FATAHILLAHINUDIN, FATAHILLAHINUDIN (2019) ANALISA PENYEBAB KERUSAKAN EXHAUST VALVE PADA MAIN ENGINE MV. MERATUS MAKASSAR. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (51145378T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145378T_SKRIPSI_ FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Pdf (51145378T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145378T_SKRIPSI_OPENACCSES.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Fatahillahinudin, 2019, NIT: 51145378 T, “Analisa penyebab kerusakan exhaust valve pada main engine MV. Meratus Makassar.”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Nasri, M.T, M.Mar.E, Pembimbing II: Vega Fonsula Andromeda, S,ST., S.Pd., M.Hum. Exhaust valve adalah suatu komponen mesin induk yang berfungsi sebagai pintu keluarnya gas bekas hasil pembakaran di dalam silinder dan menjamin agar gas bekas hasil pembakaran keluar dari silinder secaa total. Exhaust valve sangat berpengaruh terhadap mesin induk, karena exhaust valve langsung terhubung dengan ruang pembakaran pada mesin induk. Dalam hal ini penulis meggunakan metode SHEL dan USG. Setelah kendala atau permasalahan ditemukan, permasalahan tersebut kemudian mencari prioritas menggunakan metode USG (Urgency, Seriousness, Growth) dalam suatu masalah yang peneliti identifikasi saat melakukan penelitian. Kemudian metode SHEL, yaitu singkatan dari Software yang berarti aturan atau prosedur, Hardware yang berati komponen fisik atau non-manusia, Environment berarti lingkungan yang disekitar dalam berinteraksi, Liveware yang berarti dalam aspek relasional dan komunikasi. Digunakan untuk menjabarkan kendala-kendala yang terjadi. Sesuai dengan judul skripsi “Analisa kerusakan exhaust valve pada main engine di MV.Meratus Makassar” serta sesuai data-data di atas pembahasan masalah dengan metode SHEL dan akan di simpulkan dengan menggunakan metode USG (Urgency, Seriousness, Growth) . Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa masalah yang penting untuk dibahas, yaitu: faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kerusakan exhaust valve, dampak dari keruskan exhaust valve mesin induk dan upaya untuk mengatasi kerusakan exhaust valve. Kesimpulan yang diperoleh penulis adalah kerusakan exhaust valve disebabkan beberapa faktor, yaitu keausan pada exhaust valve, kebocoran air pendingin , penggunaan spare part yang tidak sesuai dan kurangnya perawatan terhadap exhaust valve. Saran penulis mengenai masalah di atas adalah diharapkan kepada masinis untuk meningkatkan perawatan pada exhaust valve, memperhatikan dengan baik faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada exhaust valve dan meningkatan perawatan terhadap sistem-sistem yangberhubungan dengan exhaust valve ABSTRACT Fatahillahinudin, 2019, NIT: 51145378.T, “Analysis of causes of damage to the exhaust valve on the main MV engine. Meratus Makassar", Thesis of Technical Study Program, Diploma IV Program, Semarang Shipping Science Polytechnic, Advisor I: Nasri, MT, M.Mar.E, Supervisor II: Vega Fonsula Andromeda, S, ST., S.Pd., M .Hum. Exhaust valve is a component of the main engine that functions as the exit of used gas from combustion in the cylinder and ensures that the used gas combustion results out of the cylinder completely. The exhaust valve is very influential on the main engine, because the exhaust valve is directly connected to the combustion chamber on the main engine. In this case the author uses the SHEL method and USG. After problems or problems are found, these problems then seek priority using the USG method (Urgency, Seriousness, Growth) in a problem that researchers identify when conducting research. Then the SHEL method, which stands for Software which means rules or procedures, Hardware which means physical or non-human components, Environment means the environment around in interacting, meaningful Liveware in relational and communication aspects. Used to describe the obstacles that occur. In accordance with the title of the thesis "Analyze the exhaust valve damage on the main engine in MV. Meratus Makassar" and according to the data above the discussion of problems with the SHEL method and will be concluded using the USG method (Urgency, Seriousness, Growth). Based on the results of the research conducted by the author, it can be concluded that there are several important issues to be discussed, namely: what factors cause damage to the exhaust valve, the impact of exhaust valve main engine exhaust and efforts to overcome the damage of the exhaust valve. The conclusion obtained by the author is that the damage of the exhaust valve is caused by several factors, namely wear on the exhaust valve, leakage of cooling water, inappropriate use of spare parts and lack of maintenance on the exhaust valve. The author's suggestion regarding the above problem is expected to machinists to improve maintenance of the exhaust valve, pay close attention to the factors that cause damage to the exhaust valve and improve maintenance of the systems related to the exhaust valve
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: mesin induk, exhaust valve, metode SHEL dan USG Keywords: main engine, exhaust valve, SHEL method and USG. |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 04:30 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 04:30 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1841 |
Actions (login required)
View Item |