OPTIMALISASI ALAT NAVIGASI RADAR SAAT MELEWATI ALKI DI KAPAL MT. GALUNGGUNG

VINDYO, LUFFRATAMA (2019) OPTIMALISASI ALAT NAVIGASI RADAR SAAT MELEWATI ALKI DI KAPAL MT. GALUNGGUNG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145231N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145231N_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Pdf (51145231N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145231N_Open_Access.pdf

Download (938kB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Vindyo Lufftaratama, NIT: 51145231N, 2019, “Optimalisasi Alat Navigasi Radar Saat Melewati ALKI Di Kapal MT. Galunggung”. Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Hadi Supriyono M.M., M.Mar, Pembimbing II: Purwantono, S.Psi, MPd Radar akan sangat berguna pada saat cuaca buruk, keadaan berkabut dan berlayar dimalam hari terutama apabila petunjuk pelayaran seperti lampu suar, pelampung, bukit atau bangunan secara visual yang tidak dapat diamati. Jadi calon perwira kapal harus paham dan mengerti untuk menggunakan alat navigasi radar, karena di alur-alur pelayaran atau ALKI ini rawan terjadi bahaya tubrukan dan kandas. Maka perwira kapal harus jeli ketika melewati alur-alur pelayaran saat menggunakan Radar diatas kapal. Sebuah metode harus diterapkan sesuai dengan prosedur yang ada. Hal itu dapat terlaksana dengan baik apabila perwira kapal sebagai operator pelaksana memiliki pengetahuan untuk mengoperasikan radar dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran alat navigasi radar saat melewati ALKI, untuk mengetahui kendala apa saja yang terjadi pada radar saat melewati ALKI, dan untuk mengetahui pengoperasian radar ketika berada di alur pelayaran sempit saat melewati ALKI. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menjabarkan metode pengoptimalan radar sebagai landasan untuk memecahkan masalah yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif (apabila ditinjau dari segi tingkat penyajian) dan juga kualitatif (apabila ditinjau dari cara pengolahan data), kemudian dianalisis dengan metode SHEL untuk menentukan masalah dari setiap faktor dan Teknik Analisa data USG (Urgency, Seriusness, Growth) untuk menentukan masalah yang menjadi prioritas utama. Dalam hal ini teknik pengumpulan data berupa pendekatan terhadap objek melalui observasi, wawancara secara langsung terhadap responden serta menggunakan dokumen dan data-data yang berhubungan dengan pengoptimalan radar. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan adanya masalah-masalah dalam pengoptimalan radar. Prosedure pengoperasian radar kurang maksimal karena intruction manual book yang kurang lengkap, kurangnya perawatan alat navigasi radar, pengaruh lingkungan sekitar dapat mengakibatkan penurunan kinerja radar, kurangnya pengetahuan crew terhadap alat navigasi radar. Adapun saran penulis adalah Mualim III sebagai perwira yang bertanggung jawab terhadap alat navigasi harus mengerti cara mengoperasikan radar dengan baik dan benar pada saat melewati ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia). ABSTRACT Vindyo Lufftaratama, NIT: 51145231N, 2019, “Optimization Of Navigation Equipment Radar When Passing ALKI On Motor Tanker Galunggung” Nautical Department, Diploma IV Program, Merchant Marine Polytechinc Of Semarang,1st Supervisor: Captain Hadi Supriyono M.M., M.Mar, 2nd Supervisor: Purwantono, S.Psi, MPd Radar will be very useful when bad weather, foggy conditions and sailing at night especially if shipping instructions such as flares, buoys, hills or buildings are visually unobservable. So prospective ship officers must understand and understand to use radar navigation equipment, because in the lines of ALKI or shipping it is prone to collision and runaway hazards. Then the ship's officers must be observant when passing through the shipping lanes when using the radar on board. A method must be applied in accordance with existing procedures. This can be done well if the ship officer as the implementing operator has the knowledge to operate the radar properly. The purpose of this study was to determine the role of radar navigation devices when passing through ALKI, to find out what obstacles occurred on the radar when passing ALKI, and to find out the operation of the radar when in a narrow cruise line when passing ALKI. In writing this essay, the author describes the radar optimization method as a basis for solving existing problems. The method used in this study is descriptive (if viewed in terms of the level of presentation) and also qualitative (if viewed from the method of data processing), then analyzed by the SHEL method to determine the problem of each factor and USG data analysis techniques (Urgency, Seriusness, Growth ) to determine the problem that is the top priority. In this case the data collection technique is in the form of an approach to objects through observation, direct interviews with respondents and using documents and data related to radar optimization.From the results of the research conducted, problems were found in radar optimization. Procedure for operating the radar is less than optimal due to incomplete manual book intuction, lack of maintenance of radar navigation equipment, the influence of the surrounding environment can result in a decrease in radar performance, lack of crew knowledge of radar navigation equipment. The suggestion of the author is that Officer III as an officer responsible for navigation equipment must understand how to operate the radar properly and correctly when passing ALKI (Indonesian Archipelago Sea Groove).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: radar, ALKI Keywords: radar, ALKI
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2020 12:52
Last Modified: 21 Jan 2020 12:52
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item View Item