ANALISA DAMPAK DARI PERBEDAAN SUHU PADA REEFER CONTAINER DENGAN SUHU PADA REEFER CARGO MANIFEST DI MV. SENDANG MAS

WAHID, MAULANA (2019) ANALISA DAMPAK DARI PERBEDAAN SUHU PADA REEFER CONTAINER DENGAN SUHU PADA REEFER CARGO MANIFEST DI MV. SENDANG MAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145202N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145166N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (51145202N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145166N_OPEN_ACCESS.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Wahid Maulana Rifai,2019, NIT: 51145202.N, “Analisa dampak dari perbedaan suhu reefer container dengan suhu pada reefer cargo manifet di MV. Sendang Mas”, skripsi dengan program Studi Nuatika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. H. Agus Subardi, M.Mar., Pembimbing II: Dr. Eko Nugroho W., MM.M.Mar.E Perbedaan suhu pada reefer container dengan refeer cargo manifest memang lazim terjadi, namun harus segera di tanggulangi. Perbedaan suhu akan berpengaruh pada kinerja kapal terutama pada saat kapal sedang muat. Setiap permasalahan yang timbul dalam kegiatan bongkar muat berpotensi untuk meningkatkan dwelling time sehingga menimbulkan kerugian terutama bagi pemilik kapal maupun pemilik barang. Seluruh risiko yang timbul mengakibatkan kerugian waktu dan biaya, peran seorang perwira yang mengerti mengenai masalah ini sangat diperlukan. Perbedaan suhu yang pernah penulis alami sewaktu melaksanakan praktek bukan murni kesalahan dari kapal. Namun, darat juga berpengaruh dalam terjadinya perbedaan suhu tersebut. Faktor-faktor yang penulis temukan baik dari kapal maupun dari darat antara lain: Kesalahan saat membuat reefer cargo manifest, kesalahan saat mengatur suhu reefer container, perubahan cuaca, kerusakan pada mesin reefer dan alat-alat kelistrikan kapal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan masalah mengenai perbedaan suhu dan dampak-dampaknya, terjadi perbedaan suhu di MV. Sendang Mas adalah diakibatkan karena terjadinya kerusakan pada mesin reefer container dan alat – alat kelistrikan di kapal terutama kompresor dan plug yang konslet terbakar karena terkena air hujan di MV. Sendang Mas pada tanggal 01 November 2016 sampai tanggal 01 November 2017 pada saat pelayaran dari Pelabuhan Bitung, Indonesia menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Indonesia dan saat kapal muat di Bitung pada tanggal 30 maret 2017. Dari kasus tersebut MV. Sendang Mas mengalami perbedaan suhu mengakibatkan kapal mengalami keterlambatan pemberangkatan dan kerugian biaya. Dengan mengetahui sebab dan akibat yang ditimbulkan oleh masalah yang terjadi, hendaknya segera melakukan perbaikan yang dilakukan oleh pihak kapal. Masalah dari keterlambatan pemberangkatan yang ditimbulkan dari perbedaan suhu perlu dilakukan peninjauan ulang mengenai reefer container, melakukan perundingan bersama, dan peningkatan mutu dan mental perwira sehingga dapat mengatasi masalah yang baik. ABSTRACT Wahid Maulana Rifai, 2019, NIT 51145202. N, “Analysis the effect of different temperature at reefer container with temperature at reefer cargo manifest at MV. Sendang Mas“. Risearch by nautical departement, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Politeknik, Material Lecturer I: Capt. H. Agus Subardi, M.Mar., Methodologi and Writing Lecturer II: Dr. Eko Nugroho, MM.M.Mar.E The different of temperature at reefer container with temperature at reefer cargo manifest ussually can be happens, it has to be handled soon as. The different temperature will be influenced to vessel’s work system spesially when vessel is loading. Every case which is occured in loading and unloading activity that has potention to increase dwelling time then occure the harmfull particulary the ship owner and good owner. All risk occured becouse of disadvantage of time and cost, the job an officer who understands about this case is very needed. The different temperature has ever been faced by author when practicing and it’s not pure from the vessel error. But, port also has influenced in case the different temperature itself. Factors that author figur it out from vessel or port is: an error when making reefer cargo manifest, error when arranging reefer container temperature, changes in the weather, damaging on the reefer engine, and electric ships equipment. Based on reasearch’s result and review the case about the different temperature and these affects, happened the different temperature at MV. Sendang Mas is coused by reefer container engine is damaged and electric ships equipment particulary compressor and plug wich burned by electric becouse of rain waters at MV. Sendang Mas on 01th November 2016 until 01th November 2017 while vessel is sailing from Bitung, Jakarta to Tanjung Priok, Indonesia and when the vessel loading at Bitung, Indonesia on 30th March 2017. From that case MV. Sendang Mas has the different temperature which coused the vessel gets delay departure and cost loss. By knowing couse and effect which is by the casehappened at least do repairing soon and it is done by ship department. The case from delay departure which is occured by the different temperature needs review about the reefer container, do disscus and officer’s mentaily so it could over comethe good case.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Reefer container, Perbedaan suhu, metode US Keyword: Reefer Container, Different Temperature, USG Method
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2020 13:36
Last Modified: 14 Jan 2020 13:36
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2286

Actions (login required)

View Item View Item