FAHMI, IDRIS (2019) PENGARUH TEKANAN MINYAK LUMAS YANG MENURUN TERHADAP KERJA MESIN INDUK DI MV. PERMATA CAROLINE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (51145313T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145313T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Pdf (51145313T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145313T_Open_Access (1).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI Fahmi Idris, 2019, NIT: 51145313.T, “Pengaruh tekanan minyak lumas yang menurun terhadap kerja mesin induk di MV. Permata Caroline”, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Agus Hendro Waskito, M.M,.M.Mar.E. dan Pembimbing II : Andri Yulianto, M.T. Mesin terdiri dari bagian-bagian logam (metal parts) yang bergerak seperti poros engkol, batang torak, dan bagian mekanisme katup. Untuk menghindari terjadinya kontak langsung maka perlu diberikan sistem pelumasan. Pelumasan pada mesin sangat penting, karena tanpa pelumasan komponen-komponen mesin akan mengalami gesekan secara langsung, sehingga menimbulkan panas dan mengakibatkan kerusakan berupa keausan yang akhirnya umur mesin dan komponen-komponennya tidak tahan lama. Tujuan yang ingin diperoleh penulis adalah untuk mengetahui fungsi minyak pelumas pada sistem pelumasan, komponen- komponen pada sistem pelumasan, cara kerja sistem pelumasan. Fungsi pelumasan sangat penting diatas kapal, maka tentunya sistem pelumasan harus mendapatkan perhatian khusus didalam melaksanakan perawatan atau pengujian lab secara rutin disamping permesinan yang lainnya. Sehingga sistem pelumasan ini dapat bekerja sesuai dengan fungsinya diatas kapal agar tidak mengganggu kelancaran pengoperasian kapal. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian penggabungan antara metode shel dan usg sebagai teknik analisa data untuk menganalisa masalah yang ada pada mesin diesel penggerak utama, yaitu faktor-faktor apakah yang menyebabkan turunnya tekanan minyak pelumas mesin induk, dampak dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi faktor–faktor dari permasalahan tersebut dengan mengidentifikasi berbagai faktor-faktor secara sistematis terhadap software, hardware, environment, liveware untuk merumuskan strategi yang akan diambil. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian turununnya tekanan minyak pelumas mesin induk adalah (1) kotornya filter atau saringan oli. (2) carter atau sumptank kekurangan minyak pelumas. (3) kurangnya skill atau kemampuan dari crew kapal, (4) tidak berjalannya standart operasional prosedure (SOP) Untuk mengatasi faktor-faktor tersebut dapat dilakukan dengan membersihkan atau mengganti komponen yang rusak dengan spare part yang baru, pengoperasian yang benar sesuai prosedur yang ada dan perawatan dan pengecekkan yang berkala terhadap sistim pelumasan. ABSTRACT Fahmi Idris, 2019, NIT: 51145313.T, "The effect of declining oil pressure on the working of the main engine in the MV. Permata Caroline", Diploma IV Program, Semarang Shipping Science Polytechnic, Advisor I: Agus Hendro Waskito, M.M, .M.Mar.E. and Advisor II: Andri Yulianto, M.T. The engine consists of moving metal parts such as the crankshaft, piston rod, and valve mechanism parts. To avoid direct contact, a lubrication system is needed. Lubrication on the engine is very important, because without lubrication the engine components will experience friction directly, giving rise to heat and resulting in wear damage that ultimately the age of the engine and the components do not last long. The purpose of the author is to find out the function of lubricating oil in the lubrication system, the components of the lubrication system, how the lubrication system works. Lubrication function is very important on the ship, so of course the lubrication system must get special attention in carrying out routine maintenance or testing in addition to the other machinery. So that this lubrication system can work in accordance with its function on the ship so as not to interfere with the smooth operation of the ship. The research method that I use in the preparation of this paper is the research method of combining the method of shel and ultrasound as a data analysis technique to analyze the problems that exist in the main driving diesel engine, namely what factors cause the reduction of main engine lubricating oil pressure, impact and effort what is done to overcome the factors of the problem by identifying various factors systematically to software, hardware, environment, liveware to formulate the strategies to be taken. Based on the results obtained from the study of the decrease in pressure of the main engine lubricating oil are (1) dirty filter or oil filter. (2) charter or sumptank lack of lubricating oil. (3) lack of skills or abilities from humans, (4) operational standard procedures (SOP) are not implemented To overcome these factors can be done by cleaning or replacing damaged components with new spare parts, proper operation according to existing procedures and periodic maintenance and checking of the lubrication system.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: pengaruh, tekanan, system pelumasan, SHEL dan USG, mesin induk Keywords: influence, pressure, lubrication system, SHEL and USG, main engine |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 01:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 01:23 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1766 |
Actions (login required)
View Item |