BUDI, WIBOWO (2019) ANALISA KERUSAKAN RING PISTON PADA MESIN INDUK DI MV SINAR KUDUS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (51145372T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145372 T_Skripsi_Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Pdf (51145372T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145372 T_Open_Acces.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Bakhtiar Budi Wibowo, 2019, NIT: 51145372.T, “Analisa Kerusakan Ring Piston Pada Mesin Induk Di Mv. Sinar Kudus”, skripsi Program StudiTeknika, Program Diploma IV, PoliteknikIlmuPelayaran Semarang, Pembimbing I: Dwi Prasetyo, M.M, M.Mar.E. Pembimbing II: AndriYulianto, M.T. Mesin diesel adalah mesin pembakaran dalam dimana udara dikompresikan ke suhu yang cukup tinggi untuk menyalakan bahan bakar diesel yang disuntikkan ke dalam silinder, di mana pembakaran dan pemancaran menggerakkan piston yang mengubah energi kimia yang dalam bahan bakar menjadi energi mekanik.pengabutan yang baik sangat diperlukan pada mesin diesel, guna mendapatkan tenaga yang maksimal.Kondisi Ring Piston pada mesin diesel penggerak utama sangat berpengaruh terhadap kondisi mesin diesel itu sendiri. Adanya kerusakan Ring Piston dapat mempengaruhi kondisi dari pengoperasian mesin diesel penggerak utama, sehingga kondisi Ring Piston harus selalu di jaga. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian penggabungan antara metode shel dan usg sebagai teknik analisa data untuk menganalisa masalah yang ada pada mesin diesel penggerak utama, yaitu faktor-faktor apakah yang menyebabkan kerusakan Ring Piston pada mesin diesel penggerak utama, Dampak dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi faktor–faktor dari permasalahan tersebut dengan mengidentifikasi berbagai faktor-faktor secara sistematis terhadap software, hardware, environment, livewareuntuk merumuskan strategi yang akan diambil. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis di kapal MV. SINAR KUDUS pada tanggal 26 Oktober 2016 sampai dengan 27 Oktober 2017, dapat disimpulkan bahwa kerusakan Ring Piston pada mesin diesel penggerak utama disebabkan oleh 4 faktorprioritas, yaitu 1)kualitas bahan bakar, 2) padatnya jadwal operasional kapal, 3) kurangnya skill atau kemampuan manusia, 4) kurang berjalannya standart operational procedure (SOP) diatas kapal. Untuk mengatasi faktor-faktor tersebut dapat dilakukan perawatan sesuai waktu PMS, serta dilakukan penyaringan yang baik pada bahan bakar berkualitas rendah, pengambilan diagram indikator, melakukan training kepada ABK sebelum onboarddan membuat SOP (Standart Operational Procedure). ABSTRACT Bakhtiar Budi Wibowo, 2019, NIT: 51145372.T, "Damage Analysis of Piston Rings on Main Machines in MV. Sinar Kudus ", thesis of Technical Study Program, Diploma IV Program, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Advisor I: Dwi Prasetyo, M.M, M.Mar.E. Advisor II: Andri Yulianto, M.T. The diesel engine is an internal combustion engine where the air is compressed to a temperature high enough to ignite diesel fuel injected into the cylinder, where combustion and transmission move the piston that converts the chemical energy in the fuel into mechanical energy. Good removal is needed at diesel engine, in order to get maximum power. The Piston Ring Condition on the main driving diesel engine is very influential on the condition of the diesel engine itself. The damage to the Piston Ring can affect the conditions of the operation of the main driving diesel engine, so the condition of the Piston Ring must always be maintained. The research method that I use in the preparation of this paper is the research method of combining the shel and ultrasound method as a data analysis technique to analyze the problems that exist in the main driving diesel engine, namely the factors that cause damage to the piston ring on the main driving diesel engine, impact and what efforts were made to overcome the factors of the problem by identifying various factors systematically to software, hardware, environment, liveware to formulate the strategies to be taken. Based on the results of research conducted by the author on the MV. SINAR KUDUS on October 26, 2016 to October 27, 2017, it can be concluded that the damage of the Piston Ring on the main driving diesel engine is caused by 4 priority factors, namely 1) quality of fuel, 2) solid scheduled operational ship, 3) lack of skill or human ability, 4) lack of running standard operational procedure (SOP) on board. To overcome these factors, maintenance can be carried out according to PMS time, and good screening of low-quality fuel, taking indicator charts, conducting training to crew members before onboard and making SOPs (Standard Operational Procedure).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: mesin induk pembakaran, Ring Piston,shel&usg Keywords: parent combustion engine, piston ring, shel & usg |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 01 Nov 2019 07:35 |
Last Modified: | 01 Nov 2019 07:35 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1809 |
Actions (login required)
View Item |