Penurunan kualitas heavy fuel oil (HFO) terhadap engine performance pada diesel generator dan strategi optimalisasi kualitas HFO dengan HFO treatment di MV. Catharina Schulte.

VIRGO, ANGGA (2019) Penurunan kualitas heavy fuel oil (HFO) terhadap engine performance pada diesel generator dan strategi optimalisasi kualitas HFO dengan HFO treatment di MV. Catharina Schulte. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145392T_PROSIDING_FULLTEXT)
51145392 T_Prosiding_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Heavy Fuel Oil (HFO) merupakan bahan bakar residual yang berasal dari proses penyulingan crude oil, kualitas HFO sebagai bahan bakar dalam oprasional Generator Engine memiliki peran yang vital dalam mempertahankan performa dari Generator Engine. Penurunan kualitas dari HFO akan berakibat pada penurunan Engine Performance dari Diesel Generator. Sebagai upaya untuk menjaga kualitas dari HFO, maka di butuhkan analisis data dalam menentukan faktor penyebab penurunan kualitas dari HFO dan dampak yang di timbulkan, selanjutnya dari hasil analisis akan di tentukan langkah dari HFO Treatment guna menghasilkan HFO output yang baik untuk menunjang kerja dari Diesel Generator. Metode penelitian yang di gunakan dalam menentukan hasil penelitian adalah metode Deskriptif kualitatif dengan mengguakan alat analisis data yaitu FTA (Fault Three Analysis) untuk menganalisa faktor yang menyebabkan menurunnya kualitas HFO di MV. Catharina Schulte, sedangkan pada alat analisis untuk melakukan upaya optimalisasi menggunakan teknik analisis SWOT untuk merumuskan strategi optimaliasasi yang di ambil. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penurunan kualitas HFO di kapal MV. Catharina Schulte disebabkan oleh 4 hal dari 2 faktor utama, yaitu: 1) HFO Specification yang tidak sesuai dengan standard ISO 8217; 2) Tidak optimalnya kerja Purifier F.O Heater; 3) Tidak optimalnya proses pemurnian bahan bakar oleh F.O Purifier; 4) Keterbatasan F.O Chemical Treatment

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: HFO, Residual Fuel Oil Specification, Engine Performance, Fuel Oil Treatment, FTA, SWOT.
Subjects: Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2019 04:10
Last Modified: 23 Oct 2019 04:10
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1792

Actions (login required)

View Item View Item