IDENTIFIKASI KEBOCORAN GAS BUANG PADA EXHAUST VALVE DI MV. VINCA

FATAHILAH, MUTTAQIN (2019) IDENTIFIKASI KEBOCORAN GAS BUANG PADA EXHAUST VALVE DI MV. VINCA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155766T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155766T_Open_Access.pdf

Download (5MB)
[img] Pdf (52155766T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155766T_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Fatahilah Muttaqin, 2019, NIT : 52155766.T, “Identifikasi Kebocoran Gas Buang Pada Exhaust Valve di MV. Vinca”, skripsi Program Studi Teknika, Progran Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Abdi Seno, M.Si., M.Mar.E. dan Pembimbing II: Sri Purwantini, SE., S.Pd., MM. Exhaust valve adalah valve yang digunakan sebagai pintu pembuangan sisa-sisa gas pembakaran ke saluran buang. Katup gas buang ini memiliki kondisi kerja yang terstruktur secara mekanis yang tahan terhadap suhu gas buang yang tinggi dan benturan metal dengan metal. Katup ini sendiri terdiri dari sebuah piringan kepala yang memiliki batang memanjang dari tengah pinggiran kepala di satu sisinya. Katup ini berperan sangat penting dalam proses pembakaran didalam silinder. Apabila katup ini mengalami kebocoran maka akan terjadi kerugian kompresi dan kerugian panas sehingga daya yang yang dihasilkan oleh mesin induk penggerak utama kapal akan berkurang. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif kualitaf dengan menggunakan pendekatan fault tree analysis (FTA) sebagai teknik analisa data. Fault tree analysis (FTA) adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi resiko-resiko yang menjadi peran terjadinya kegagalan yang diawali dengan kejadian puncak (Top Event) kemudian merinci pada sebab suatu Top Event sampai pada suatu kegagalan dasar (basic event). Dengan menggunakan teknik analisa data ini penulis bertujuan mencari faktor penyebab kebocoran gas buang pada exhaust valve di MV. Vinca sampai pada kegagalan dasar (basic event). Setelah kegagalan tersebut ditemukan maka akan dicari dampak dan upaya apa yang harus dilakukan sehingga kerja exhaust valve dapat selalu optimal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa kebocoran gas buang pada exhaust valve di MV. Vinca disebabkan akibat keausan pada spindle valve, keretakan pada spindle valve, penumpukan karbon pada permukaan valve, dan kurangnya perawatan pada exhaust valve. Dari faktor tersebut dampak yang ditimbulkan adalah hilangnya material pada spindle valve dan valve seat, terjadinya kerugian kompresi dan kerugian panas, penutupan exhaust valve menjadi tidak sempurna dan terjadinya kelelahan bahan dari material exhaust valve. Untuk mencegah faktor penyebab kebocoran tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan anti friction coating (molykote), meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan crew dalam perawatan dan perbaikan spindle valve, melakukan pengecekan secara rutin pada saat exhaust valve bekerja, melakukan perawatan dan perbaikan pada injector valve dan melakukan perawatan dan perbaikan exhaust valve sesuai jam kerja. ABSTRACT Fatahilah Muttaqin, 2019, NIT: 52155766.T, "Identification of Exhaust Gas Leaks at Exhaust Valve in MV. Vinca", Thesis Study Program, Diploma IV Program, Semarang Shipping Science Polytechnic, Advisor I: Abdi Seno, M.Sc., M.Mar.E. and Advisor II: Sri Purwantini, SE., S.Pd., MM. Exhaust valve is a valve that is used as a door to discharge the remnants of combustion gases to the exhaust line. This exhaust gas valve has mechanically structured working conditions that are resistant to high exhaust gas temperatures and metal collisions with metal. This valve itself consists of a head dish that has a longitudinal stem from the center of the head edge on one side. This valve plays a very important role in the combustion process in the cylinder. If this valve has a leak, there will be compression and heat loss so that the power generated by the main engine of the ship's propulsion will be reduced. The research method that the author uses in the preparation of this paper is a descriptive qualitative research method using a fault tree analysis (FTA) approach as a data analysis technique. Fault tree analysis (FTA) is a technique used to identify risks that are the role of failure which starts with a top event and then details because a Top Event arrives at a basic event. By using this data analysis technique the author aims to find the factors causing exhaust gas leak in the exhaust valve in the MV. Vinca arrived at a basic failure. After the failure was found, the effect and what efforts should be made so that the exhaust valve can always be optimal. Based on the results of research conducted by the author, it can be concluded that the exhaust gas leak in the exhaust valve in the MV. Vinca is caused by wear on the spindle valve, cracks in the spindle valve, accumulation of carbon on the valve surface, and lack of maintenance on the exhaust valve. From these factors the impact is the loss of material on the valve spindle and valve seat, the occurrence of compression losses and heat losses, the exhaust valve closure becomes imperfect and the fatigue of the material from the exhaust valve material. To prevent the causes of leakage, it can be done using an anti-friction coating (molykote), increasing crew knowledge and skills in the maintenance and repair of spindle valves, checking regularly when the exhaust valve works, maintaining and repairing the injector valve and performing maintenance and repair of exhaust valve according to working hours.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Exhaust valve, kebocoran, FTA Keywords : Exhaust valve, leakage, FTA.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2020 04:08
Last Modified: 10 Jul 2020 04:08
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item View Item