MEMINIMALISIR HUMAN ERROR UNTUK KESELAMATAN KERJA SAAT MELAKSANAKAN BONGKAR MUATAN BATU BARA DI MV. ENERGY MIDAS

MUHAMMAD, IVAN (2019) MEMINIMALISIR HUMAN ERROR UNTUK KESELAMATAN KERJA SAAT MELAKSANAKAN BONGKAR MUATAN BATU BARA DI MV. ENERGY MIDAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155660 N_SKRIPSIFULLTEXT)
52155660 N_Full_Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155660 N_OPENACCESS)
52155660 N_Open_Access.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRACT MUHAMAD IVAN PRASETYO, 2019, NIT: 52155660 N, “Minimize Human Error For Work Safety When Out Loading and Unloading Coal In The MV. Energy Midas”, Minithesis Nautical Department, Diploma IV Programme Merchant Marine Politecnic Of Semarang, Lecturer I: Capt. Dodik Widiarbowo, M.T, M.Mar and Lecturer II: Capt. Tri Kismantoro, MM, M.Mar. With many work accidents caused by human error due to lack of awareness in using safety equipment while working, the formulation of the problem taken by the author is how the loading and unloading is related to work safety and what causes human error in loading and unloading activities. This study aims to determine the causes of human error and the lack of awareness of the crew of the use of personal protective equipment and better understand and understand how the ship's crew are accustomed to using work safety equipment when carrying out work on the boat so as to minimize the occurrence of workplace accidents. To answer the formulation of the problem, the authors use two theories, namely the theory of work safety tools and theories on how to improve work safety. This research was carried out on the MV ship. Energy Midas when practicing the screen, the source of data obtained directly from the ship, research by observation and interviews with various sources such as skipper, chief officer and bosun. By paying attention to the problems that have been described beforehand, the writer can conclude the causes of human error and lack of awareness of the crew on the importance of the use of Personal Protective Equipment, among others, the low discipline of the crew in complying with work safety regulations, understanding the crew work safety equipment, work safety equipment available in the ship and used by the crew to work are damaged and unfit for use, and crew members who have just risen or are working on the ship are lacking through familiarization or introduction to the environment on board the ship. right. As well as ways to familiarize the crew to always use the Personal Protective Equipment, among others, to increase the discipline of the crew in obeying work safety regulations, especially in using safety equipment, by way of the On Board crew on board the company must provide education about work safety systems, increasing discipline of ship crews, the ship should run the Standard Operating Procedure properly, After carrying out the work the ship must ABSTRAK MUHAMAD IVAN PRASETYO, 2019, NIT: 52155660 N, “Meminimalisir Human Error Untuk Keselamatan Kerja Saat Melaksanakan Bongkar Muatan Di MV. Energy Midas”, Skripsi Program Studi Nautika Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pebimbing I: Capt. Dodik Widiarbowo, M.T, M.Mar dan Capt. Tri Kismantoro, MM, M.Mar. Dengan banyak kejadian kecelakaan kerja yang dikarenakan oleh kesalahan manusia akibat kurang kesadaran dalam menggunakan alat keselamatan saat bekerja, maka rumusan masalah yang diambil oleh penulis adalah bagaimana pelaksanaan bongkar muatan terkait dengan keselamatan kerja dan apa penyebab terjadinya human error dalam kegiatan bongkar muatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya human error dan kurangnya kesadaran anak buah kapal terhadap penggunakan personal protective equipment dan lebih memahami dan mengerti tentang cara agar anak buah kapal terbiasa menggunakan alat keselamatan kerja saat melaksanakan suatu perkerjaan di atas kapal sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja. Guna menjawab rumusan masalah tersebut, maka penulis menggunakan dua teori yaitu teori mengenai alat keselamatan kerja dan teori tentang cara meningkatkan keselamatan kerja. Penelitian ini dilaksanakan di kapal MV. Energy Midas saat praktek layar, sumber data yang diperoleh langsung dari kapal, penelitian dengan cara observasi dan wawancara dengan berbagai narasumber seperti Nakhoda, Chief officer dan bosun. Dengan memperhatikan permasalahan yang telah diuraikan terlebih dahulu, maka penulis dapat menyimpulkan penyebab terjadinya human error dan kurangnya kesadaran anak buah kapal terhadap pentingnnya penggunaan Personal Protective Equipment antara lain rendahnya kedisiplinan anak buah kapal dalam mentaati peraturan keselamatan kerja, pemahaman anak buah kapal yang kurang tentang peranan alat–alat keselamatan kerja, peralatan keselamatan kerja yang tersedia dikapal dan yang digunakan oleh anak buah kapal untuk bekerja sudah rusak dan tidak layak pakai, dan anak buah kapal yang baru naik atau kerja di kapal kurang melalui tahap familiarisasi atau pengenalan terhadap lingkungan di kapal dengan benar. Serta cara untuk membiasakan anak buah kapal agar selalu menggunakan Personal Protective Equipment antara lain meningkatkan kedisiplinan anak buah kapal dalam mentaati peraturan keselamatan kerja terutama dalam menggunakan alat–alat keselamatan kerja, dengan cara Sebelum anak buah kapal On Board (naik kapal) pihak perusahaan harus memberikan edukasi-edukasi tentang sistem keselamatan kerja, meningkatkan kedisiplinan anak buah kapal, pihak kapal seharusnya menjalankan dengan baik Standard Operating Procedure, Setelah melaksanakan pekerjaan pihak kapal harus membuat evaluasi didalam safety meeting

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : human error, personal protective equipment, safety meeting
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:03
Last Modified: 30 Dec 2019 02:03
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item View Item