Berkurangnya produksi air tawar pada fresh water generator di MV. Lumoso Permai

MUHAMMAD, WAYS (2019) Berkurangnya produksi air tawar pada fresh water generator di MV. Lumoso Permai. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145191N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145191_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (51145191N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145191_Open_Access.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Muhammad Ways Alkurni, 2019, NIT: 51145191.N, “Optimalisasi Kegiatan Cool Down Dikapal MV. Tangguh Foja”, skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. H. Moh. Aziz Rohman, M.M., M.Mar, Pembimbing II : R.A.J Susilo Hadi Wibowo.S.Ip., M.M Latar belakang peneliti melakukan penelitian terhadap “Optimalisasi Kegiatan Cool Down Dikapal MV. Tangguh Foja” adalah karena tidak efektifnya kegiatan cool down yang mengakibatkan terhambatnya kegiatan bongkar muat yang telah direncanakan sebelumnya. Dengan rumusan masalah 1.) Bagaimana kegiatan cool down LNG dikapal MV. Tangguh Foja? 2.) Bagaimana upaya untuk mengoptimalkan kegiatan cool down dikapal MV. Tangguh Foja? Penelitian skripsi ini didasarkan pada pelaksanaan cool down, pentingnya pengaturan kecepatan dan tekanan pada masing-masing tanki muatan dalam upaya menghindari ESD (Emergency Shut Down) yang dapat menghambat kegiatan bongkar muat, perawatan terhadap alat-alat bongkar muat dan familiariasi kepada awak kapal. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, dangan metode analisa Fishbone dan Fault Tree Analysis. Sumber data dari penelitian ini berasal dari hasil observasi dan Record Operation selama penulis melaksanakan cooling down pada Februari 2017 di kapal LNG Tangguh Foja. Hasil penelitian menunjukkan: 1.) Cara penanganan pada tanki muatan kaitannya dengan cooling down guna menghindari kapal dari ESD. 2.) Ada beberapa faktor kendala yang terjadi pada kegiatan cooling down di kapal LNG Tangguh Foja, yaitu: Manpower, Method, dan Machinery. Saran peneliti untuk pelaksanaan cooling down harus berpatokan pada Ship's Cargo Handling Manual, IGC Code, dan SIGTTO agar tercipta operasi yang aman serta terhindar dari kejadian-kejadian yang dapat membahayakan kapal beserta isinya ABSTRACT Muhammad Ways Alkurni, 2019, NIT: 51145191.N, “Optimalization of Cool Down Operation On MV. Tangguh Foja”, This project of Nautical Department, Diploma IV Program of Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Mentor I Capt. H. Moh. Aziz Rohman, M.M., M.Mar, Mentor II : R.A.J Susilo Hadi Wibowo.S.Ip., M.M The author’s background to choose “Optimalization of Cool Down Operation On MV. Tangguh Foja” as the topic of research, is due to uneffective of cool down operation on MV. Tangguh Foja. The structure of the problems are 1.) How does vessel of MV. Tanggih foja do cool down on board ? 2 How does vessel of MV. Tangguh foja optimalize the cool down on board This research is based on the understanding of cool down operation, the importance setting of the velocity and the pressure inside cargo tank to avoid ESD (Emergency Shut Down) which can delay the cargo operation, maintenence of cargo equipment, and the importance of familiarization to the personnel on board. The research method that is use in writing this research is descriptive qualitative method, with analysis method using Fishbone and Fault Tree Analysis. Sources of data from this study are from observations and record of operation during the author’s experience joining cool down operation in February 2017 onboard LNG Tangguh Foja. The results shows that: 1.) Procedure or sequence inside cargo tank relate to cool down operation to avoid ESD on board. 2.) There are some obstacle factors happened during cool down Operation in LNG Tangguh Foja as follows: Manpower, Method, and Machine. The author's suggestion for the cool down operation is that it must be carried out in accordance with Ship’s Cargo Handling Manual, IGC Code, and SIGTTO to create a safe operation and avoid events that may endanger the ship and its contents

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : LNG, Cool Down, ESD, Familiarisasi. Keywords : LNG, Cool Down Operations, ESD, Familiarization
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2020 13:34
Last Modified: 14 Jan 2020 13:34
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item