ANALISIS PERBEDAAN PEMUATAN CARGO METHYL TERTIARY BUTHYL ETHER (MTBE) DI PELABUHAN KUANTAN, MALAYSIA DENGAN PELABUHAN SINGAPORE

TEGUH, KURNIAWAN (2020) ANALISIS PERBEDAAN PEMUATAN CARGO METHYL TERTIARY BUTHYL ETHER (MTBE) DI PELABUHAN KUANTAN, MALAYSIA DENGAN PELABUHAN SINGAPORE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155581N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155581 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155581N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155581 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (26MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Kurniawan, Teguh, 2020, NIT: 52155581 N, “Analisis Perbedaan Pemuatan Cargo Methyl Tertiary Buthyl Ether (MTBE) di Pelabuhan Kuantan, Malaysia dengan Pelabuhan Singapore” , Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Dwi Antoro, M.M., M.Mar., Pembimbing II: Yustina Sapan, S.ST., M.M. Pengangkutan MTBE melalui laut sudah banyak ditemui di berbagai pelabuhan mengingat MTBE banyak difungsikan sebagai octane booster oleh industri-industri perminyakan. Beberapa fasilitas untuk pemuatan cargo MTBE di Asia bagian Tenggara antara lain di Pelabuhan Kuantan, Malaysia dan Pelabuhan Singapore. Dari dua pelabuhan tersebut, terdapat perbedaan dalam prosedur memuat yang diimplementasikan berkaitan dengan policy dari masing-masing pelabuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur pemuatan di Pelabuhan Kuantan yang tidak diterapkan di Pelabuhan Singapore, faktor-faktor penyebab terjadinya perbedaan, serta upaya yang perlu dilakukan untuk mengurangi perbedaan prosedur pemuatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan analisis deskriptif, dengan teknik pengumpulan sumber data penelitian dilakukan dengan cara riset lapangan (field research) yang mencakup observasi dan wawancara langsung dengan responden. Analisis data menggunakan teknik komparatif konstan, dengan membandingkan prosedur pemuatan di dua pelabuhan berbeda, dimana dapat dilakukan generalisasi perbedaan signifikan terdapat dalam perlakuan Nitrogen Purging pra-memuat yang diterapkan di Pelabuhan Kuantan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah perlakuan Nitrogen Purging pra-memuat dilakukan untuk alasan keamanan, sebagai tindakan pencegahan tangki overpressure dan untuk quality control sesuai dengan yang disyaratkan oleh shipper. Dalam beberapa nominasi cargo, bagi pihak pengangkut yang perlu diperhatikan adalah permintaan dan karakteristik yang disyaratkan oleh shipper, mengingat permintaan dan karakteristik dari muatan yang akan dikirimkan melalui jasa transportasi laut merupakan persetujuan oleh shipper dan juga consignee. Disyaratkannya Nitrogen Purging pra-memuat, seperti di Pelabuhan Kuantan, dapat menjadi alternatif pilihan dari perusahaan pelayaran untuk dapat memilih nominasi-nominasi serupa, yang memiliki kemungkinan lebih kecil cargo yang dimuat akan rusak atau hilang selama pengangkutan di atas kapal sehingga dapat menimbulkan claim yang merugikan perusahaan pelayaran. ABSTRACT Kurniawan, Teguh, 2020, NIT: 52155581 N, “Analysis Discrepancy of Cargo Loading Methyl Tertiary Buthyl Ether (MTBE) at Kuantan Port, Malaysia with Singapore Port” , Thesis of Nautical Department, Diploma IV Progamme, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Adviser I: Capt. Dwi Antoro, M.M., M.Mar., Adviser II: Yustina Sapan, S.ST., M.M. The transportation of MTBE by sea has been mostly found in various ports considering that MTBE is mostly functioned as an octane booster by the oil industry. Some facilities for loading MTBE cargo in Southeast Asia include Kuantan Port, Malaysia and Singapore Port. Of the two ports, there are differences in the loading procedures implemented in relation to the policies of each port. The purpose of this study is to describe the loading procedures at Kuantan Port that are not implemented at the Port of Singapore, the factors causing the differences, as well as the efforts that need to be made to reduce differences in loading procedures. The research method used is a descriptive analysis approach, with the technique of collecting research data sources carried out by means of field research which includes observations and direct interviews with respondents. Data analysis conducted using constant comparative techniques, by comparing loading procedures at two different ports, where there can be generalization of significant differences in the pre-loading Nitrogen Purging treatment applied at Kuantan Port. The research result obtained is the Nitrogen Purging pre-loading treatment conducted for safety reasons, as a precautionary measure for overpressure tanks and for quality control as required by the shipper. In a number of cargo nominations, the carrier that needs to be considered is the demand and characteristics required by the shipper, bearing in mind that the demand and characteristics of the cargo to be sent via sea transportation services are the agreement of the shipper and consignee. Requirement for Nitrogen Purging pre-loading, such as at Kuantan Port, can be an alternative choice for shipping companies to be able to choose similar nominations, which have a smaller chance that a loaded cargo will be damaged or lost during transportation on the ship so that it can cause adverse claims to shipping company.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : MTBE, Pelabuhan Kuantan, Pelabuhan Singapore, Nitrogen Purging, Studi Komparatif. Keyword : MTBE, Kuantan Port, Singapore Port, Nitrogen Purging, Comparative Study.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:52
Last Modified: 28 Jul 2020 01:52
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2364

Actions (login required)

View Item View Item