus mengetahui dan melakukan prosedur kerja yang baik. Dengan itu diharapkan kegiatan bongkar dapat berjalan dengan lancar dan perusahaan tidak mengalami kerugian yang disebabkan terganggunya operasional kapal seperti keterlambatan proses bongkar dan bahaya yang mungkin terjadi. ABSTRACT Astri Linda Noviyanti, 2020. NIT: 52155588 N, “Upaya pencegahan terjadinya back pressure pada saat proses bongkar di kapal LPG/C Gas Walio”, Diploma IV Program, Nautical departement, Merchant Marine Polytechnic Semarang, Adviser I: Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc., Adviser II: Latifa Ika Sari S.Psi, S.Pd, M.Pd Cargo handling of LPG on board in liquid form need an advanced technology because the LPG’s characteristic are low boiling point and flammable. When cargo handling , we should give more attention because it involves a high risk.furtermore, highly flammable cargo need a special skill and knowledge for crew whom the cargo handling. Therefore the I want to know the risk that might become a back pressure in a unloading on LPG/C Gas Walio and how to prevent it. The methodology which I used in my observation is qualitative and descriptive method. With the data analysis are fishbone to determine the cause of the problems and find solutions. In this research terms of collecting data, through observation, interview, and documentation of researchers on board. Then were analysed into a discovery that should be given the solution of the problem and became a research observation can be useful for those who read it. The result show the factors which occured back pressure when discharge operation include human, weather, method, material. From the factors above it can be avoided with the efforts made by vessel and terminal. By implementing the procedur of discharge operation based on regulations, the discharge operation would be succeed and the company will not encounter of loss cost because distruption of ship operation like the reforfment of proccess and the risk occured.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Back pressure, muatan LPG Keyword: Back pressure, cargo of LPG |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 02:33 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 02:33 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2419 |
Actions (login required)
View Item |