ANALISA WAKTU TIDAK BEROPERASI (NOT OPERATION TIME) AWAL KEGIATAN BONGKAR MUAT UNTUK MEMPERCEPAT WAKTU SANDAR (BERTHING TIME) DI PT. TERMINAL TELUK LAMONG SURABAYA

VICTOR, FEBRIAN WIRA PRATAMA (2019) ANALISA WAKTU TIDAK BEROPERASI (NOT OPERATION TIME) AWAL KEGIATAN BONGKAR MUAT UNTUK MEMPERCEPAT WAKTU SANDAR (BERTHING TIME) DI PT. TERMINAL TELUK LAMONG SURABAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155869K_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155869K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155869K_SKRIPSI_OPEN_ACCES)
52155896K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Victor Febrian Wira Pratama, 52155896 K, 2019 : “Analisa Waktu Tidak Beroperasi (Not Operation Time) Awal Kegiatan Bongkar Muat Untuk Mempercepat Waktu Sandar (Berthing Time) Di PT. Terminal Teluk Lamong Surabaya”, Program Diploma IV, Skripsi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Winarno, S.ST, M.H, Pembimbing II: Henny Wahyu W., M.Pd. Pada saat kegiatan awal bongkar muat di PT. Terminal Teluk Lamong ada berbagai Faktor yang mempengaruhi kelancaran dan ketepatan waktu sandar (Berthing Time) seperti terjadinya waktu tidak beroperasi (Not Operation Time) yaitu waktu yang tidak optimal sebelum kapal melakukan kegiatan bongkar muat dan akan berdampak terjadinya jeda waktu tunggu kapal di dermaga, baik atau tidaknya sistem manajemen transportasi sebuah terminal petikemas dapat dilihat dari waktu tunggu sebuah kapal untuk merapat ke dermaga, semakin banyak waktu yang dibutuhkan sebuah kapal untuk merapat berarti sistem menajemen transportasi terminal petikemas tersebut masih kurang baik, sebaliknya bila semakin sedikit waktu yang diperlukan oleh sebuah kapal untuk merapat tanpa harus memuang waktu untuk menunggu. Berarti sistem menajemen transportasi terminal petikemas tersebut sudah baik. Metode penelitian yang deskriptif kualitatif, metode penyusunan data dilakukan dengan cara metode pengamatan/observasi, wawancara, studi dokumentasi, studi pustaka, teknik analisa data yang digunakan melalui inventarisasi data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Kegiatan lashing/unlashing, pemasangan gangway, menunggu kapal sandar sempurna, kesiapan alat pendukung kegiatan bongkar muat, menunggu dokumen dan persetujuan agent/pihak kapal di pelabuhan merupakan faktor terjadinya (Not Operation Time) yang membuat kapal menjadi lebih lama menunggu untuk memuat atau membongkar barang, agar pelayanan terminal teluk lamong tergolong prima perlu adanya peningkatan pelayanan dan koordinasi yang lebih baik lagi antara pihak kapal dan vessel foreman apabila kapal sudah siap untuk dikerjakan, dan peningkatan kedisiplinan pekerja sehingga Sumber Daya Manusia di Terminal Teluk Lamong lebih cekatan di bidangnya masing-masing. ABSTRACT Victor Febrian Wira Pratama, 52155896 K, 2019: "Analysis Not Operation Time Of Early Loading And Discharging Activity For Accelerate Berthing Time In PT. Terminal Teluk Lamong Surabaya", Diploma IV Program, Minithesis of Port and Shipping Department, Semarang Merchant Marine Politechnic, 1st Advisor : Dr. Winarno, S.ST, M.H, 2nd Advisor : Henny Wahyu W., M.Pd. When starting loading and discharging activity in PT. Terminal Teluk Lamong there are several factor that influence fluency and accuracy of berthing time such as not operation time. Not operation time is the time that not optimal before vessel loading and discharging and would have an impact in waiting time. The quality of transportation management in container yard can be seen from waiting time when vessel move closer to jetty, if the vessel need more time for move closer to jetty its mean the transportation management in container yard is not good enough, otherwise if the vessel need short time for move closer to jetty without waiting time its mean the transportation management in container yard is good. A descriptive qualitative research methods, the method of compiling the data is done by the method of observation , interview, documentation, literature, technical data analysis by inventory data, reduction of the data and draw a conclusion. Lashing/unlashing activity, the gangway installation, waiting for berthing vessel, readiness of supporting tools to loading and discharging activity, waiting for document and approval from agent/representative vessel at the port is the factor of Not Operation Time that affect the waiting time to loading and discharging activity. In order to be prime classified, Terminal Teluk Lamong necessary to improve services and better coordination between vessel representative and vessel foreman if the vessel is ready and also increase employee discipline so that human resources in Teluk Lamong Yard more diligent in their job position.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Not Operation Time, Berthing Time, bongkar muat. Keywords: Not Operation Time, Berthing Time, Loading and Discharging
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:25
Last Modified: 31 Dec 2019 02:25
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item