OKI, KRISTIAN NUGROHO (2020) PENANGANAN KEBAKARAN MUATAN BATU BARA DI MV. PERMATA CAROLINE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (52155573N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155573 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Pdf (52155573N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155573 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Nugroho, Oki Kristian, 52155573 N, 2020, “Penanganan Kebakaran Muatan Batu bara Di MV. Permata Caroline”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. H. Agus Hadi Purwantomo., SP.1., M.Mar, Pembimbing II: Capt. Karolus Geleuk Sengadji., MM. Batu bara termasuk salah satu muatan berbahaya dimana batu bara dapat memanas atau terbakar sendiri. Dengan dasar teori itu peneliti merumuskan masalah tentang faktor apa saja yang menyebabkan terbakarnya muatan batu bara diatas kapal MV. Permata Caroline, bagaimana cara penanganan muatan batu bara yang terbakar di MV. Permata Caroline, dan bagaimana upaya mengatasi kebakaran muatan batubara terbakar di MV. Permata Caroline yang digunakan dalam pembuatan laporan penelitian. Menurut World Coal Institute (WCI) (2005:2), Batu bara adalah bahan bakar fosil yang dapat terbakar sendiri, terbentuk dari endapan, batuan organik yang terutama terdiri dari karbon, hydrogen dan oksigen. Menurut Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) terbakar adalah suatu peristiwa bencana yang berasal dari api yang tidak dapat dikehendaki yang dapat menimbulkan kerugian, baik kerugian materi maupun kerugian yang non-materi hingga kehilangan nyawa atau cacat tubuh yang ditimbulkan akibat kebakaran. Jadi menurut peneliti batubara terbakar adalah nyala api yang tidak dikehendaki pada batubara yang terjadi secara alami. Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Deskriptif adalah suatu metode penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif untuk menggambarkan fenomena yang ada. Kualitatif adalah pengamatan, wawancara atau penelaahan dokumen, metode kualitatif ini digunakan karena beberapa pertimbangan. Berdasarkan permasalahan dan fakta yang telah diuraikan dalam hasil penelitian sehingga diketahui faktor-faktor penyebab terjadinya muatan batu bara yang terbakar ketika pemuatan di MV. Permata Caroline dengan faktor utama penyebab kebakaran adalah nyala api dikarenakan terpenuhinya unsur segitiga api. Penanganan yang dilakukan adalah dengan memutus rantai segitiga api, serta dilakukan pembongkaran pada batu bara yang terbakar, kemudian upaya pencegahan yang dilakukan adalah mengupayakan untuk meniadakan unsur segitiga api yang dimaksudkan adalah unsur oksigen dengan pemadatan ruang muat, dan juga memaksimalkan fungsi ventilasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, faktor yang menyebabkan terjadinya muatan batu bara terbakar di MV. Permata Caroline adalah terpenuhinya unsur segitiga api, adanya pemadatan muatan yang kurang maksimal, terlalu lamanya berlabuh jangkar, dan kerusakan pada crane bongkar di PLTU Suralaya yang menyebabkan kebakaran muatan batu bara semakin menjalar. Batu bara terbakar, kurangnya pengetahuan awak kapal terhadap bahaya yang ditimbulkan dan cara penanganan muatan batu bara yang terbakar. ABSTRACT Nugroho, Oki Kristian, NIT : 52155573 N, 2020, “Penanganan Kebakaran Muatan Batu bara Di MV. Permata Caroline”, Script of Nautical Study Program, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnics, 1st Supervisor: Capt. H. Agus Hadi Purwantomo., SP.1., M.Mar, 2nd Supervisor: Capt. Karolus Geleuk Sengadji., MM. Coal is one of the dangerous charges where coal can heat up or burn on its own. On the basis of the theory, the researcher formulated a problem about what factors caused the burning of coal loads on the MV. Permata Caroline, how to overcome the coal load that burned in the MV. Permata Caroline, and how to prevent burning of coal burning in the MV. Permata Caroline used in making research reports. According to the World Coal Institute (WCI) (2005: 2), coal is a fossil fuel that can burn itself, formed from deposits, organic rocks consisting mainly of carbon, hydrogen and oxygen. According to the Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) a fire is a catastrophic event originating from an undesirable fire which can cause loss, both material loss and non-material losses to loss of life or bodily disability caused by fire. So according to the author of burning coal is a flame on unwanted coal that occurs naturally. The data analysis method used by researchers is a qualitative descriptive method. Descriptive is a research method used in descriptive research to describe existing phenomena. Qualitative is observation, interview or document review, this qualitative method is used for several reasons. Based on the problems and facts that have been described in the results of the study so that the factors causing the occurrence of coal loads are burned when loading in the MV. Permata Caroline with the main factor causing fires is the fire due to the fulfillment of the fire triangle element. Handling is done by breaking the chain of fire triangles, as well as demolition of burning coal, then prevention efforts are carried out to strive to eliminate the intended element of the fire triangle is the oxygen element with compaction of the cargo space, and also maximize the function of ventilation. Based on the results of research conducted by researchers, the factors that caused the coal load to burn in the MV. Permata Caroline is the fulfillment of the fire triangle element, the empty space in the hold, the nature of coal which emits flammable gas. The surrounding environment with high temperature (heat) that triggers coal loads burns, lack of knowledge of the crew of the danger caused and how to handle coal loads that burn.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Penanganan muatan, muatan batu bara, terbakar Keywords: Handling, coal load, burning. |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 02:06 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 02:06 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2352 |
Actions (login required)
View Item |