Analisis Pelaksanaan Multigrade Cargo Discharging di MT. Bull Papua

DEVAN, ANJELITO (2020) Analisis Pelaksanaan Multigrade Cargo Discharging di MT. Bull Papua. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155594N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155594N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155594N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155594N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Anjelito, Devan. 2020. “Analisis Pelaksanaan Multigrade Cargo Discharging di MT. Bull Papua”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Capt. I Kadek Laju, S.H, M.M, Pembimbing II: Daryanto S.H, M.M. Sebagai negara konsumen minyak terbesar di Asia Tenggara, Indonesia mengonsumsi 1,7 juta barrel minyak per hari. Minyak ini diambil dari sumur minyak yang tersebar di seluruh Indonesia, yang kemudian diangkut menggunakan kapal tanker menuju kilang minyak untuk diproses menjadi produk olahan minyak. Untuk memenuhi demand, MT. Bull Papua sebagai crude oil tanker sering melaksanakan proses multigrade cargo discharging. Proses ini merupakan proses yang sangat rumit, karena muatan tidak boleh tercampur antara satu grade dengan grade yang lain. Tercampurnya muatan menyebabkan kerusakan muatan yang mengurangi kualitas dan harga jualnya. Walaupun demikian, sampai saat ini belum ada publikasi maupun penelitian yang membahas multigrade cargo discharging. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kendala pelaksanaan multigrade cargo discharging dan mengetahui upaya untuk mengatasi kendala pelaksanaan multigrade cargo discharging di MT. Bull Papua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Observasi, wawancara dan studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan data. Untuk menguji keabsahan data, peneliti kemudian melakukan perpanjangan pengamatan dan triangulasi metode. Data yang sudah teruji keabsahannya dianalisis dengan menggunakan fishbone diagram. Analisis data menghasilkan simpulan bahwa kendala pelaksanaan multigrade cargo discharging di MT. Bull Papua adalah tidak adanya prosedur pelaksanaan multigrade cargo discharging. Kendala ini menyebabkan proses discharging berjalan tidak terarah dan menimbulkan masalah turunan lainnya. Untuk mengatasi kendala ini, peneliti telah menyusun sebuah prosedur pelaksanaan praktis dan komprehensif sehingga dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan multigrade cargo discharging di MT. Bull Papua. Adanya prosedur ini dapat mengatasi kendala pelaksanaan multigrade cargo discharging di MT. Bull Papua. ABSTRACT Anjelito, Devan. 2020. “Analysis of Multigrade Cargo Discharging on MT. Bull Papua”. Thesis. Diploma IV Program, Nautical Studies, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. 1 Supervisor: Daryanto S.H, M.M. st Supervisor: Capt. I Kadek Laju, S.H, M.M, 2 nd As the biggest consumer of oil product in Southeast Asia, Indonesia consumes 1.7 million barrels of oil per day. This oil is extracted from the oil wells scattered all over the country, which is then transported by using oil tanker to the oil refinery to be processed into various oil products. To meet this demand, MT. Bull Papua as a crude oil tanker, frequently conducts multigrade cargo discharging. It is a complex process, as the cargo cannot be mixed between one grade to another grade. The contamination between different cargo grades will damage the cargo, which in turn will decrease the cargo quality and reduce its price. Nevertheless, there is currently no publication or research on this particular issue until today. The purposes of this research are to identify the obstacles of multigrade cargo discharging process and to determine countermeasures to overcome the obstacles of multigrade cargo discharging process on MT. Bull Papua. This research uses qualitative method. Observation, interview and literature study are performed to retrieve the relevant data. To test data validity, researcher performs the research-extension and method triangulation. The valid data is then analysed based on the established theories and by making use of the cause and effect diagram. Data analysis concludes that the main obstacle of multigrade cargo discharging on MT. Bull Papua is the unavailability of procedure regarding the operation. This leads to confusion and results to several derivative obstacles. To overcome this, researcher has formulated practical and comprehensive procedure applicable in multigrade cargo discharging process on MT. Bull Papua. This procedure is expected to overcome the main obstacle and its derivatives simultaneously.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: discharging, multigrade, cargo, minyak, prosedur Keywords: discharging, multigrade, cargo, oil, procedure
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:15
Last Modified: 30 Jul 2020 02:15
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2410

Actions (login required)

View Item View Item