NANDA, DWI (2019) PENANGANAN MUATAN PETI KEMAS GUNA MENUNJANG KESELAMATAN KAPAL SELAMA BERLAYAR DI MV. SINAR PRAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (52155635N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155635N_ Skripsi_Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Pdf (52155635N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155635N_Open_Access.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nanda Dwi Fitria Rahman, 2019, NIT: 52155635.N, “Penanganan muatan peti kemas guna menunjang keselamatan kapal selama berlayar di MV. Sinar Praya”, Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Eko Murdiyanto. M.Pd, M.Mar. Pembimbing II: Budi Joko Raharjo M.M. Latar belakang peneliti memilih judul skripsi “Penanganan Muatan Peti Kemas Guna Menunjang Keselamatan Kapal Selama Berlayar di MV. Sinar Praya” karena penulis tertarik terhadap pengaturan muatan peti kemas. Dari beberapa voyage ke pelabuhan-pelabuhan yang disinggahi, kapal MV. Sinar Praya sering mengalami kesalahan dalam penempatan muatan peti kemas yang membuat kegiatan pemuatan bermasalah, dan membuat kapal terlambat dalam keberangkatan ke pelabuhan tujuan. Dari latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah 1) Bagaimana penanganan muatan peti kemas yang tidak sesuai dengan ukuran standart di MV. Sinar Praya. 2) Bagaimana pengaturan muatan peti kemas yang menyimpang dari bay plan di MV. Sinar Praya. Penanganan muatan peti kemas sangatlah penting bagi keselamatan kapal dengan mengatur muatan peti kemas yang tidak sesuai ukuran standart dan muatan peti kemas yang menyimpang dari bay plan. Mengatur muatan peti kemas dengan mengikuti bay plan yang telah dibuat yang sudah melihat stowage plan kapal untuk memudahkan mengatur stabilitas kapal. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menjabarkan teori tentang pengaturan pemuatan peti kemas di kapal MV. Sinar Praya yang digunakan dalam pembuatan laporan penelitian dan sebagai landasan untuk memecahkan masalah yang ada dalam proses penelitian. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode kualitatif. Dengan melakukan pengamatan wawancara, kepustakaan, dan dokumentasi saat di kapal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis selama praktek berlayar di MV. Sinar Praya mengenai masalah yang terjadi pada saat pemuatan peti kemas yang tidak sesuai dengan ukuran standart dan muatan peti kemas yang menyimpang bay plan, ditemukan adanya masalah-masalah meliputi faktor pembuatan bay plan yang kurang tepat, kurangnya komunikasi dengan orang darat saat poses pemuatan serta kurangnya pengawasan saat proses pemuatan peti kemas. Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penanganan muatan peti kemas yang tidak sesuai dengan ukuran standart dengan mengikuti bay plan yang telah dibuat dan mengikuti prinsip pemuatan. Pengaturan muatan peti kemas yang menyimpang dari bay plan dengan dibuatnya bay plan dengan tepat, memastikan data dan jumlah yang aka dimuat, selalu melakukan komunikasi ABSTRACT Nanda Dwi Fitria Rahman, 2019, NIT: 52155635.N, “Handling container loads to support ship safety during sailing in the MV. Sinar Praya”, Thesis Nautical Studies Program, Program Diploma IV, Merchant Marine Polytechnic Semarang, Supervisor I: Capt. Eko Murdiyanto. M.Pd, M.Mar. Supervisor II: Budi Joko Raharjo M.M.. The background of the researchers chose the title of the thesis "Handling Container Loads to Support Ship Safety During Sailing in MV. Sinar Praya "because the authors are interested in the regulation of container loads. From some voyage to the ports visited, the MV. Sinar Praya often experiences errors in the placement of container loads which makes loading activities problematic, and makes the ship late on departure to the port of destination. From this background the researchers formulated the problem 1) How to handle container loads that do not fit the standard size in the MV. Sinar Praya. 2) How to arrange container load that deviates from the bay plan in MV. Sinar Praya. Handling container loads is very important for ship safety by regulating container loads that do not fit the standard size and container loads that deviate from the bay plan. Set the container load by following the bay plan that has been made which has seen the ship's stowage plan to facilitate regulating the ship's stability. In writing this thesis, the writer lays out a theory about the regulation of container loading on MV ships. Sinar Praya is used in making research reports and as a basis for solving problems that exist in the research process. The method used is descriptive and qualitative methods. By observing interviews, literature, and documentation while on board. Based on the results of research conducted by the author during the practice of sailing on the MV. Sinar Praya regarding problems that occur when loading containers that are not in accordance with the standard size and container load that deviates the bay plan, are found to be problems including factors making the bay plan that is not right, lack of communication with land people when loading and lack of supervision during the container loading process. From the results of the above analysis it can be concluded that the handling of container loads that are not in accordance with the standard size by following the bay plan that has been made and following the loading principle. Arrangement of container loads that deviate from the bay plan by making the bay plan appropriately, ensuring data and quantities that will be loaded, always communicating well with each activity, and supervising when the loading process.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Penanganan, Muatan, dan Bay Plan Keywords: Handling, Container, and Bay Plan |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 03 Jan 2020 03:41 |
Last Modified: | 03 Jan 2020 03:41 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2115 |
Actions (login required)
View Item |