Penurunan tekanan sirkulasi bahan bakar akibat kerusakan circulation pump di MT.Plaju

ANANG, LUTFI A (2019) Penurunan tekanan sirkulasi bahan bakar akibat kerusakan circulation pump di MT.Plaju. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145368T_PROSIDING_FULLTEXT)
prosiding Anang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Circulation pump merupakan permesinan yang terdapat pada sistem bahan bakar yang berfungsi mengsirkulasi bahan bakar, disebut circulation pump karena sisa bahan bakar dari injector yang tidak di salurkan ke dalam ruang bakar akan mengalir kembali ke pompa dan akan di pompakan lagi ke dalam sistem bahan bakar. Tersedianya bahan bakar merupakan hal yang mutlak bagi kelancaran operasional mesin diesel penggerak utama yang membutuhkan bahan bakar untuk dijadikan tenaga pembakaran di dalam mesin diesel penggerak utama tersebut. Tekanan yang digunakan pada proses sirkulasi bahan bakar tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin diesel penggerak utama. Adanya kerusakan circulation pump dapat mempengaruhi pengoperasian mesin diesel penggerak utama, sehingga tekanan pompa harus selalu dijaga. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif kualitaf. Dalam hal ini penulis menggunakan metode software,hardware,environment,liveware (SHEL) sebagai teknik analisa data untuk menganalisa faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kerusakan circulation pump dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi faktor–faktor tersebut dengan mengidentifikasi menggumakan metode urgency,seriousnees,growth (USG) dengan cara menetapkan urutan prioritas masalah dengan metode teknik scoring dengan dengan memperhatikan urgensi dari masalah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa kerusakan pada circulation pump disebabkan oleh dua faktor, yaitu 1) Keausan pada bearing/bushing shaft pompa sehingga menimbulkan getaran atau vibration berlebih pada pompa menyebabkan menurunnya tekanan kerja pompa. 2) Rusaknya mechanical seal membuat keluarnya cairan bahan bakar dari sela-sela poros pompa. Untuk mengatasi faktor-faktor tersebut dapat dilakukan penggantian bushing/bearing, penggantian mechanical seal pada pompa, dan pemberian pelumas grease secara berkala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pompa, bahan bakar, SHEL, USG.
Subjects: Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2019 01:20
Last Modified: 31 Oct 2019 01:20
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item View Item