ANALISA PENYEBAB KANDAS PADA KAPAL MT. SUCCESS ALTAIR XLII DI OUTER BUOY SUNGAI MUSI

MUHAMMAD, BAGAS G (2019) ANALISA PENYEBAB KANDAS PADA KAPAL MT. SUCCESS ALTAIR XLII DI OUTER BUOY SUNGAI MUSI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145222N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145222N_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145222N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145222N_Open_Access.pdf

Download (12MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Muhammad Bagas Gutanto, 2019, NIT. 51145222 N, “Analisa penyebab kandas pada MT. SUCCESS ALTAIR XLII di outer buoy Sungai Musi”, skripsi Jurusan Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Eko Murdiyanto,M.Pd,M.Mar., pembimbing II: R.A.J Susilo Hadi Wibowo S.IP, MM. Peristiwa kandas di outer buoy Sungai Musi mengakibatkan banyak kerugian bagi perusahaan pelayaran maupun bagi pihak kapal. Kandas pada kapal dibagi menjadi dua, yaitu beached (kandas yang dilakukan secara sengaja untuk menyelamatkan kapal, awak kapal, dan muatan) dan stranded (kandas yang tidak sengaja disebabkan oleh kelalaian manusia). Penelitian ini adalah deskriptif, yang artinya hanya menjabarkan semua hasil penelitian dari permasalahan penelitian. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi selama di atas kapal. Tekhnik pengolahan data yang digunakan adalah fishbone analysis dan fault tree analysis. Kelalaian crew dan mualim jaga untuk membaca dan mengendalikan situasi, pembagian tugas jaga pada saat berolah gerak yang tidak jelas, kapal overdraft karena muatan dan sisa air ballast yang terlalu banyak, dan kecepatan angin dan arus yang kuat adalah faktor penyebab kandas pada kapal MT. Success Altair XLII di outer buoy Sungai Musi. Untuk membebaskan kapal dari posisi kandas menggunakan cara bantuan dari kapal lain (salvage), membuang sisa air ballast, dan transfer muatan ke MT. Silvia. Usaha yang dilakukan untuk mencegah terulangnya kembali peristiwa kandas pada MT. Success Altair XLII adalah memastikan draft kapal aman untuk berlayar secara aman di Sungai Musi dan memastikan air pasang surut dan selalu waspada akan lalu lintas pelayaran yang akan dilalui. Faktor penyebab utama kandas pada kapal MT. Success Altair XLII adalah kesalahan manusia, pembagian tugas jaga yang buruk, kapal overdraft, dan arus dan arus yang kuat. Saran dapat diberikan untuk pihak kapal agar peristiwa ini tidak terjadi lagi, sebelum memasuki alur sebaiknya nahkoda dan perwira kapal memperhatikan hal-hal yang dapat membahayakan kapal ketika berlayar di perairan sempit dan dangkal seperti arus, angin, arus pasang surut dan ramainya lalu lintas. Sebaiknya faktor lain seperti draft, peralatan navigasi perlu diperhatikan agar pada saat kapal berlayar di perairan sempit dan dangkal tidak ada kendala apapun. ABSTRACT Muhammad Bagas Gutanto, 2019, NIT. 51145222 N, “Cause analysis shipwreck of the vessel MT. Success Altair XLII in outer buoy Musi River”, Nautical Department, Diploma IV, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Preceptor I: Capt. Eko Murdiyanto,M.Pd,M.Mar., Preceptor II: R.A.J Susilo Hadi Wibowo, S.IP, MM. Stranded Ship in outer buoy Musi river caused much harm to the shipping company and the shipper. Stranded ship is divided into two events are beached (ship deliberately denied because of a few things to save the ship, crew and cargo) and stranded (ship that ran aground unintentional human negligence). This research is a is a descriptive, meaning only describe all the findings of research problem. The method used is qualitative. The data collected through interview, observation, literature and documentation when on board. The analysis of the data uses fishbone analysis and fault tree analysis. The omission of the crew and officer to control the situation, the divisions in watch when navigating that not clear, ship’s overdraft, and the strong wind and stream are caused of the shipwreck of the vessel MT. Success Altair XLII in outer buoy Musi river. To free the ship aground is by the other vessel’s help (salvage), overboard the remain ballast, and transfer cargo to the MT. Silvia. The effort that used to prevent MT. Success Altair XLII grounded again is by the crew make sure that vessel’s draft is safe to sail at Musi river, make sure the tide is safe for the vesse and always take surveillamce for track, do the safety meeting for all crew to minimize the omission the crew’s mistake. That’s are the main factor causing the shipwreck of the vessel MT. Success Altair XLII is human error, the division in navigation watch is bad, ship’s overdraft, and the busy traffics at Musi River. The advice can be given for the ship that the incident will not happen again, Captain and ship’s officer must be aware about all the things that can be endangerous vessel sailed in narrow channel such as wind, stream, tidal,and the traffic condition. Also they should be aware about draft, navigation tools so the ship can sail safely in narrow channel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kandas, outer buoy, MT. Success Altair XLII. Keywords: stranded, outer buoy, MT. Success Altair XLII.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 18 Oct 2019 03:38
Last Modified: 18 Oct 2019 03:38
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item