PENINGKATAN KESELAMATAN MUATAN DENGAN MENGOPTIMALKAN PENGAWASAN PELASHINGAN KONTAINER DI MV. ARMADA PURNAMA

FRANICO, YONDA A (2019) PENINGKATAN KESELAMATAN MUATAN DENGAN MENGOPTIMALKAN PENGAWASAN PELASHINGAN KONTAINER DI MV. ARMADA PURNAMA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145213N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145213N_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145213N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145213N_Open_Acces.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Franico Yonda Adi Wardana, 51145213 N, 2018, “peningkatan keselamatan muatan dengan mengoptimalkan pengawasan pelashingan container di MV. Armada Purnama”, Diploma IV, Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing: (I) Capt. Hadi Supriyono.M.Mar,M.M. (II) Nasri,M.T.,M.Mar.E Pada prinsipnya semua kapal dalam melaksanakan pemuatannya, tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh dari pelashingan yang tidak sesusai dengan prosedur terhadap keselamatan muatan, dan untuk mengetahui cara melakukan pelashingan muatan yang baik dan aman. Terutama dalam hal masalah lashing muatan selama pelayaran harus benar-benar diperhatikan. Penulis memiliki rumusan masalah yaitu tentang pengaruh jika lashing container tidak dilaksanakan sesuai dengan prosedur terhadap keselamatan muatan dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan agar pelaksanaan pelashingan berjalan dengan baik dan aman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pendekatan dua analisis yaitu fishbone dan Fault Tree Analysis (FTA). Fishbone Analysis digunakan untuk mengetahui apa pengaruh pelashingan yang tidak sesuai dengan prosedur terhadap keselamatan muatan, dan metode Fault ree Analysis (FTA) digunakan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan agar pelaksanaan pelashingan berjalan dengan baik dan aman. Data-data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder sedangkan metode pengumpulan data diperoleh dari Observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor utama yang menyebabkan pelashingan yang tidak sesuai prosedur terhadap keselamatan muatan yaitu karena terbatasnya alat lashing yang ada di kapal, dan dari faktor di atas memiliki beberapa pengaruh yaitu mengakibatkan kerusakan muatan dan muatan dapat jatuh ke laut. Upaya-upaya yang dilakukan agar pelaksanaan pelashingan berjalan dengan baik dan aman di antaranya adalah, Pengawasan berkala oleh perwira jaga saat proses lashing, Familiarisasi dan safety meeting prosedur lashing terhadap para buruh, Melakukan perawatan dan pemeliharaan alat lashing, Melakukan koordinasi dengan perusahaan. ABSTRACT Franico Yonda Adi Wardana, 51145213 N, 2018, “Increased the Safety of Charge by Optimizing the Control of Lashing Container on the MV. Armada Purnama”, Mini thesis of Nautical Department, Diploma IV program, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Supervisor I: Capt. Hadi Supriyono, M.Mar,M.M. dan Supervisor II: Nasri, M.T.,M.Mar.E. In the principle all of the vessel load the cargo, the purpose from reasearch to find out the impact from unaccordance lashing with the procedure to the safety of charge, and to find out the step for doing well and safety lashing. Especially, in the case of charge of lashing problems during sail should be noticed. The author has problem formulations about the influence of lashing container if not accordance to safety procedures and what efforts was done so that the implementation of the lashing runing well and safety. This study chose descriptive qualitative method while the analysis uses the Fishbone Analysis and Foult Tree Analysis (FTA) methods. The Fishbone Analysis method is used to analyze what is the impact of unaccordance lashing with procedure towards safety of charge, and the Foult Tree Analysis method is used to find out the efforts that should be do so that the implementation of the lashing runing well and safety. This data’s study obtained from primary and secondary data, while the methode of data collection from observation, interview, and study literature. The results showed that the main factors which caused unaccordance lashing with procedure toward safety of charge because limited of lashing equipment in the vessel, and from the factor has some impact that is cargo damage and the cargo could be fall to sea. Efforts that make lashing running well and safety such as, periodic control from officer on lashing duty, familiaritation and safety meeting lashing procedure toward stevadore, doing care and maintenance for lashing equipment, doing coordination with the company.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : keselamatan muatan, pengawasan, pelashingan, container. Keywords: Safety of Charge, Controlling, lashing, container
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2019 00:48
Last Modified: 14 Oct 2019 00:48
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item