EDO, WENNY S (2019) ANALISA PENGARUH MENURUNNYA TEMPERATUR EXHAUST GAS ECONOMIZER TERHADAP PRODUKSI UAP DI MT. SANGGAU. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (51145408T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145408T_Skripsi_Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Pdf (51145408T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145408T_Open_Access.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Edo Wenny Sananta, 2019, NIT: 51145408T, “Analisa Pengaruh Menurunnya Temperatur Exhaust Gas Economiser Terhadap Produksi Uap di MT.SANGGAU”,Skripsi Teknika, Program Diploma Program IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing pembimbing I: Nasri MT, M.Mar.E.II: Capt. Dwi Antoro, MM, M.Mar. Exhaust Gas Economizer adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan uap dengan menggunakan limbah panas dari casing keluaran gas buang mesin utama (mesin diesel) dan dianggap sebagai peralatan regeneratif panas limbah. Kurangnya produksi uap saat menggunakan EGE pada saat voyage di MT. SANGGAU mengakibatkan A/E turbin generator tidak dapat beroperasi, padahal membutuhkan tambahan sumber listrik untuk memenuhi beban pada kapal. Untuk menanggulangi sementara Masinis menggunakan dua A/E diesel generator untuk memenuhi kebutuhan sumber listik dan mengakibatkan banyak menggunakan bahan bakar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kurangnya kinerja EGE terhadap produksi uap pada saat voyage di MT. SANGGAU dan untuk mengetahui upaya apa yang dapat dilakuakan untuk meningkatkan kinerja EGE terhadap produksi uap pada saat voyage di MT. SANGGAU. Penelitian ini menggunakan metode hazop dan usg yaitu mencari akar dari permasalahan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, observasi dengan mengamati pada saat perawatan dan perbaikan di MT.SANGGAU. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak dari menurunnya temperatur EGE terhadap produksi uap pada saat voyage di MT. SANGGAU adalah terjadinya percikan api akibat menumpuknya jelaga di dalam EGE. Upaya yang dilakuakan untuk meningkatkan kinerja EGE terhadap produksi uap pada saat voyage di MT. SANGGAU adalah dengan dilakukan pemeriksaan untuk menentukan dimana letak kebocoran air panas pada system EGE, menjalankan kedua pompa sirkulasi boiler secara parallel jika suhu gas buang EGE menjadi terlalu tinggi, menghentikan atau memperlambat mesin utama sesegera mungkin, dilakukan pengawasan pada bagian yang bocor ketika pengecekan harian pada saat voyage maupun di pelabuhan. ABSTRACT Edo Wenny Sananta, 2019, NIT: 51145408T, “Analysis of the Effect of Decreasing Exhaust Gas Economiser Temperature on Steam Production in MT. SANGGAU”,Technical Thesis, Diploma IV Program, Merchant Marine Polythecnic Semarang, Material Adviser(I): Nasri MT, M.Mar.E. Methodologi and Writing Adviser (II): Capt. Dwi Antoro, MM, M.Mar. Exhaust Gas Economizer is a tool used to produce steam by using waste heat from the casing of the main engine exhaust gas output (diesel engine) and is considered a regenerative waste heat equipment. Lack of steam production when using EGE during voyage at MT. SANGGAU causes the A / E turbine generator to be unable to operate, even though it requires additional electricity sources to meet the load on the ship. To overcome this, engineers use two A / E diesel generators to meet their electricity needs and cause a lot of fuel use. The purpose of this study is to determine the impact of the lack of EGE performance on steam production during the voyage at MT. SANGGAU and to find out what efforts can be made to improve EGE performance on steam production during the voyage at MT.SANGGAU. This study uses the hazop and usg method which is looking for the root of the problem. Data collection is done by interviewing, documenting, observing by observing during maintenance and repairs in MT. SANGGAU. The results of this study indicate that the impact of decreasing EGE temperature on steam production during voyage in MT. SANGGAU is a spark caused by the accumulation of soot in EGE. Efforts were made to improve EGE performance on steam production during the voyage at MT. SANGGAU is done by checking to determine where the hot water leakage is in the EGE system, running both boiler circulation pumps in parallel if the EGE exhaust gas temperature becomes too high, stopping or slowing down the main engine as soon as possible, monitoring the leaked parts when checking daily during the voyage or at the port.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Uap, Exhaust Gas Economizer, Sea passage Keywords: Steam, Exhaust Gas Economizer, Sea passage. |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 00:52 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 00:52 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1797 |
Actions (login required)
View Item |