HASTAMAN, EGO YUDANTO (2019) ANALISIS PEMUATAN REEFER CONTAINER MELALUI ANGKUTAN LAUT DI TERMINAL PETIKEMAS SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (52155884K_PROSIDING_FULLTEXT)
52155884K_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Hastaman Ego Yudanto, NIT. 52155884.K, 2019 “Analisis Pemuatan Reefer Container Melalui Angkutan Laut di Terminal Petikemas Semarang”, Program Diploma IV, Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Nur Rohmah, S.E, M.M dan Pembimbing II: Darul Prayoga, M.Pd. Reefer container merupakan container berpendingin yang dioperasikan untuk mengangkut muatan yang harus didinginkan pada suhu tertentu, seperti daging, ikan, buah-buahan dan lain lain. Container jenis ini memerlukan penanganan khusus dalam proses bongkar muatnya, tetapi sekarang ini masih sering terjadi penanganan yang sama dengan container jenis lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang terjadi pada saat pemuatan Reefer Container di Terminal Petikemas Semarang, untuk mengetahui pihakpihak yang bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan barang dalam proses pemuatan Reefer Container dan untuk mengetahui upaya PT. Pelindo III Semarang dalam menangani masalah keterlambatan pemuatan yang dapat menyebabkan kerusakan barang di dalam Reefer Container di Terminal Petikemas Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa yang terjadi pada saat sekarang atau masalah aktual dan penelitian kualitatif merupakan penelitian yang mengacu pada data faktual serta menggunakan cara sistematis sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa studi pustaka, dokumentasi, obsevasi dan wawancara. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kendala-kendala selama proses pemuatan reefer container antara lain resiko terjadinya kerusakan barang di dalam reefer container, penanganan yang salah dalam proses pemuatan reefer container dan kurangnya sosialisasi dari PT Pelindo III mengenai fungsi dan penanganan reefer container. Pihak-Pihak yang bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan barang dalam proses pemuatan reefer container adalah driver truck container, reefer man, tally man, foreman, supervisor lapangan, shipper dan pihak gudang. Upaya PT Pelindo III Semarang dalam menangani masalah keterlambatan pemuatan yang dapat menyebabkan kerusakan barang dalam reefer container di Terminal Petikemas Semarang adalah Melakukan rekayasa mengenai antrian pemuatan reefer container di dermaga, meletakkan reefer container di Container Yard 2 bersama dengan container muatan berbahaya agar mengingatkan bahwa reefer container juga memerlukan penanganan khusus dan melakukan sosialisasi mengenai fungsi dan penanganan reefer container kepada semua pihak yang terkait dengan proses bongkar muat di Terminal Petikemas Semarang. ABSTRACT Hastaman Ego Yudanto, NIT. 52155884.K, 2019 ”Analysis of Loading Reefer Container Through Sea Transportation at The Semarang Container Terminal”. Program Diploma IV, Port and Shipping Department, Semarang Merchant Marine Polytechnic, 1st Advisor: Nur Rohmah, S.E., M.M. and 2nd Advisor: Darul Prayoga, M.Pd. Reefer container is a refrigerated container that is operated to transport cargo that must be refrigerated at a certain temperature, such as meat, fish, fruits and others. This type of container requires special handling in the process of loading and unloading, but now it still often happens the same handling with other types of containers. The purpose of this study is to determine the obstacles that occur when loading Reefer Container in Semarang Container Terminal, know the parties responsible for damage to goods in the Reefer Container loading process and know the efforts of PT. Pelindo III Semarang in handling the problem of delays in loading which can cause damage to goods in the Reefer Container in the Semarang Container Terminal. This research using descriptive kualitative methode. Descriptive research is research that seeks to describe a phenomenon, events that occur at the present time or actual problems and qualitative research is research that refers to factual data and uses systematic methods so that they can be justified. This research using literatur review, documentation, observation and interview for collect the data. From the research results it can be seen that the obstacles during the reefer container loading process are the risk of damage to goods inside the reefer container, incorrect handling in the reefer container loading process and the lack of socialization from PT Pelindo III regarding the function and handling of the reefer container. The parties responsible for damage to goods in the process of loading the reefer container are truck container drivers, reefer man, tally man, foreman, field supervisor, shipper and the warehouse. The efforts of PT Pelindo III Semarang in handling the problem of delays in loading that can cause damage to goods inside the reefer container at the Semarang Container Terminal are to engineer the queue of loading the reefer container at the dock, putting the reefer container in Container Yard 2 along with dangerous cargo containers in order to remind the reefer container also requires special handling and socializing the function and handling of the container reefer to all parties related to the loading and unloading process at the Semarang Container Terminal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Dampak, Reefer Container, Angkutan Laut Key word: Impact, Reefer Container, Sea Transportation |
Subjects: | Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 07:32 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 07:32 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2114 |
Actions (login required)
View Item |