DWIKI AZIZI, RAVENDRA PUTRA (2020) ANALISIS PENYEBAB DAN PENANGGULANGAN ADANYA AIR DIDALAM PALKA YANG MENYEBABKAN KERUSAKAN MUATAN DIDALAM PETI KEMAS PADA MV. ESTUARI MAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (52155681N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155681N_Skripsi_Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (52155681N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155681N_Open_Access.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Azizi R.P., Dwiki, 52155681 N, 2020, “Analisis penyebab dan penanggulangan adanya air didalam palka yang menyebabkan kerusakan muatan didalam peti kemas pada MV. Estuari mas”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. I Kadek Laju,S.H.,M.M., Pembimbing II: Ir. Fitri Kensiwi,M.Pd Di bidang transportasi laut khususnya pengangkutan barang atau muatan, telah terjadi perubahan dan peningkatan, yaitu dengan hadirnya peti kemas yang menjadi suatu sistem baru. Sistem pengangkutan barang atau muatan dengan menggunakan peti kemas di kapal membutuhkan teknik memuat yang baik dan handal serta tempat atau ruang muat yang strategis . Salah satu ruang muat yang strategis adalah didalam palka. Ruang muat atau palka yang baik dan strategis secara langsung menjamin keselamatan muatan itu sendiri , akan tetapi terkadang konstruksi palka yang seharusnya water tight untuk pengamanan peti kemas diatas kapal pada kenyataannya tidak sesuai kondisi yang seharusnya . Terjadi adanya air didalam palka MV. Estuari mas yang menyebabkan kerusakan muatan. Maka dari itu perlu dianalisa faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan adanya air didalam palka MV. Estuari mas. Setelah diketahui penyebabnya maka diperlukan bagaimana cara penanggulangan adanya air didalam palka MV. Estuari mas. Metode penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian yang diambil adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan riset lapangan yang meliputi wawancara dan observasi, dan dokumentasi, sehingga didapatkan teknik keabsahan data triangulasi. Teknik analisa data menggunakan fishbone analysis. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa faktor- faktor penyebab adanya air didalam palka MV. Estuari mas adalah Kerusakan alat pada perangkat perangkat palka, Kurang jelasnya prosedur untuk jadwal pemeriksaan pada palka dan kelalaian kru dalam melakukan tugasnya. Cara penanggulangan adanya air didalam palka pada MV. Estuari mas adalah Perbaikan dan pada alat yang rusak, pembuatan jadwal prosedur yang jelas dan melakukan meeting tentang pentingnya pemeriksaan palka. Oleh karena itu, peneliti menyarankan crew MV. Estuari mas meningkatkan sistem pengawasan pada kapal terutama palka dan melakukan perawatan pada alat alat secara berkala dan terprogram . Selain itu pemberian teguran terhadap crew yang lalai dalam melaksanakan tugas dan pemberian wawasan terhadap kru tentang bahaya adanya air didalam palka ABSTRACT Azizi R.P., Dwiki, 52155681 N, 2020, "Analysis causes and countermeasures for water in the cargo hold causing damage cargo in the container at MV. Estuari mas”, Diploma IV Program, Nautical Study Program, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Advisor I: Capt. I Kadek Laju,S.H.,M.M., Supervisor II: Ir. Fitri Kensiwi,M.Pd In sea transportation sector, especially the carriage of goods and cargo, there has been change and improvement, namely the presence of containers that become a new system. The carriage system of goods or cargo using containers on the ship requires good and reliable loading techniques and strategic cargo hold . One of the strategic loading spaces in the cargo hold. Loading space or cargo hold directly guarantees the safety of the cargo itself, but sometimes the construction of a cargo hold that should be water tight to secure the container on the ship in fact does not fit the conditions should. There is water inside the cargo hold at MV. Estuari mas are causing damage cargo. Therefore, it known why, it is necessary how to countermeasure the presence of water in the cargo hold at Estuari mas This research used qualitative approach and descriptive research design. Sources of research data taken are primary and secondary data. The technic to gather the data in field research includes interviews and observations and documentation, so that the triangulation data validity technique is obtained. To analyze this data, this research used fishbone analysis. The results showed that the factors were the cause of water in the cargo hold at MV Estuari Mas is damage of material on the devices in the cargo hold, the less clear procedure to schedule inspections on the cargo hold and the negligence of the crew in doing there job. How to countermeasure the presence of water in the cargo hold at MV. Estuari Mas is a repair of damage material, making schedule clear procedures and conducting meetings on the importance of Palka inspection. Therefore, the researcher suggested the crew MV. Estuari Mas improves surveillance systems on vessels especially cargo hold and execute maintenance on the material periodically and programmatic. In addition, giving a warning to crew who neglect to carry out duties and give insight to the crew about the dangers of water in the cargo hold
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Analisis, air , palka , peti kemas Keywords: Analysis, Water, Cargo hold, Container |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 02:06 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 02:06 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2396 |
Actions (login required)
View Item |