IDENTIFIKASI PENYEBAB CONNECTING ROD DIESEL PENGGERAK GENERATOR NO. 1 YANG LEPAS DI MT. SENGETI

ANDIS, KOIRUL (2019) IDENTIFIKASI PENYEBAB CONNECTING ROD DIESEL PENGGERAK GENERATOR NO. 1 YANG LEPAS DI MT. SENGETI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145397T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145397T_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Pdf (51145397T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145397T_Open_Acces.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Andis Koirul, 2019, NIT : 51145397.T, “Identifikasi penyebab connecting rod diesel penggerak generator no. 1 yang lepas di MT. Sengti”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Dwi Prasetyo, MM, M.Mar.E dan Pembimbing II : Capt. Kadek Laju S.H, MM, M.Mar Kapal MT. Sengeti, diesel generator pada umumnya di kapal ada 3, yang berjalan di paralel secara bergantian berfungsi sebagai sumber listrik di atas kapal. Karena sangat pentingnya fungsi dari pada diesel generator maka harus di jaga peformanya, mulai dari bahan bakar, pelumasan pendinginan air tawar maupun air laut, serta kondisi dari getaran maupun suara saat diesel generator running. Diesel generator running tidak normal bahkan tidak running maka akan sangat mengganggu operasional kapal. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan lepasnya Connecting Rod diesel generator No. 1, yang mengakibatkan rusaknya blok mesin adalah kekencangan baut connecting rod yang kurang, Planned Maintenance System (PMS) yang tidak berjalan dengan baik. Pencegahan yang dapat dilakukan agar tidak terjadi kerusakan pada connecting rod dengan melakukan perawatan dan pengecekan rutin pada kekencanggan baut connecting rod, dan untuk mencegah terjadinya connecting rod terlepas dengan melihat kondisi dan clearance, jika sudah rusak harus dilakukan penggantian dengan metal yang baru. ABSTRACT Andis Koirul, 2019, NIT: 51145397.T, " Identifikasi penyebab connecting rod diesel penggerak generator no. 1 yang lepas di MT. Sengeti", thesis of the Technical Study Program Diploma IV, Merchant Marine Polytechnic Semarang, Mentor I : Dwi Prasetyo, MM, M.Mar.E dan Mentor II : Capt. Kadek Laju S.H, MM, M.Mar MT. Sengeti, in general there are 3 diesel generators on the ship, which run in parallel alternately functioning as a source of electricity on the boat. Because of the very important function of the diesel generator, the performance must be maintained, starting from the fuel, the cooling of freshwater and sea water, and the conditions of vibration and sound when the diesel generator running. Diesel generator running is not normal and even not running it will greatly disrupt the operation of the ship. From the results of the study conducted by the author, it can be concluded that the factors causing the release of the Connecting Rod diesel generator No. 1, which resulted in damage to the engine block is the lack of connecting rod bolt, Planned Maintenance System (PMS) that is not going well. Prevention that can be done so that there is no damage to the connecting rod by performing routine maintenance and checking on the connecting rod bolt tightness, and to prevent the connecting rod from disregarding by looking at the condition and clearance, if it is damaged must be replaced with new metal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Identifikasi,connecting rod,diesel generator,fault tree analisis,mt. sengeti Keywords: Identification,connecting rod,Auxiliary Engine,Fault Tree Analisys,MT. Sengeti
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:00
Last Modified: 10 Jul 2020 02:00
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item View Item