OPTIMALISASI PERAWATAN SEKOCI PENOLONG JENIS TOTALLY ENCLOSED SPACE UNTUK KESELAMATAN PELAYARAN MV. HL SAIJO

SAMSUL, BAKHRI (2019) OPTIMALISASI PERAWATAN SEKOCI PENOLONG JENIS TOTALLY ENCLOSED SPACE UNTUK KESELAMATAN PELAYARAN MV. HL SAIJO. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155577N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155577N_SEKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155577N_OPEN_ACCESS)
52155577 N_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Samsul Bakhri, (52155577 N), 2019, “Optimalisasi Perawatan Sekoci Penolong Jenis Totally Enclosed Space Untuk keselamatan Pelayaran MV. HL Saijo”. Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Capt. H. Agus Subardi, M.Mar. Pembimbing II : Capt. Suherman, M.Mar. Sekoci penolong adalah salah satu alat keselamatan yang ada di atas kapal, yang digunakan untuk meninggalkan kapal dalam keadaan darurat dan tidak dimungkinkan untuk diselamatkan atau bertahan diatas kapal, yang bertujuan untuk menyelamatkan jiwa yang ada diatas kapal. Untuk menyiapkan sekoci selalu dalam keadaan siap pakai maka dibutuhkan perawatan yang sesuai standar dalam SOLAS bab III yang membahas tentang standarisasi alat – alat keselamatan diatas kapal termasuk sekoci penolong. Sebelum melaksanakan perawatan sekoci penolong harus ada perencanaan perawatan, sehingga dapat diketahui bagian sekoci penolong yang harus mendapat penanganan dengan segera, dengan demikian mualim tiga dapat bekerja secara efektif dan efisien sehingga tidak banyak waktu yang terbuang. Selain itu harus diperhatikan juga standarisasi peralatan dan part sekoci penolong yang di kirim oleh perusahaan sesuai dengan apa yang ada di request list dan standar yang telah ditetapkan. dengan demikian agar terwujudnya keadaan sekoci penolong yang selalu siap digunakan jika terjadi keadaan darurat yang mengharuskan meninggalkan kapal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fishbone analisys dan diskriptif kualitatif yang menghasilkan data diskriptif berupa kata – kata tertulis dari objek yang diteliti, analisis data diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk merubah data hasil dari sebuah penelitian menjadi informasi yang nantinya bisa dipergunakan untuk mengambil sebuah kesimpulan. Tujuan dari analisis data adalah untuk mendeskripsikan sebuah data sehingga bisa di pahami. Setelah diketahui penyebab tidak optimalnya perawatan serta fungsi sekoci penolong, maka penulis memberikan saran Agar sekoci penolong selalu dalam keadaan siap di gunakan baik dalam pelaksanaan pelatihan maupun dalam keadaan bahaya, maka perwira yang bertanggungjawab dalam perawatan sekoci penolong harus melaksanakan perencanaan dalam perawatan. Pentingnya perencanaan perawatan sebelum melakukan perawatan dapat mengetahui apa yang akan dilakukan dan mengetahui peralatan yang harus di butuhkan dalam melakukan pekerjaan, dengan demikian kondisi sekoci penolong dapat selalu dikondisikan dalam keadaan siap untuk digunakan. ABSTRACT Samsul Bakhri, (52155577 N), 2019, ”Optimization Of Lifeboat Maintenance Type Totally Enclosed Space For Safety Sailing MV. HL Saijo". Thesis Nautika Study Program, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnic. Advisor I: Capt. H. Agus Subardi, M.Mar. Advisor II: Capt. Suherman, M.Mar. Lifeboat is one of the safety tools on board, which is used to leave the ship in an emergency and it is not possible to be rescued or survive on a ship, which aims to save lives on board. To prepare a lifeboat always in a state of ready use, it takes care that is in accordance with the standards in SOLAS chapter III which discusses the standardization of safety equipment on board including lifeboats. Before carrying out the maintenance of lifeboats, there must be maintenance planning, so that it can be seen that the lifeboat parts must be handled immediately, thus the third missionary can work effectively and efficiently so that not much time is wasted. In addition, it must also be considered standardization of equipment and parts of lifeboats that are sent by the company in accordance with what is in the request list and the standards that have been set. thus in order to realize the condition of lifeboats that are always ready for use in the event of an emergency that requires leaving the ship. The method used in this study is the method of fishbone analisys and qualitative descriptive which produces descriptive data in the form of written words of the object under study, data analysis is interpreted as activities carried out to change the data results from a study into information that can later be used to retrieve a conclusion. The purpose of data analysis is to describe a data so that it can be understood. After knowing the causes of not optimal maintenance and the function of lifeboats, the authors give advice In order for lifeboats to be always ready to use both in training and in danger, officers who are responsible for the care of lifeboats must carry out planning in care. The importance of planning care before doing treatment can find out what will be done and know the equipment that must be needed in doing the work, thus the condition of lifeboats can always be conditioned in a state ready for use.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perawatan, Sekoci penolong Keywords: Maintenance, Lifeboat.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:01
Last Modified: 30 Dec 2019 07:01
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2161

Actions (login required)

View Item View Item