PELAYANAN PRIMA PERBAIKAN KAPAL DI PT. JMI SEMARANG

TRI, ARI MUHAMMAD FAUZI (2019) PELAYANAN PRIMA PERBAIKAN KAPAL DI PT. JMI SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155669N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155669N_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155669N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155669N_Open_Access.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Tri Ari Muhammad Fauzi NIT. 52155669.N, 2019 “Pelayanan Prima Perbaikan Kapal di PT. JMI Semarang”, Program Diploma IV, Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Dr. Capt. M. Suwiyadi, M.Pd., M.Mar dan Pembimbing II : Dwi Prasetyo, M.M., M.Mar. E. Untuk mendukung kelancaran transportasi angkutan laut dalam pengoperasian kapal, maka dalam penulisan skripsi ini menguraikan tentang bagaimana, “Pelayanan Prima Perbaikan Kapal di PT. JMI Semarang”, beroperasinya sebuah kapal sebagai salah satu alat transportasi akan melalui perawatan dan perbaikan kapal untuk menstabilkan kondisi kapal agar dalam operasional kapal tetap optimal yang sesuai dengan persyaratan yang telah di tetapkan oleh Biro Klasifikasi Indonesia. Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan dan perbaikan secara rutin dan berkala baik dari sisi kuantitas maupun kualitasnya. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode pendekatan kuantitatif untuk membandingkan data yang diperoleh mengenai data-data kapal yang telah diperbaiki PT. JMI Semarang pada unit 1 dan unit 2. Setelah itu, pendekatan kualitatif untuk mengetahui kepuasan pelanggan di PT. JMI Semarang. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: bagaimana pelaksanaan pelayanan prima perbaikan kapal di PT. JMI Semarang, berapa jumlah kapal yang diperbaiki, jenis kapal apa saja yang diperbaiki, berapa banyak waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk perbaikan kapal. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa setiap kapal yang melaksanakan perbaikan di PT. JMI Semarang harus mengikuti alur yang telah ditentukan dan setiap tahun kapal masuk pada galangan unit 1 dan 2 kurang lebih 100 kapal dari berbagai jenis kapal, seperti kapal penumpang, ro-ro, negara, perang, tanker, rig, off-shore, tug boat. Dari berbagai jenis kapal tersebut membutuhkan tenaga kerja dan waktu yang berbeda dalam menyelesaikan perbaikan kapal. ABSTRACT Tri Ari Muhammad Fauzi NIT. 52155669.N, 2019 "Excellent Ship Repair Service at PT. JMI Semarang", Diploma IV Program, Nautika, Merchant Marine Polytechnic Semarang, Advisor I : Dr. Capt. M. Suwiyadi, M.Pd., M.Mar and Advisor II : Dwi Prasetyo, M.M., M.Mar. E. To support the smooth transportation of sea transportation in the operation of ships, the writing of this thesis describes how, "Excellent Service for Ship Repair at PT. JMI Semarang ", the operation of a ship as one of the means of transportation will go through ship maintenance and repair to stabilize the condition of the ship so that the ship's operations remain optimal in accordance with the requirements set by the Indonesian Classification Bureau. Therefore it is necessary to carry out regular and periodic maintenance and repairs both in terms of quantity and quality. The method used in this thesis is a quantitative approach method to compare data obtained about ship data that has been repaired by PT. JMI Semarang in unit 1 and unit 2. After that, a qualitative approach to determine customer satisfaction at PT. JMI Semarang. The formulation of the problem of this research is: how the implementation of excellent service to repair ships at PT. JMI Semarang, how many ships were repaired, what types of ships were repaired, how much time and energy was needed to repair the ship. Based on the results of this study it was concluded that each ship that carried out repairs at PT. JMI Semarang must follow the predetermined path and every year ships enter shipbuilding units 1 and 2 approximately 100 ships of various types of ships, such as passenger ships, ro-ro, country, war, tanker, rig, off-shore, tug boat . Of the various types of ships requires labor and different times in completing ship repairs.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pelayanan, perbaikan kapal Keywords: Service, ship repair.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:09
Last Modified: 03 Jan 2020 03:09
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item View Item