PELAYANAN PRIMA KAPAL TUNDA DI TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG

KARTIKO, CAHYO (2020) PELAYANAN PRIMA KAPAL TUNDA DI TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155563N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155563 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155563N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155563 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Kartiko Cahyo, 52155563, 2020, “Pelayanan Prima Kapal Tunda di Terminal Peti Kemas Semarang”, Progam Diploma IV, Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing 1 dan 2 : Dr. Capt. Suwiyadi, M.Pd., M.Mar. dan Sri Suyanti, S.S.,M.Si. Untuk mendukung kelancaran transportasi angkutan laut dalam pelayanan kapal, maka dalam penulisan skripsi ini menguraikan tentang bagaimana, “Pelayanan Prima Kapal Tunda di Terminal Peti Kemas Semarang”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jumlah kapal yang dilayani kapal tunda di Termial Peti Kemas Semarang, mengatasi kendala-kendala yang dijumpai dalam pelayanan kapal tunda di Terminal Peti Kemas Semarang, dan melakukan upaya dalam mengatasi kendala-kendala yang dijumpai kapal tunda di Terminal Peti Kemas Semarang. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis di dalam menyampaikan masalah adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan dan menguraikan objek yang diteliti. Berdasarkan cara memperolehnya, data yang diperoleh selama penelitian sebagai pendukung tersusunnya penulisan skripsi ini adalah menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian di Terminal Peti Kemas Semarang: (1) Prosedur permintaan kapal tunda, persiapan agen dalam Permohonan Pelayanan Jasa Kapal (PPJK), persiapan pihak kapal, penerbitan pilot order (2) Jumlah kapal yang dilayani oleh Pelindo III, berbagai jenis kapal yang masuk atau keluar ataupun sandar di Tanjung Emas (3) Berbagai faktor kendala external dan internal dalam pelayanan kapal tunda (4) Berbagai upaya peringatan batas kecepatan angin, melaksanakan pergantian dalam keluar masuk alur pelabuhan, menjaga alat proses penyandaran kapal, melakukan persiapan pada kapal yang akan berolah gerak sandar di pelabuhan. Berdasarkan hasil penelitian ini simpulan pada pelayanan kapal tunda, yaitu: (a) Melaksanakan permintaan penundaan sesuai prosedur (b) Banyaknya jumlah kapal yang dilayani oleh kapal tunda pada bulan Desember tahun 2019 sebanyak 76 kapal. (c) Kendala kendala yang terjadi adalah kecepatan angin, lebar alur yang sempit dan sering dijumpai kendala mesin kapal. (d) dari berbagai kendala tersebut dapat diatasi dengan pengawasan pada alur, komunikasi dengan baik dan pelaksanaan penundaan dibantu dengan kapal tunda dan pandu. ABSTRACTION Kartiko Cahyo, 2020, "Excellence Service of Tugboat in Container Terminal of Semarang ", Diploma IV Program, Nautica, Merchant Marine Polytechnic of Semarang, 1 Advisor : Sri Suyanti, S.S.,M.Si. st Advisor : Dr. Capt. Suwiyadi, M.Pd., M.Mar. and 2 nd To carrying the good of shipping of sea transportation in ship serving so for this my thesis describe about how “Excellence Service of Tugboat in Container Terminal of Semarang " . The purpose of the research for knowing the number of vessel is served by tugboat in Container Terminal of Semarang, and do action at problem solving in every obstacle in serving of tugboat of Container Terminal in Semarang The research method used by the author in solving problems is descriptive qualitative to describe and describe the object being discussed. Based on how it was obtained, the data obtained during the study as a support for the preparation of this research proposal using primary and secondary data. The research results in the Container Terminal of Semarang : (1) The procedure of request tugboat, preparation the agent in the Requesting Service Ship (PPJK), the preparation of the ship, the issued of pilot order, (2) The number of vessel serviced by Pelindo III, The kind of ship which in or out also bert in Tanjung Emas (3) The obstacle factors extenal or internal in tugboat service (4) The action warning limit speed of wind, do change in or out of narrow channel, keep berthing equipment, preparation for vessel will manouvering berth in harbour. According to this research, conclusion in tugboat service are (a) Do request of towing as procedure (b) The number of ship served by tugboat on December 2019 are 76 ships. c) The obstacles which happen in serving tugboat are the wind speed, the narrow channel and also often meet the trouble engine of the vessel. d) From those obstacles can be solving with the supervising to the channel the good communication and the implementation of towing helped with tugboat and the pilot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kapal Tunda, Terminal Peti Kemas Semarang. Keywords : Tugboat, Container Terminal of Semarang.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:49
Last Modified: 30 Jul 2020 01:49
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2388

Actions (login required)

View Item View Item