“Upaya Peningkatan Kewaspadaan Di Atas Kapal Guna Menghindari Kecelakaan Kerja Di Atas MV. KT 05”

ZAKI, ADITYA (2019) “Upaya Peningkatan Kewaspadaan Di Atas Kapal Guna Menghindari Kecelakaan Kerja Di Atas MV. KT 05”. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155700N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155700N_Full_Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155700N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155700N_Open_Access.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Zaki Aditya, 2019, NIT: 52155700 N, “Upaya Peningkatan Kewaspadaan diatas kapal Guna Menghindari Kecelakaan Kerja di atas MV. KT 05”, skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. Dodik Widarbowo, M.T, M.Mar, Pembimbing II : Dr. Riyanto., SE.,M.Pd Semenjak diberlakukannya International Safety Management Code pada tanggal 1 Juli 1998 yang diadopsi oleh International Maritime Organization melalui resolusi A.741(18). Banyak pihak dari perusahaan pelayaran ataupun bagi yang terlibat dalam pengopersian kapal berharap bahwa setelah diberlakukannya International Safety Management Code ini dapat dicapai keselamatan kerja bagi seluruh crew yang ada diatas kapal. Kecelakaan kerja yang terjadi di MV. KT 05 diperkirakan sebagian besar dipengaruhi oleh faktor human error (meskipun tidak ada angka akurat). Praktek sehari-hari terlihat bahwa ABK belum sepenuhnya mematuhi norma keselamatan kerja terutama dari faktor keengganan memakai alat keselamatan yang benar. Keadaan ini lebih memprihatinkan ketika para perwira juga kurang melakukan pengawasan dan pembinaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendahnya kedisiplinan ABK dalam menggunakan alat-alat keselamatan kerja dan untuk mengetahui rendahnya tingkat pengawasan terhadap ABK dalam menggunakan alat-alat keselamatan kerja di atas kapal. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi. Memakan waktu kurang lebih 12 bulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab rendahnya kedisiplinan ABK karena alat pelindung diri belum memenuhi spesifikasi, sebagian tidak nyaman saat dipakai dan mudah rusak. Untuk faktor penyebab rendahnya pengawasan yang dilakukan perwira yaitu para perwira kurang cermat dalam membagi kesibukan dan kegiatan lainnya sehingga peran pengawasan terhadap ABK terbengkalai. Pada akhir skripsi ini penulis mengajukan usul untuk mengatasi rendahnya kedisiplinan ABK hendaknya pihak pemilik kapal atau operator mengadakan peremajaan atau hendaknya perusahaan mengganti alat pelindung diri yang sesuai spesifikasi seperti nyaman dipakai, tidak mengganggu pelaksanaan saat dipakai dan benar-benar dapat memberikan perlindungan terhadap bahaya. Untuk mengatasi rendahnya pengawasan terhadap ABK penulis mengusulkan seyogyanya, management level di MV. KT 05 (C/O) lebih cermat membagi kesibukan dan kegiatan lainnya, agar peran pengawasan tidak terganggu dengan kegiatan lain. ABSTRACT Zaki Aditya. 2019, NIT: 52155700 N, “Efforts to Increase Awareness on the Ship to Avoid Work Accidents Above the MV. KT 05”, Minithesis Nautica Study Program, the Diploma IV program, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Advisor I: Capt. Dodik Widarbowo, M.T., M.Mar, Advisor II: Dr. Riyanto., SE.,M.Pd Following enforcement of the International Safety Management Code on July, 1st 1998 that adoption by International Maritime Organization passed trough the resolution A.741(18). There are many side from shipping company or the side that mixed up with ship operation expected after enacted International Safety Management Code can reach safety working for all crew on board. Most of the work accident that happened on MV. KT 05 caused by human error (although there was no accurate numeral). In the daily practice, we knew that ABK did not obey the norm of safety working, especially from the factor of reluctance for using safety equipment corectly. This situation was very apprehensive when the officer less to did of supervision. The aim of this research is to determine the low of ABK discipline in the using of safety working equipment and to determine the low of supervision level toward ABK in using safety equipment on board. The kind of this research was descriptive of qualitative. There was data collection method that was used, such as observation, interview, study of divining manual, and study of documentation. The writer needed twelve month to do this research. This result indicate that the low agent factor of ABK discipline because APD did not fulfill the spesification. There was a part did not comfort when used it, and easy to broken. For the low agent factor of supervision that was done by the brave. They did not precise in the dividing of bustle and another activity so that the actor of supervision toward ABK was neglected. In the end of final project, the writer estimated a suggestion to resolve the low of ABK discipline. The side the owner ship or operator should give rejunevation or the company should change APD based on specification, such as comfort of using, did not disturb the realization when was used, and can give protection toward the danger seriously. To resolve the low supervision toward ABK, the writter gave suggestion that management level in MV. KT 05 (C/O) should have been precise to divide their bustle and another activity, so that the actor of supervision was not disturbed with another activity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keselamatan, Risiko, Kecelakaan Keywords: Safety, Risk, Accident.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:00
Last Modified: 03 Jan 2020 03:00
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2182

Actions (login required)

View Item View Item