ANALISIS JANGKAR LARAT KM. HIJAU SEJUK DI REDE MASPION ANCHORAGE PADA VOYAGE 01 TAHUN 2017

EKA, ARGANATA S (2019) ANALISIS JANGKAR LARAT KM. HIJAU SEJUK DI REDE MASPION ANCHORAGE PADA VOYAGE 01 TAHUN 2017. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145282N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145282N_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145282N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145282N_Open_Access.pdf

Download (19MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Eka Arganata Sasmita, NIT. 51145282.N, 2018 “Analisis Jangkar Larat KM. Hijau Sejuk Di Rede Maspion Anchorage Pada Voyage 01 tahun 2017”, Program Diploma IV, Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt.Agus Hadi Purwantomo,M.Mar. dan Pembimbing II: Irma Shinta Dewi, SS,. M.Pd Pada tanggal 21 Januari 2017 di Rede Maspion, KM. Hijau Sejuk sedang berlabuh jangkar dan terjadi suatu permasalahan, diantaranya adalah keadaan cuaca buruk dan jarak pandang yang terbatas sehingga mengakibatkan jangkar larat dan kapal drifting sehingga kapal menabrak tongkang dan mengakibatkan bullbus bow KM. Hijau Sejuk pecah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi jangkar larat, untuk mengetahui dampak apa saja yang terjadi dari jangkar larat, dan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi jangkar larat. Dalam skripsi ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan kualitatif untuk mengidentifikasi dan menjelaskan penyebab-penyebab yang timbul dan juga akibat yang ditimbulkannya, sehingga dapat menjawab rumusan masalah yang telah ditentukan yaitu faktor-faktor,dampak yang terjadi, dan upaya yang harus dilakukan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis selama praktek berlayar di KM. Hijau Sejuk mengenai analisis jangkar larat ditemukan adanya masalah-masalah meliputi angin kencang, arus kuat, dan ombak besar sehingga mengakibatkan jangkar larat dan kapal mengalami tubrukan. Dikarenakan permasalahan diatas pada saat jangkar larat mengalami keterlambatan muatan. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor penyebab dari jangkar larat adalah arus kuat, angin kencang, ombak besar, dan kurang panjangnya rantai jangkar pada saat berlabuh jangkar. Dampak yang terjadi akibat jangkar larat adalah kapal bisa tubrukan, tubrukan kapal antar kapal, tubrukan dengan bendabenda terapung maupun tubrukan kapal dengan dermaga. Upaya-upaya yang harus dilakukan adalah rantai jangkar di area dua sampai tiga segel ditambah kedalaman airnya dan minimal dari rantai jangkar yang harus di lego, karena dengan panjang tersebut diharapkan bahwa posisi jangkar sudah benar-benar tidur rata didasar perairan dan sebagian dari rantainya sudah tertanam dalam lumpur, sehingga kapal tidak akan larat. Adapun saran penulis adalah sebaiknya tindakan pertama yang harus dilakukan adalah menambah panjang rantai dan apabila tidak dapat teratasi, maka menggunakan mesin induk. Nahkoda sebaiknya sebelum melakukan labuh jangkar, menentukan panjang rantai yang akan dilego, menentukan jenis dasar laut yang tepat, dan kedalaman perairan. ABSTRACT Eka Arganata Sasmita, NIT. 51145282.N, 2018 “Analisis Jangkar Larat KM. Hijau Sejuk Di Rede Maspion Anchorage Pada Voyage 01 tahun 2017”, Program Diploma IV, Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt.Agus Hadi Purwantomo,M.Mar. dan Pembimbing II: Irma Shinta Dewi, SS,. M.Pd At 21th January 2017 in Rede Maspion, KM. Hijau Sejuk is anchoring and there are some problem, that is the bad weather condition and limited visibility so that result in dragging anchor, and the ship is drifting so the ship is crashing tongkang and caused the bulbous bow of KM. Hijau Sejuk is broken. This observation is for knowing the factors affecting of dragging anchor, for knowing the efforts made to resolve the dragging anchor. In the skripsi this observation methode which is used a deskriptif observation method and qualitative method to identify and explain the causes that arise and the consequence that arise, so that can answer formulation of problem which is determined that is the factors, the impact that occurred, and the effort must be made. Based on the observation which is done by the writer when do the sea project in KM. Hijau Sejuk about analysis of dragging anchor. Was found some problem that is strong winds, strong wave, big wave so that can result in dragging anchor and the ship is crashing. Because some problem above when dragging anchor and the cargo is delay. From the result of observation above can be concluded that the cause factors of dragging anchor is strong wave, strong winds, and big waves, and not long enough of the anchor chain when the ship anchoring. The impact that occurred from dragging anchor is the ship can be crashing, the collision between ship to ship, yhe collision between floating object for the ship with harbor. The effort must be made is the chain anchor release two until three seal. And plus depth of weather and minimum of the chain anchor must be taken, because with that length hoped that the anchor position is already flat true at the bottom of the water, and some part of the chain already embedded in mud. So that the ship is not dragged. And there is writers advice is should the first action must be taken is add the length of chain and if cannot be resolved, so use the main engine. The master should do the anchoring before, and determine the length of chain which will be released, determine a kind of bottom of the water truly, and the depth of water.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : jangkar larat Kata Kunci : jangkar larat
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 14 Oct 2019 00:36
Last Modified: 14 Oct 2019 00:36
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1717

Actions (login required)

View Item View Item